Comscore Tracker

Penelitian Menunjukkan 7 Hal Ini Dapat Menyebabkan Perceraian

#SainsSeru: Apa aja ya kira-kira?

Setiap orang yang telah menikah pasti selalu mengharapkan pernikahannya dapat berjalan dengan baik dan awet hingga kematian memisahkan keduanya. Sebuah pernikahan pasti akan selalu ada ujiannya masing-masing, kalau dapat melewati berbagai ujian ikatan pernikahan akan semakin kokoh, namun sebaliknya jika tidak bisa melewati ujian yang terjadi adalah perceraian.

Tentunya perceraian merupakan hal yang sangat tidak diharapkan bagi suatu pernikahan, para ilmuan pun membeberkan 7 penyebab terjadinya perceraian yang terjadi di masyarakat dengan hasil penelitian yang telah mereka lakukan.

1. Menikah usia remaja atau menikah setelah berusia 32 tahun

Penelitian Menunjukkan 7 Hal Ini Dapat Menyebabkan Perceraiandavidbach.com

Menurut beberapa penelitian seseorang yang menikah pada usia remaja dan di usia 32 tahunan lebih rentan mengalami perceraian dibandikan mereka yang menikah diusia 20 tahun hingga 30 tahun. Profesor Nicholas Wolfinger dari University of Utah menyatakan saat seseorang menikah diusia 32 tahun peluang terjadinya perceraian meningkat sebanyak 5%. Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Economic Inquiry tahun 2015 juga mengungkapkan selisih usia yang jauh juga mempunyai andil terhadap terjadinya perceraian.

2. Pekerjaan suami tidak penuh waktu

Penelitian Menunjukkan 7 Hal Ini Dapat Menyebabkan Perceraianaskmen.com

Menurut sebuah penelitian oleh para peneliti dari Harvard University yang diterbitkan dalam jurnal American Sociological Review tahun 2016 perceraian terjadi bukan karena masalah uang tapi lebih kepada pembagian kerja. Alexandra Killeward salah seorang peneliti yang terlibat dalam penelitian tersebut menyatakan peluang perceraian pada pasangan yang suaminya bekerja full-time lebih rendah yaitu berkisar 2,5% dibandingkan suami yang tidak bekerja full-time yang memiliki peluang perceraian sebesar 3,3%.

3. Tingkat pendidikan tidak tinggi

Penelitian Menunjukkan 7 Hal Ini Dapat Menyebabkan Perceraianemmer.house.gov

Sebuah artikel yang termuat dalam situs Bureau of Labor Statistics pada tahun 2013 menyebutkan bahwa pasangan yang melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi memiliki peluang perceraian lebih rendah dibandingkan mereka yang hanya berpendidikan bangku menengah atas ataupun tidak menyelesaikan sekolahnya. Hal itu dikaitkan dengan income yang diperoleh oleh pasangan bukan lulusan perguruan tinggi lebih rendah bila dibandingkan pasangan lulusan perguruan tinggi.

4. Merendahkan pasangan

Penelitian Menunjukkan 7 Hal Ini Dapat Menyebabkan Perceraiancrosswalk.com

Merendahkan orang lain apalagi pasangan sendiri itu tidaklah baik dan ini merupakan salah satu penyebab terjadinya perceraian. Penelitian yang dilakukan oleh Gottman seorang psikolog dari University of Washington dengan meneliti 79 pasangan selama 14 tahun yang tinggal di Midwest Amerika Serikat menunjukkan perilaku merendahkan pasangan memiliki peluang tinggi terjadinya perceraian.

5. Pasangan terlalu romantis

Penelitian Menunjukkan 7 Hal Ini Dapat Menyebabkan Perceraianquotesblog.net

Hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang psikolog Tet Huston dalam jurnal Interpersonal Relations and Group Process tahun 2001 menunjukkan pasangan yang terlalu romantis di awal pernikahan memiliki peluang perceraian lebih tinggi dibandingkan dengan pasangan yag tidak terlalu romantis karena intensitas keromantisan tidak dapat dipertahankan. Tet Huston melakukan penelitian ini selama 13 tahun dengan melibatkan 168 pasangan yang dimulai pasangan menikah hingga hasil penelitian diterbitkan dalam sebuah jurnal.

6. Tekanan dalam menjalani kkehidupan pernikahan setiap harinya

Penelitian Menunjukkan 7 Hal Ini Dapat Menyebabkan Perceraianfamilylawlongview.com

Hasil penelitian dalam jurnal Social and Personal Relationship yang diterbitkan tahun 2007 menunjukkan tekanan menjalani kehidupan pernikahan setiap harinya merupakan faktor utama terjadinya perceraian pasangan di Eropa dibandingkan dengan faktor lain seperti kekerasan dalam rumah tangga, jatuh cinta dengan orang lain dan lain-lain.

7. Menutup diri dari pasangan

Penelitian Menunjukkan 7 Hal Ini Dapat Menyebabkan Perceraiandeseretnews.com

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal of Marriage and Family tahun 2013 menunjukkan pasangan yang menutup dari pasangannya cenderung memiliki tingkat perceraian lebih tinggi dibandingkan dengan pasangan yang terbuka, hal itu dikarenakan pasangan yang menutup diri cenderung menganggap pasangannya sebagai penyebab datangnya masalah dan sulit meyelesaikan konflik yang terjadi antar keduanya.

lia faiqotul muniroh Photo Verified Writer lia faiqotul muniroh

Kreatif, Inovatif, Mandiri, Menyenangkan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya