Comscore Tracker

6 Mitos Peradaban Mesir Kuno yang Masih Sering Dipercaya Banyak Orang

Apakah kamu salah satunya?

Peradaban Mesir Kuno jadi salah satu peradaban di masa lalu yang masih sangat populer. Apalagi ditambah dengan ratusan judul film yang mengambil tema seputar raja-raja atau ratu Mesir Kuno,

Tak heran, jika sampai sekarang masih ada ratusan ribu bahkan jutaan orang berkunjung ke Mesir, hanya untuk melihat secara langsung peninggalan dari kerajaan para firaun yang terkenal seperti piramida atau sphinx.

Dilansir listverse.com, walaupun peradaban tua satu ini begitu populer, segala hal tentang peradaban Mesir di masa lalu juga masih sangat misterius. Karena kemisteriusannya, tidak heran jika ada banyak mitos yang beredar seputar peradaban Mesir Kuno ini. Kamu percaya?

1. Piramida dibangun oleh budak 

6 Mitos Peradaban Mesir Kuno yang Masih Sering Dipercaya Banyak Orangtripsinegypt.com

Bisa dibilang, piramida adalah salah satu ikon wisata Mesir. Maka belum ke Mesir kalau kamu belum mengunjungi piramida. Menurut mitos yang beredar, piramida di Mesir dibangun oleh para budak.

Pada kenyataannya, pembangunan piramida dikerjakan oleh pengrajin Mesir yang terampil. Ya membangun piramida sebesar itu memang tidak mudah, tapi mereka diperlakukan dengan layak.

Seperti layaknya para pekerja, mereka dibayar dengan baik, diberi makan dan minuman, bahkan juga daging sapi yang harganya mahal. Hal itu dibuktikan dengan ditemukannya bekas-bekas pemukiman permanen dekat piramida yang dibangun untuk tempat tinggal para pekerja, dan juga tulang hewan dalam jumlah yang sangat banyak.

Bukan hanya diberikan fasilitas layak, para pekerja yang meninggal bahkan dimakamkan di dekat piramida yang merupakan makam para raja sebagai penghargaan atas kerja keras mereka.

2. Selain itu, dibangun oleh para alien

6 Mitos Peradaban Mesir Kuno yang Masih Sering Dipercaya Banyak Orangreed.edu

Selain dibangun oleh budak, mitos lain mengatakan jika piramida dibangun oleh alien. Mitos piramida dibangun oleh para budak setidaknya masuk akal, tapi yang satu ini sangatlah konyol.

Sebagai bangunan yang dibuat pada tahun 2630 SM, memiliki tinggi 193 meter, dan posisi yang sejajar dengan rasi bintang Orion plus matahari saat masa titik baliknya, piramida memang luar biasa.

Tapi kenyataan, itu tak lantas membuatnya bisa dikaitkan dengan alien. Ya, peralatan yang digunakan oleh para pekerja saat itu mungkin sangat sederhana jika dibandingkan dengan teknologi yang kita punya sekarang. Namun, kita lupa dengan fakta bahwa mereka adalah para pekerja ahli yang sangat terampil dalam bidang tersebut.

3. Cleopatra sangat cantik 

6 Mitos Peradaban Mesir Kuno yang Masih Sering Dipercaya Banyak Orangtheguardian.com

Di film-film, Cleopatra selalu digambarkan sebagai perempuan yang cantik. Namun dalam koin peninggalan Romawi Kuno, Cleopatra digambarkan sebagai perempuan dengan hidung bengkok, dagu menonjol, bibir tipis, dan fitur wajah yang besar.

Meski begitu, ratu Mesir ini dikenal sebagai perempuan yang cerdas. Cleopatra sebenarnya seorang Yunani, tapi dia fasih berbicara bahasa Mesir, Arab, Ibrani, dan beberapa bahasa lain sama lancarnya ketika dia bicara dengan bahasa ibunya.

Bukan hanya itu, Cleopatra adalah ahli matematika, filsafat, kimia, dan sangat bijak jika berhubungan dengan negaranya.

Baca Juga: Butuh Waktu, 5 Fakta Proses Mumifikasi di Masa Peradaban Mesir Kuno

4. Hieroglif adalah kode rahasia 

6 Mitos Peradaban Mesir Kuno yang Masih Sering Dipercaya Banyak Oranghowitworksdaily.com

Hieroglif merupakan sistem penulisan yang digunakan oleh bangsa Mesir Kuno selama 3.000 tahun. Berbeda dengan bahasa Indonesia atau bahasa lain yang digunakan oleh penduduk dunia saat ini, hieroglif menggunakan gambar dan huruf dalam setiap kalimatnya.

Sayangnya, setelah 3.000 tahun digunakan, lama-lama sistem penulisan ini mulai punah. Sehingga ketika para ahli menemukan prasasti peninggalan masyarakat Mesir Kuno, mereka kebingungan.

Berawal dari kebingungan inilah, muncul desas-desus bahwa tulisan hieroglif adalah kode rahasia, mengandung kutukan, bahkan merupakan mantra magis.

Kenyataannya, gambar dalam hieroglif hanyalah gambar biasa. Orang Mesir Kuno menggambarnya hanya untuk objek yang mereka maksudkan.

5. Orang Mesir kuno terobsesi dengan kematian 

6 Mitos Peradaban Mesir Kuno yang Masih Sering Dipercaya Banyak Orangsyd.catholic.edu.au

Kalau kamu pernah berkunjung ke piramida yang jadi makam para raja Mesir, kamu akan tahu bahwa makam-makam itu dipersiapkan dengan sangat baik. Lucunya, hal itu membuat mitos aneh bermunculan, salah satunya menyebutkan bahwa orang Mesir Kuno terobsesi dengan kematian.

Saking terobsesinya, mereka sampai mempersiapkan makam yang bagus untuk dirinya sendiri. Padahal kenyataannya, justru sebaliknya. Orang Mesir Kuno justru sangat terobsesi dengan kehidupan. Sayangnya, harapan hidup orang Mesir Kuno saat itu hanya 40 tahun.

Meski termasuk singkat, orang Mesir Kuno percaya jika orang yang meninggal akan melanjutkan hidupnya di akhirat. Untuk memastikan almarhum dapat hidup dengan baik, keluarga yang ditinggalkan berusaha mempersiapkan segalanya, termasuk pemakaman yang layak.

6. Makam Firaun menyimpan kutukan 

6 Mitos Peradaban Mesir Kuno yang Masih Sering Dipercaya Banyak Orangm.safareya.com

Selain mitos tentang piramida, kamu mungkin juga pernah mendengar mitos bahwa makam para raja Mesir Kuno atau Firaun menyimpan kutukan. Semua berawal dari tahun 1923, ketika sebuah tim ekspedisi asal Inggris berhasil menemukan makam Raja Tutankhamun.

Dua bulan setelah penemuan itu, salah seorang anggota tim ekspedisi meninggal dunia. Desas-desus yang beredar menyebutkan bahwa dia dikutuk karena telah berani mendatangi makam sang raja.

Walaupun kedengarannya meyakinkan, tapi kutukan di makam raja Mesir Kuno sebenarnya hanya mitos yang tidak masuk akal. Makam para raja tidak dikutuk, dan kematian anggota tim ekspedisi itu tidak lebih dari kebetulan biasa.

 

Sesuatu tentang peradaban kuno memang selalu misterius dan menimbulkan rasa penasaran. Tapi kita juga tidak boleh sembarangan mempercayai cerita yang beredar.

Baca Juga: Modern sebelum Zamannya, 30 Bukti Kemajuan Peradaban Mesir Kuno

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya