Comscore Tracker

7 Hukuman Aneh yang Pernah Berlaku di Masa Lalu, Bikin Kapok

Ada hukuman khusus untuk tukang gosip juga

Apa yang kita tanam, itulah yang kita tuai. Kalau kita berbuat baik, maka besok orang lain akan berbuat baik pada kita. Begitu pun jika kita melakukan sesuatu yang buruk, akan ada hukuman yang selalu siap menanti.

Di zaman sekarang, orang yang melakukan perbuatan jahat akan dipenjara. Semakin parah kejahatannya, semakin lama juga masa penjaranya. Di masa lalu, hukuman yang diberikan pada orang jahat jauh lebih kejam.

Selain penjara, tidak jarang para penjahat ini harus menerima beragam hukuman aneh yang bukan hanya akan memberikan efek jera, tapi juga menyakitkan. Dilansir listverse.com, berikut 7 hukuman aneh yang pernah berlaku di masa lalu!

1. Diinjak oleh gajah 

7 Hukuman Aneh yang Pernah Berlaku di Masa Lalu, Bikin Kapokancient-origins.net

Diinjak gajah sampai mati menjadi mimpi buruk bagi semua orang. Tapi di jaman dulu, mimpi buruk ini ternyata seringkali berubah jadi kenyataan. Di India, terutama saat bangsa Mughal berkuasa, mereka seringkali menggunakan gajah untuk mengeksekusi para tahanan.

Agar para tahanan semakin tersiksa, para prajurit sengaja menempatkannya persis di depan gajah liar yang sedang marah. Bisa kamu bayangkan apa yang terjadi selanjutnya?

Tahanan ini kemudian menjadi bulan-bulanan sang gajah di depan semua orang. Mereka ditendang, diinjak hingga seluruh tulangnya remuk, dan meninggal dengan keadaan yang sangat mengenaskan.

2. Drunkard's cloak

7 Hukuman Aneh yang Pernah Berlaku di Masa Lalu, Bikin Kapoktoptenz.net

Di hampir semua negara Eropa, menenggak minuman beralkohol adalah hal yang legal. Dengan catatan, orang yang meminumnya sudah berusia di atas 18 tahun. Tapi siapa sangka, jika minum sampai mabuk pernah dianggap sebagai perbuatan yang tercela di masa lalu. Saking buruknya, mereka yang berani minum apalagi sampai mabuk akan diberi hukuman.

Hukumannya sendiri adalah, para pemabuk akan dimasukkan ke dalam tong besar yang sudah diberi lubang untuk kepala, kedua tangan, dan kaki. Setelah memakai baju tong, para pemabuk akan diarak keliling kota. Well, hukuman ini memang tidak akan membuat pelakunya meninggal atau kesakitan, melainkan malu karena jadi tontonan semua orang.

3. Animal masks and humiliating badges 

7 Hukuman Aneh yang Pernah Berlaku di Masa Lalu, Bikin Kapokcvltnation.com

Menghina dan membicarakan keburukan orang lain sering kali dianggap sebagai sesuatu lumrah sekarang, apalagi di media sosial. Rupanya kebiasaan buruk ini bukan hanya terjadi saat ini. Di Abad Pertengahan, beberapa orang juga melakukannya. Tapi yang membuatnya berbeda adalah, pejabat setempat tidak membiarkannya.

Di Abad Pertengahan, orang yang suka menghina dan membicarakan orang lain akan dipaksa memakai topeng hewan menakutkan dan berkeliling di kota. Selain topeng hewan, mereka juga harus memakai sebuah lencana memalukan yang harus dia pakai seumur hidupnya.

Pemakaian lencana ini sendiri dimaksudkan sebagai peringatan bagi orang lain untuk tidak bicara dengan si penggosip karena dia adalah orang yang tidak bisa dipercaya.

Baca Juga: 7 Fakta Sejarah Ini Susah Dipercaya karena Terlalu Unik

4. Cangue 

7 Hukuman Aneh yang Pernah Berlaku di Masa Lalu, Bikin Kapokgwulo.com

Berasal dari daratan China, metode hukuman Cangue pertama kali dipraktikkan pada abad ke 17. Para penjahat yang menerima hukuman Cangue akan memakai balok kayu berukuran besar di sekitar leher mereka.

Selain memalukan, ukuran balok kayu yang besar membuat penjahat kesulitan memasukkan tangan ke mulut. Alhasil, para penjahat ini tidak akan bisa makan, dan hanya bisa mengandalkan rasa kasihan orang lain untuk mendapatkan makanan.

Biasanya berat balok kayu ini disesuaikan dengan tingkat kejahatannya. Semakin besar kejahatan yang dilakukan, maka balok kayu yang harus dia pakai juga akan semakin berat.

5. Welsh Not 

7 Hukuman Aneh yang Pernah Berlaku di Masa Lalu, Bikin Kapokmyyumenikki.wordpress.com

Jika empat hukuman sebelumnya diterapkan pada penjahat, metode hukuman Welsh Not justru diterapkan pada anak-anak sekolah. Jadi pada tahun 1847, pemerintahan Inggris mendapat laporan bahwa anak-anak di Welsh mendapatkan pendidikan yang buruk. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah kemudian mengadopsi bahasa Inggris sebagai bahasa utama di sekolah.

Dan karena merupakan bahasa utama, anak-anak di Welsh diwajibkan untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Jika seorang anak ketahuan memakai bahasa Welsh, maka dia harus membawa-bawa balok kayu bertuliskan "Welsh Not" sebagai hukuman.

Hukuman itu baru berakhir jika si anak memergoki temannya bicara dalam bahasa Welsh di sekolah. Jika itu terjadi, maka anak itu bisa memberikan balok "Welsh Not" kepada temannya.

6. Berlari di atas treadmill 

7 Hukuman Aneh yang Pernah Berlaku di Masa Lalu, Bikin Kapoknationalarchives.gov.uk

Hari ini, treadmill digunakan untuk berolahraga. Tapi pada abad ke 19, treadmill digunakan untuk menghukum para penjahat di Inggris. Meski penampilannya berbeda dengan yang kita gunakan sekarang, treadmill yang digunakan saat itu memiliki cara kerja yang sama.

Para tahanan diharuskan berjalan atau berlari selama berjam-jam atau selama berhari-hari dengan selingan istirahat selama beberapa menit. Meski tidak sampai menyebabkan kematian, hukuman satu ini bisa dibilang sangat menyiksa para tahanan sehingga mereka kapok untuk mengulangi perbuatannya lagi.

7. Risso dolphin 

7 Hukuman Aneh yang Pernah Berlaku di Masa Lalu, Bikin Kapoklaiglesiaprimitiva.com

Nah kalau hukuman yang satu ini biasanya hanya berlaku bagi tentara angkatan laut. Pada masa pemerintahan Napoleon Bonaparte, para pelaut yang melakukan pelanggaran ringan akan diikat tangannya. Lalu rekannya yang lain akan menuangkan air dingin dan potongan es ke lengan baju tentara malang itu.

Air yang dingin membuat tentara terengah-engah hingga mengeluarkan suara seperti lumba-lumba. Selain Napoleon, Raja Henry Henry VIII juga diketahui menjatuhkan hukuman ini kepada beberapa tentaranya yang melanggar aturan.

 

Dari 7 hukuman aneh di atas, tidak semuanya dapat menyebabkan kematian. Meski begitu, tetap saja hukuman di atas akan membuat para penjahat berfikir dua kali sebelum mengulangi tindakannya.

Baca Juga: Sadis, 11 Metode Hukuman Mati Paling Menyiksa dalam Sejarah Dunia

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya