Comscore Tracker

Berukuran Raksasa, Ini 8 Lubang Hitam yang Jadi Tetangga Bumi

Seberapa dekat?

Lubang hitam jadi mimpi buruk bagi manusia, bahkan benda langit lainnya. Bayangkan jika sebuah lubang hitam berada benar-benar dekat dengan Bumi? Kedengarannya mustahil memang, karena rata-rata lubang hitam memang tinggal di pusat galaksi yang jauh dari Bumi.

Tapi jangan senang dulu, karena dilansir businessinsider.com, baru-baru ini para astronom menemukan sebuah lubang hitam yang berjarak cukup dekat dengan Bumi. Dan lubang hitam itu bukan satu-satunya, karena setidaknya masih ada 7 lainnya yang juga tinggal di dekat Bumi. Sedekat apa?

1. Sagitarius A

Berukuran Raksasa, Ini 8 Lubang Hitam yang Jadi Tetangga Buminasa.gov

Dimulai dari Sagitarius A yang jadi tetangga jauh Bumi. Lubang hitam ini memiliki massa 4 juta kali massa matahari kita, yang membuatnya dinobatkan sebagai lubang hitam supermassif. Untungnya, Sagitarius A tidak benar-benar berada di dekat Bumi. Sagitarius A sendiri berada di pusat galaksi Bimasakti yang berjarak 25.640 tahun cahaya dari Bumi.

2. GRO J1655-40

Berukuran Raksasa, Ini 8 Lubang Hitam yang Jadi Tetangga Bumisci.esa.int

Berada dalam jarak 11.000 tahun cahaya dari Bumi, lubang hitam ini bisa dibilang sangat unik. Ini karena GRO J1655-40 tidak tinggal di pusat galaksi seperti lubang hitam lain melainkan bertualang melewati banyak galaksi.

Tidak tanggung-tanggung, GRO J1655-40 bergerak dengan kecepatan 250.000 mph. Jauh lebih cepat dari kecepatan matahari kita saat mengelilingi galaksi Bimasakti.

3. Cygnus X-3

Berukuran Raksasa, Ini 8 Lubang Hitam yang Jadi Tetangga Buminasa.gov

Memiliki massa sekitar 2 sampai 5 massa matahari, Cygnus X-3 tinggal di awan debu kecil yang berjarak 20.000 tahun cahaya dari Bumi. Tidak sendiri, Cygnus X-3 ditemani sebuah bintang Wolf-Rayet yang juga menjadi salah satu bintang paling terang di galaksi Bimasakti dan kelak akan berubah jadi lubang hitam jika mati.

Baca Juga: Berperilaku Aneh, 5 Lubang Hitam ini Bikin Astronom Kebingungan

4. GRO J0422 + 32

Berukuran Raksasa, Ini 8 Lubang Hitam yang Jadi Tetangga Buminasa.gov

Lubang hitam GRO J0422 + 32 bisa dibilang merupakan lubang hitam paling bungsu karena ukurannya paling kecil dibandingkan dengan lubang hitam lain. Memiliki massa 3,66 hingga 5 kali massa matahari, GRO J0422 + 32 sendiri berasal dari ledakan bintang neutron yang mati.

Lubang hitam ini berada dalam jarak 7.800 tahun cahaya. Jarak yang cukup dekat dibandingkan dengan tiga lubang hitam sebelumnya.

5. V404 Cygni

Berukuran Raksasa, Ini 8 Lubang Hitam yang Jadi Tetangga Bumiearthsky.org

V404 Cygni masuk dalam jajaran lubang hitam berbahaya karena lubang hitam ini sangat aktif. Pada tahun 2015, teleskop ruang angkasa Swift X-ray NASA menangkap sinar gamma yang berasal dari V404 Cygni. Selain masih aktif, V404 Cygni juga memiliki ukuran sangat besar yakni 9 kali massa matahari dan jaraknya pun cukup dekat dengan Bumi yakni sekitar 7.800 tahun cahaya.

6. Cygnus X-1

Berukuran Raksasa, Ini 8 Lubang Hitam yang Jadi Tetangga Buminasa.gov

Sama seperti kebanyakan lubang hitam lain, Cygnus X-1 juga berasal dari bintang raksasa yang mati. Para astronom berpendapat jika sebelum mati, Cygnus X-1 adalah bintang raksasa berukuran 40 kali massa matahari. Bintang raksasa ini mati 5 juta tahun yang lalu dan langsung berubah jadi lubang hitam supermassif 14,8 massa matahari dengan jarak 6.000 tahun cahaya dari Bumi.

7. V616 Monocerotis

Berukuran Raksasa, Ini 8 Lubang Hitam yang Jadi Tetangga Bumim-y-galaxy.de

Tidak jauh berbeda dari V404 Cygni, V616 Monocerotis juga merupakan lubang hitam aktif. Lubang hitam ini berjarak 3.500 tahun cahaya dengan massa 6,6 kali massa matahari. Tidak seperti kebanyakan lubang hitam, V616 Monocerotis ditemani sebuah bintang yang lebih kecil dari matahari.

Akibatnya, V616 Monocerotis terus mencuri massa bintang malang tersebut bahkan mengubah bentuknya menjadi lonjong.

8. Lubang hitam misterius yang baru ditemukan

Berukuran Raksasa, Ini 8 Lubang Hitam yang Jadi Tetangga Bumieso.org

Baru-baru ini, para astronom menemukan sebuah lubang hitam yang berjarak 1.000 tahun cahaya dari Bumi. Jarak yang sangat dekat untuk ukuran alam semesta. Dilansir dari businessinsider.com, semua berawal dari pengamatan para astronom pada dua bintang yang saling mengorbit satu sama lain.

Mereka kemudian menyadari bahwa ada objek besar tidak terlihat yang juga berada di antara kedua bintang. Setelah diteliti, objek tersebut merupakan sebuah lubang hitam dengan massa 4 kali massa matahari. 

Dibandingkan dengan lubang hitam lain yang ada di alam semesta, delapan lubang hitam di atas bisa dibilang dekat dengan Bumi. Tapi tenang saja, pada kenyataannya mereka tidak benar-benar dekat kok!

Baca Juga: 10 Fakta Sains Black Hole, Lubang Hitam yang Ditakuti di Alam Semesta

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya