Comscore Tracker

Berbahaya, 7 Hewan dengan Sengatan Paling Menyakitkan di Dunia

Jauh-jauh dari hewan ini ya!

Setiap makhluk hidup dilengkapi dengan pertahanan diri, termasuk hewan. Bisa dibilang, hewan memiliki banyak pertahanan diri. Selain gigi atau cakar yang menyakitkan, hewan juga memiliki jenis pertahanan lain.

Seperti yang dilansir dari mnn.com, salah satunya adalah sengatan yang sangat menyakitkan bahkan dapat membahayakan nyawa. Berikut ini tujuh hewan dengan sengatan paling menyakitkan!

1. Platypus

Berbahaya, 7 Hewan dengan Sengatan Paling Menyakitkan di Duniabritannica.com

Sekilas hewan satu ini terlihat lucu dan menggemaskan. Tapi kamu tidak boleh tertipu dengan penampilannya. Platypus jantan memiliki taji di pergelangan kaki. Saat merasa terancam, hewan ini akan menyengat musuhnya dengan sengatan menyakitkan dan bisa bertahan dalam waktu lama.

Saking menyakitkannya, sengatan platypus jantan bahkan bisa melumpuhkan manusia biasa dan menyebabkan hiperalgesia selama berbulan-bulan.

2. Stingray

Berbahaya, 7 Hewan dengan Sengatan Paling Menyakitkan di Duniaunsplash.com/Fernando Jorge

Ikan pari atau stingray sebenarnya bukan ancaman bagi manusia. Tapi ikan ini bisa jadi sangat mematikan ketika ada manusia atau hewan lain yang mengganggunya. Ekor ikan pari dilengkapi dengan duri dan racun yang bisa jadi begitu mematikan.

Tidak jarang duri ikan ini juga akan patah dan tertinggal di luka dan perlu pembedahan untuk mengangkat durinya. Bisa dibayangkan, sengatannya saja menyakitkan apalagi dengan prosedur pembedahan yang membuat rasa sakitnya meningkat berkali-kali lipat.

3. Stonefish

Berbahaya, 7 Hewan dengan Sengatan Paling Menyakitkan di Duniaunsplash.com/David Clode

Stonefish adalah ikan paling berbisa di dunia. Jika kebanyakan sengatan hanya memberikan rasa sakit yang luar biasa, sengatan seekor stonefish bahkan bisa berakibat fatal jika tidak segera diberi pertolongan. Biasanya ikan ini hidup di antara bebatuan karang dan memiliki penampilan yang memang mirip dengan batuan karang. Saat terinjak, stonefish akan menyuntikkan bisa melalui siripnya yang runcing.

Baca Juga: Gak Disangka, 5 Hewan Ini Punya Gigi Tajam yang Menakutkan!

4. Tarantula hawk

Berbahaya, 7 Hewan dengan Sengatan Paling Menyakitkan di Dunianps.gov

Meski namanya tarantula hawk, tapi hewan ini nyatanya bukanlah tarantula, melainkan salah satu jenis lebah paling berbahaya di dunia. Disebut tarantula hawk karena lebah ini memang memakan tarantula. Bahkan meski tarantula memiliki racun, namun itu tidak sebanding dengan sengatan yang dimiliki oleh tarantula hawk yang merupakan sengatan paling menyakitkan kedua di dunia.

5. Arizona bark scorpion

Berbahaya, 7 Hewan dengan Sengatan Paling Menyakitkan di Duniahttps://unsplash.com/Shayna Take

Seperti yang kita tahu, scorpion atau kalajengking adalah salah satu hewan yang memiliki sengatan berbahaya. Tapi dari semua jenis kalajengking yang ada, Arizona bark scorpion adalah yang paling berbahaya. Arizona bark scorpion merupakan kalajengking paling berbisa yang berasal dari Amerika Utara.

Jika kamu terkena sengatan dari seekor Arizona bark scorpion, kamu akan mengalami rasa sakit yang luar biasa. Seolah belum cukup, rasa sakit diikuti dengan kejang pada otot, kesulitan bernapas, buih yang keluar dari mulut. Sengatan kalajengking ini tidak akan berakibat fatal jika segera mendapat penanganan tapi rasa sakitnya akan bertahan setidaknya tiga hari.

6. Bullet ant

Berbahaya, 7 Hewan dengan Sengatan Paling Menyakitkan di Duniaprojectnoah.org

Jika tarantula hawk berada di urutan kedua, maka bullet ant atau semut peluru berada di urutan pertama sebagai hewan dengan sengatan paling menyakitkan di dunia. Sebenarnya bullet ant bukanlah hewan agresif, kecuali jika kamu menyerangnya.

Saat seekor bullet ant menyengat, mereka akan melepaskan poneratoxin yang menyebabkan sensasi terbakar yang menyiksa. Untungnya, sengatan semut peluru tidak memberikan akibat fatal kecuali rasa sakit yang hebat.

7. Ubur-ubur kotak

Berbahaya, 7 Hewan dengan Sengatan Paling Menyakitkan di Dunianationalgeographic.com

Selain hiu, ubur-ubur kotak menjadi hewan laut paling ditakuti. Sengatan ubur-ubur kotak sangat beracun dan menyebabkan aliran darah ke jantung jadi sangat cepat yang berakhir dengan kematian dalam waktu singkat. Ubur-ubur kotak berasal dari Australia dan kadang menjadi mimpi buruk yang menakutkan bagi pengunjung yang berenang di pantai.

Meski memiliki sengatan yang menyakitkan, hewan di atas sebenarnya tidak menyerang manusia. Satu-satunya alasan mereka menyerang adalah pertahanan diri. Jadi kalau kamu tidak ingin menderita rasa sakit yang sangat, pastikan kamu menjauh dari hewan-hewan ini ya!

Baca Juga: 6 Hewan yang Mendapat Sebutan Setan, Berani Lihat Penampakannya?

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya