Comscore Tracker

5 Potret Kanguru Pohon yang Kian Langka & Terancam Punah, Sedih!

Padahal hewan marsupial yang satu ini menggemaskan banget

Ini bukan jenis kanguru biasa yang bisa bertumbuh besar hingga setinggi orang dewasa, namun kanguru pohon punya hal lain yang membuatnya lebih unik. Spesies ini memiliki tubuh yang gemuk dan tampak seperti boneka. Ingin berkenalan lebih jauh dengan mereka? Berikut informasi lengkapnya untuk kalian!

1. Memiliki tampilan fisik yang lucu

5 Potret Kanguru Pohon yang Kian Langka & Terancam Punah, Sedih!perthzoo.wa.gov.au

Kanguru pohon atau Dendrolagus memiliki tubuh dengan dua warna gradasi yang indah. Biasanya mereka berwarna cokelat kemerahan, cokelat tua atau abu-abu. Bulunya lembut dan pendek sehingga membuatnya tampak begitu menggemaskan. 

Telinga dan mulutnya kecil, keempat kakinya juga berbeda ukuran, kaki belakangnya lebih pendek sedangkan kaki depan mereka berukuran panjang. Kanguru pohon juga punya ekor berbulu yang panjang sebagai pembantu keseimbangan tubuhnya.

2. Hewan marsupial seperti jenis kanguru lain

5 Potret Kanguru Pohon yang Kian Langka & Terancam Punah, Sedih!gnfi.imgix.net

Dalam perutnya terdapat kantong yang menjadi tempat berlindung anak kanguru pohon saat masih bayi. Meskipun bertubuh kecil namun hewan ini mampu membawa sang anak selama delapan bulan dan bepergian menjelajahi pohon ke pohon selagi mencari daun yang menjadi sumber makanannya. 

Baca Juga: 5 Fakta Unik Walabi, Kanguru Imut Satwa Indonesia Timur

3. Dapat ditemui di Papua Nugini dan Queensland

5 Potret Kanguru Pohon yang Kian Langka & Terancam Punah, Sedih!markjohnson.photoshelter.com

Seperti kanguru yang berasal dari Australia, kanguru pohon juga hidup masih di negara yang sama tepatnya di kawasan Queensland. Namun mereka juga bisa ditemui di Papua Nugini. 

4. Hanya melahirkan satu anak setiap musim kawin

5 Potret Kanguru Pohon yang Kian Langka & Terancam Punah, Sedih!carbonbrief.org

Selama musim kawin kanguru pohon betina akan mengandung dan menghasilkan satu anak saja. Karena termasuk hewan marsupial anak kanguru pohon akan lahir dan mencari kantung di perut sang induk dan bertahan di dalam sana selagi berkembang. Anak-anak kanguru tersebut bisa hidup mandiri hingga umurnya mencapai sekitar satu tahun.

5. Hewan menggemaskan ini masuk daftar merah IUCN

5 Potret Kanguru Pohon yang Kian Langka & Terancam Punah, Sedih!flickr.com

Karena sistem reproduksi yang terbatas maka populasi hewan ini rentan punah bila habitatnya tidak dijaga dengan benar. Sekarang kanguru pohon telah masuk daftar merah IUCN (International Union for Conservation of Nature) yang terakhir telah disurvei jumlahnya hanya sekitar 20,000 ekor. Namun baru-baru ini ada virus yang menyerang penglihatan kanguru pohon dan menyebabkan kebutaan. 

Nah, itu tadi sekilas informasi tentang kanguru hutan yang menggemaskan ini. Semoga habitatnya bisa diperbaiki dan mereka hidup tenang ya hingga waktu yang lama.

Baca Juga: Bukan Hanya Kangguru, 5 Hewan Ini Juga Punya Kantong di Perutnya Lho!

Lil El Photo Verified Writer Lil El

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya