Comscore Tracker

5 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Astronaut

Apa alasannya?

Menjadi astronaut dan bekerja di stasiun luar angka menjadi impian banyak orang. Bukan hanya anak-anak, tapi juga orang dewasa. Meski begitu, menjadi astronaut bukanlah pilihan jalur karier yang mudah untuk dijalani. Selain harus memenuhi berbagai persyaratan, para astronaut juga akan ditugaskan di orbit Bumi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Masalah lainnya, kehidupan di stasiun luar angkasa jelas sangat berbeda dengan Bumi. Ada banyak aturan yang harus ditaati, termasuk soal makanan. Mereka tidak bisa makan apa pun yang diinginkan, beberapa makanan dan minuman bahkan dianggap terlarang untuk dikonsumsi selama menjalankan misi. Dilansir Reader's Digest, berikut lima makanan terlarang yang tidak boleh dikonsumsi para astronaut.

1. Roti 

5 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Astronautilustrasi roti (unsplash.com/Bas Peperzak)

Berbeda dengan orang Indonesia yang mengonsumsi nasi sebagai menu wajib untuk sarapan, mayoritas astronaut justru terbiasa menyantap roti. Namun ironisnya, mereka tidak boleh memakan roti selama bertugas di stasiun luar angkasa.

Roti adalah salah satu makanan terlarang di stasiun luar angkasa. Alasannya karena roti menyisakan remah-remah kecil di setiap gigitannya.

Di Bumi, remahan roti bukan masalah. Namun di stasiun luar angkasa, itu bisa menimbulkan masalah. Semakin jauh dari Bumi, gravitasi juga akan semakin kecil. Akibatnya, benda apa pun termasuk remahan roti akan melayang-layang di dalam stasiun luar angkasa dan bisa menempel pada peralatan lain yang fungsinya penting bagi kelangsungan kerja di sana.

2. Garam dan lada

5 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Astronautilustrasi garam (pexels.com/Marek Kupiec)

Makanan apa pun akan terasa hambar jika tidak dibumbui dengan garam dan merica. Namun sama seperti roti, bumbu dapur ini juga merupakan dua barang terlarang bagi para astronaut di luar angkasa.

Lagi-lagi masalahnya ada di daya gravitasi yang kecil. Ketika ditaburkan ke makanan, taburan lada dan garam ini tidak akan jatuh ke piring, melainkan terbang melayang di dalam ruangan pesawat.

Butiran-butiran lada dan garam yang halus berpotensi menyumbat berbagai peralatan penting dan menimbulkan masalah serius. Lebih parahnya lagi, butiran-butiran itu bisa masuk ke hidung atau mata para astronaut dan membuat mereka menderita.

Baca Juga: 10 Makanan Khusus untuk Para Astronot di Luar Angkasa, Mau Coba?

3. Minuman berakohol 

5 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Astronautilustrasi minuman beralkohol (pexels.com/Chris F)

Alkohol juga bukan minuman yang asing untuk para astronaut. Di Bumi, mereka bisa minum sebanyak apa pun yang dimau. Namun, ketika sudah memulai tugasnya sebagai astronaut, mereka dilarang meminumnya meski hanya setetes. Alasannya karena para astronaut dituntut untuk selalu fokus mengawasi Bumi setiap harinya.

Meminum alkohol hanya akan membuat mereka mabuk dan tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Apalagi stasiun luar angkasa memiliki luas yang sangat terbatas. Bagaimana kalau tiba-tiba astronaut mabuk itu membuka pintu keluar lalu terjun begitu saja dari pesawat luar angkasa?

4. Es krim 

5 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Astronautilustrasi es krim (unsplash.com/Christin Hume)

Dessert manis ini memang menjadi makanan favorit semua orang, termasuk para astronaut. Namun, mereka tidak boleh menyelundupkan es krim ke markas luar angkasa.

Es krim terlarang bukan karena makanan ini memabukkan atau berbahaya, melainkan karena stasiun luar angkasa tidak memiliki kulkas atau lemari pendingin. Ketika es krim meleleh di dalam pesawat luar angkasa, tentu akan mengotori banyak barang, baik itu barang-barang milik para astronaut atau peralatan penting di stasiun luar angkasa.

5. Minuman bersoda 

5 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Astronautilustrasi minuman bersoda (pexels.com/Ron Lach)

Selain alkohol, minuman bersoda juga menjadi minuman terlarang di stasiun luar angkasa. Sebab minuman berkarbonasi bereaksi secara berbeda di luar angkasa.

Di Bumi, minuman seperti ini akan mengeluarkan soda saat kaleng dibuka. Namun di dalam stasiun luar angkasa, soda akan tetap menyatu dengan air dan tetap melayang-layang di dalam pesawat luar angkasa.

Bekerja di luar angkasa selama beberapa waktu memang merupakan pengalaman yang luar biasa. Namun pekerjaan hebat ini juga memiliki risiko yang berat. Para astronaut harus selalu berhati-hati dalam bertindak. Kesalahan sekecil apa pun akan menyebabkan masalah yang bukan hanya mengancam nyawa sendiri, tapi juga rekan astronaut lain yang bekerja bersama mereka.

Baca Juga: 5 Fakta Ilmiah Astronaut Bertambah Tinggi setelah Bertugas

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya