Comscore Tracker

Sulit Dilawan, Ini 5 Pedang Paling Mematikan Sepanjang Sejarah Dunia

Mana yang paling mematikan?

Rudal, senjata api, dan bom menjadi merupakan deretan senjata paling mematikan saat ini. Enggak heran kalau banyak negara berlomba-lomba memperbanyak senjata ini, demi melindungi negaranya. Tapi tahukah kamu, kalau dulu, jauh sebelum senjata-senjata ini ada, pedang menjadi salah satu senjata paling mematikan?

Dilansir Mental Floss, dulu jauh sebelum senapan ada, pedang menjadi senjata yang selalu digunakan para prajurit ketika berperang. Sekarang pun, pedang masih sama berbahayanya seperti dulu. Ngomong-ngomong tentang pedang, berikut ini lima pedang paling mematikan sepanjang sejarah!

1. Pedang Estoc, Eropa Abad Pertengahan 

Sulit Dilawan, Ini 5 Pedang Paling Mematikan Sepanjang Sejarah DuniaPedang Estoc (vikingsword.com)

Orang Eropa di Abad Pertengahan sangat suka berburu. Untuk melindungi diri sekaligus menangkap buruan, para pemburu ini dilengkapi dengan beragam senjata. Bukan, bukan senjata api yang biasa digunakan oleh pemburu zaman sekarang, melainkan sebuah pedang.

Dari sekian banyak pedang, pedang Estoc adalah pedang favorit pemburu dan orang Eropa di Abad Pertengahan. Tidak seperti pedang lain, pedang Estoc cukup tipis dengan mata pedang yang tumpul. Tapi jangan salah, walaupun penampilannya lebih mirip jarum raksasa, pedang Estoc sangat kuat, dan dapat menembus baju besi lawan disaat perang.

2. Pedang Kilij, Turki 

Sulit Dilawan, Ini 5 Pedang Paling Mematikan Sepanjang Sejarah DuniaPedang Kilij (catawiki.com)

Dalam bahasa Turki, Kilij artinya pedang. Pedang mematikan ini pertama kali muncul di Turki sekitar tahun 400 SM. Prajurit Turki sangat menyukai pedang ini karena kehebatannya saat bertarung melawan musuh. Tidak seperti pedang Estoc yang mirip jarum, pedang Kilij memiliki ketebalan mirip dengan pedang biasa.

Hanya saja bentuknya sedikit bengkok, dan bermata dua yang membuatnya terlihat begitu mengancam di mata lawan. Di tangan seorang ahli, pedang Kilij bahkan sanggup memotong tulang manusia hanya dengan sekali tebas.

Baca Juga: 5 Jamur Paling Mematikan di Dunia, Jangan Pernah Memakannya!

3. Pedang Ulfberht, Viking 

Sulit Dilawan, Ini 5 Pedang Paling Mematikan Sepanjang Sejarah DuniaPedang Ulfberht (darksword-armory.com)

Pedang bukanlah senjata sembarangan bagi bangsa Viking. Sebab itulah, hanya seorang kesatria yang bisa menggunakannya. Dari semua pedang, pedang Ulfberht adalah yang paling istimewa bagi bangsa Viking. Terbuat dari baja terbaik yang dipanaskan dengan suhu 3.000 derajat Fahrenheit.

Pedang ini sangat fleksibel, kuat, bahkan hampir mustahil akan patah. Yang uniknya, meski pedang Ulfberht sangat kuat, pedang ini juga ringan dan tajam. Di masa itu, siapa pun yang memiliki pedang Ulfberht akan sulit dikalahkan, bahkan dianggap sebagai setengah dewa.

4. Pedang Khopesh, Mesir 

Sulit Dilawan, Ini 5 Pedang Paling Mematikan Sepanjang Sejarah DuniaPedang Khopesh (swordscholar.com)

Di antara semua pedang paling mematikan di daftar ini, pedang Khopesh dari Mesir adalah yang memiliki bentuk paling aneh. Pedang Khopesh memiliki bentuk yang lebih mirip celurit ketimbang pedang. Tapi jangan salah, justru karena bentuknya yang sedikit melengkung-lah yang membuatnya jadi lebih mematikan.

Dengan bagian luar yang tajam, dan bentuk yang melengkung membuat pedang Khopesh bukan hanya bisa melukai, tapi juga melucuti senjata lawan dengan mudah. Di masa lalu, Khopesh hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu seperti prajurit kerajaan, bangsawan, dan Fir'aun.

5. Pedang Khanda, India 

Sulit Dilawan, Ini 5 Pedang Paling Mematikan Sepanjang Sejarah DuniaPedang Khanda (sketchfab.com)

Sudah ada sejak 300 M, Khanda adalah simbol keberanian  bagi orang India di masa lalu. Sama seperti Khopesh bagi prajurit Mesir, dan Ulfberht bagi Viking, pedang Khanda hanya dimiliki oleh para kesatria saja. Pedang Khanda memang sekilas mirip dengan pedang lain, yang membuatnya jadi berbahaya adalah bagian ujung pedang yang tumpul.

Seolah tidak cukup, beberapa kesatria India tempo dulu bahkan sengaja menambahkan gerigi tajam di salah satu sisi pedang, dan membuat pedang Khanda jadi makin mematikan.

Pedang mungkin masih kalah mematikan jika dibandingkan dengan senjata zaman sekarang yang bisa menyebabkan ribuan kematian dalam sekejap. Tapi tetap saja, pedang masih sangat berbahaya, terutama jika ditangan orang yang tepat.

Baca Juga: 8 Fakta Terselubung Seputar Bangsa Viking, Kamu Sudah Tahu?

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya