Comscore Tracker

5 Tempat Rahasia yang Disembunyikan Google dari Kita

Apa yang disembunyikan Google dari kita?

Saat harus pergi ke tempat yang asing, atau tersesat di tengah jalan, kita biasanya menggunakan Google Maps untuk menemukan jalan yang benar. Jangankan menunjukkan rute jalan, dari Google Maps kita bahkan bisa mengetahui berbagai tempat yang ada disekitar wilayah tersebut. Mulai dari restoran, tempat ibadah, rumah sakit, atau tempat lainnya.

Dilansir India Times, Google memang bisa menunjukkan hampir semua tempat atau jalan mana pun di Bumi. Sayangnya, tidak semua orang menginginkannya. Tahukah kamu, kalau ada banyak tempat rahasia yang disembunyikan oleh Google dari kita? Kenapa? Yuk, cari tahu sama-sama!

1. 2207 Seymour Avenue, Cleveland, Ohio 

5 Tempat Rahasia yang Disembunyikan Google dari Kita2207 Seymour Avenue merupakan TKP penculikan (ladbible.com)

Buat kamu yang penasaran, 2207 Seymour Avenue adalah alamat dari sebuah rumah di Ohio, Amerika Serikat. Pemilik rumah ini bernama Ariel Castro, pada tahun 2002 hingga 2004 lalu, dia menculik tiga perempuan dan menyekap para korban di rumahnya selama bertahun-tahun.

Aksi penculikan itu akhirnya terbongkar setelah salah seorang korban berhasil kabur, dan melapor ke kantor polisi. Ariel Castro ditangkap, dan dikenai hukuman 1.000 tahun penjara, namun akhirnya memutuskan bunuh diri satu bulan setelah hukumannya dimulai. Rumah penjahat ini sebenarnya sudah dihancurkan, namun Google masih enggan memperlihatkannya.

2. Pulau Moruroa 

5 Tempat Rahasia yang Disembunyikan Google dari KitaPulau Moruroa adalah tempat uji coba nuklir pada tahun 1966 hingga tahun 1996 (dok. Google Maps)

Berbeda dengan lokasi sebelumnya, Google hanya menyembunyikan setengah dari peta Pulau Moruroa. Kenapa disembunyikan? Ini karena, pulau yang terletak di selatan Samudra Pasifik ini pernah menjadi lokasi uji coba nuklir di masa lalu.

Prancis melakukan uji coba nuklir di Pulau Moruroa pada tahun 1966 dan menghentikannya pada tahun 1996. Meski sudah lama tidak digunakan, pulau ini kemungkinan masih menyimpan radiasi tingkat tinggi, atau berbagai rahasia lain yang tidak seharusnya diketahui publik.

Demi mencegah pengunjung yang tidak diinginkan, Prancis melarang siapa pun untuk berkunjung ke sini. Seolah belum cukup, mereka juga menyembunyikannya di dunia maya.

3. Pulau Jeannette, Rusia 

5 Tempat Rahasia yang Disembunyikan Google dari KitaPulau Jeannette adalah pulau es tidak berpenghuni yang terletak di Rusia. (Dok. Google Maps)

Terletak di Laut Siberia Timur, Jeannette adalah sebuah pulau kecil yang panjangnya hanya 1,2 mil. Pulau ini tidak berpenghuni karena selain ukurannya yang kecil, sebagian besar wilayahnya juga tertutupi oleh es.

Anehnya, jika kamu mencari lokasi pulau Jeannette di Google Earth, kamu hanya akan menemukan titik hitam di tengah lautan biru. Entah apa yang ada di pulau ini, hingga Google harus menutupinya.

Baca Juga: 9 Kesalahan Maps Ojek Online Ini Nyasar sampai ke Tengah Lautan!

4. Cattenom Nuclear Power Plant, Prancis 

5 Tempat Rahasia yang Disembunyikan Google dari KitaCattenom Nuclear Power Plant merupakan pembangkit listrik tenaga nuklir di Prancis. (Dok.Google Maps)

Cattenom Nuclear Power Plant merupakan lokasi pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar ke delapan di dunia. Menurut Power Technology, lokasinya terletak di Grand Est, berdekatan dengan kota Luksemburg dan Metz.

Sama seperti situs nuklir lainnya, Cattenom Nuclear Power Plant juga disembunyikan oleh Google. Ketika kamu mengetikkan nama tempat ini, Google Earth memang menunjukkan lokasinya. Sayang, kamu tidak bisa melihatnya dengan jelas karena gambar tempat ini di blur oleh Google.

5. Situs Nuklir Marcoule, Prancis 

5 Tempat Rahasia yang Disembunyikan Google dari KitaSitus Nuklir Marcoule merupakan bekas pembuangan bahan nuklir bekas milik Prancis. (Dok. Google Maps)

Dibuka pada tahun 1955, Situs Nuklir Marcoule merupakan situs nuklir tertua yang dimiliki oleh Prancis. Letaknya di wilayah Languedoc-Roussillon, dekat dengan pantai Mediterania. Fungsinya sebagai situs nuklir negara, Marcoule jelas bukan tempat yang bisa didatangi oleh sembarang orang, tidak heran jika akhirnya tempat ini diblur oleh Google.

Di tahun-tahun sebelumnya, ada banyak lokasi lain yang disembunyikan oleh Google. Namun seiring waktu, beberapa lokasi kini bisa dilihat dengan mudah baik di Google Maps atau Google Earth. Sayangnya itu tidak berlaku bagi lima tempat rahasia di atas!

Baca Juga: 10 Film Paling Populer di Google Sepanjang 2021, Marvel Mendominasi

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya