Comscore Tracker

Menakjubkan! Ini 5 Komet Paling Terang yang Pernah Dilihat Manusia

Kamu bahkan bisa melihatnya di siang hari!

Komet, kamu mungkin sering mendengar mengenai benda langit satu ini. Tapi apakah kamu sudah pernah melihatnya? Jawabannya mungkin belum. Dibandingkan dengan fenomena langit lainnya, komet memang termasuk yang langka terlihat karena hanya muncul beberapa tahun sekali.

Seperti yang dilansir dari solarsystem.nasa.gov, komet adalah gas, debu dan batuan yang membeku dan mengorbit matahari. Nama komet sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu "kometes" yang berarti rambut panjang. Ini karena ketika komet mendekati matahari, gas juga debu memanas dan menciptakan ekor yang panjang sekali seperti rambut.

Sebenarnya ada cukup banyak komet yang melewati kita, beberapa di antaranya sangat terang sehingga bisa dilihat dengan mudah oleh mata manusia termasuk lima komet dibawah ini!

1. Komet Halley, 1910

Menakjubkan! Ini 5 Komet Paling Terang yang Pernah Dilihat Manusiaastronomicast.it

Kehadiran komet satu ini ditunggu banyak orang karena hanya muncul setiap 75 tahun sekali. Komet Halley sendiri terakhir kali muncul pada tahun 1986, namun kunjungannya pada tahun 1910-lah yang paling spektakuler.

Seperti yang dilansir dari laman space.com dan wired.com, tepatnya pada tanggal 19 Mei 1910, komet Halley muncul dari timur setelah bulan terbenam melintasi langit dengan jarak hanya 22,4 juta kilometer dari bumi. Dengan jarak sedekat itu, komet Halley terlihat sangat terang dan dapat dilihat di langit dengan mata telanjang.

2. Komet Skjellerup-Maristanny, 1927

Menakjubkan! Ini 5 Komet Paling Terang yang Pernah Dilihat Manusiaarhiv.fokuspokus.si

Komet Skjellerup-Maristanny pertama kali muncul pada awal desember tahun 1927. Sayangnya diawal kemunculannya, komet ini sangat sulit dilihat hingga akhirnya pada tanggal 18 desember 1927, komet Skjellerup-Maristanny berada dalam titik puncaknya.

Di hari itu komet Skjellerup-Maristanny berjarak 16,7 juta kilometer dari matahari dan membuatnya jadi begitu terang sehingga bisa dilihat dengan mudah dari bumi bergerak ke arah langit selatan dan memudar begitu cepat.

Baca Juga: 10 Pesawat Antariksa Terbaik yang Terbang Mengejar Komet dan Asteroid

3. Komet Ikeya-Seki, 1965

Menakjubkan! Ini 5 Komet Paling Terang yang Pernah Dilihat Manusiaredchairblogs.com

Sebenarnya komet ini pernah muncul di tahun 1843 dan 1882, namun kemunculannya pada tahun 1965-lah yang paling berkesan. Komet ini terlihat di siang hari dan disebut-sebut sebagai komet paling terang di abad 20.

Ikeya-Seki muncul di Oktober tahun 1965. Puncaknya adalah pada tanggal 21 Oktober 1965, komet ini mendekati matahari dengan jarak 1,2 juta kilometer. Bahkan setelah komet mulai menjauhi matahari di akhir November 1965, kamu bisa melihat ekor komet yang memiliki panjang sekitar 120 juta km mendominasi langit timur di pagi hari. Saking terangnya komet ini, pengamat Jepang bahkan menyebutnya sepuluh kali lebih terang dari bulan purnama.

4. Komet West, 1976

Menakjubkan! Ini 5 Komet Paling Terang yang Pernah Dilihat Manusiasvd.se

Komet West muncul di awal bulan Maret 1976 setelah ditemukan satu tahun sebelumnya oleh astronom Denmark, Richard West. Komet ini terlihat di pagi hari, mendekati matahari dengan jarak terdekat 29,5 juta kilometer.

Hari-hari setelah itu, komet ini semakin terlihat indah dan digambarkan sebagai "air mancur cahaya" oleh para ahli sebelum akhirnya benar-benar menjauh dari matahari dan menghilang dari pandangan.

5. Komet McNaught, 2007

Menakjubkan! Ini 5 Komet Paling Terang yang Pernah Dilihat Manusiawired.com

Sama seperti komet West, komet McNaught ditemukan satu tahun sebelumnya oleh seorang astronom Australia bernama Robert McNaught. Komet ini kemudian berubah semakin terang saat mendekati matahari dengan jarak 25,6 juta km pada tanggal 12 Januari 2007 dan mencapai puncak kecerahan pada tanggal 14 Januari di mana komet tersebut tampak bersinar lebih terang dari planet Venus.

Saking terangnya, orang-orang bisa melihatnya di siang bolong dengan mudah, karena yang perlu mereka lakukan hanyalah menutup matahari dengan tangan. Setelah melewati matahari, orang-orang masih bisa melihat ekor komet yang menyerupai kipas pada malam hari di bumi bagian selatan.

Itu dia lima komet paling terang yang pernah melintasi bumi. Sayangnya, karena garis edar yang sangat lonjong, membuat fenomena ini jadi sangat langka dan hanya muncul sekali dalam puluhan bahkan ratusan tahun.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Seputar Komet Halley yang Perlu Kamu Tahu

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You