7 Fauna Baru 2021 yang Ditemukan Para Ilmuwan

Masih banyak hewan yang belum ditemukan

Di Bumi ini terdapat jutaan spesies flora dan fauna. Kamu juga pasti sudah mengetahui banyak jenis mahluk hidup di darat, laut, dan udara. Namun, masih banyak spesies yang masih belum diketahui.

Di balik hiruk pikuk berita tentang pandemi yang kamu lihat setiap hari, peneliti berhasil menemukan 7 jenis hewan. Beberapa bahkan sering terlihat kita, tetapi terlewat begitu saja. Berikut jenis hewan yang baru ditemukan pada 2021.

1. Gurita Dumbo Kaisar (Grimpoteuthis imperator)

7 Fauna Baru 2021 yang Ditemukan Para IlmuwanIlustrasi gurita dumbo yang namanya diambil dari karakter gajah bernama Dumbo (dok. Aquarium of the Pacific)

Gurita dumbo merupakan jenis gurita yang hidup di laut dalam. Jenis gurita dumbo merupakan gurita yang tinggal paling dalam dibandingkan spesies gurita lainnya. Gurita dumbo kaisar tinggal di kedalaman lebih dari 4.000 meter di Samudera Pasifik Utara.

Keunikan gurita ini adalah mereka memiliki dua sirip di kepala yang berbentuk seperti telinga. Jenis gurita dumbo kaisar baru diteliti melalui satu spesimen saja. Penelitian ini hanya dilakukan dengan melihat organ hewan ini karena spesimen yang ditangkap sudah mati ketika mencapai permukaan.

2. Bunglon nano (Brookesia nana)

7 Fauna Baru 2021 yang Ditemukan Para IlmuwanBunglon nano yang berukuran sangat kecil (dok. Phys.org/Frank Glaw)

Bunglon yang kamu lihat mungkin jauh lebih besar dibandingkan jenis bunglon ini. Ukuran dari bunglon nano hanyalah sebesar kuku jari. Hewan ini bisa saja merupakan spesies reptil paling kecil di dunia. Bunglon nano ditemukan di hutan hujat di sebuah gunung di Pulau Madagaskar.

Panjang tubuh bunglon nano hanyalah sekitar dua hingga tiga sentimeter. Yang unik dari bunglon kecil ini adalah mereka tidak bisa mengubah warna tubuh. Bunglon nano memiliki kulit berwarna coklat yang membantu mereka mencari serangga untuk dimakan.

3. Jenis bumblebee baru (Bombus incognitus)

7 Fauna Baru 2021 yang Ditemukan Para IlmuwanBumblebee B. incognitus yang mirip dengan jenis B. sylvicola (dok. The Wildlife Society)

Jenis lebah baru ini ditemukan oleh peneliti yang sedang mempelajari bumblebee hutan yang ada di Pegunungan Rocky. Penelitian ini menemukan bahwa tidak hanya ada satu jenis bumblebee yang hidup di sana, melainkan dua. Kedua jenis bumblebee ini hidup berdampingan di padang rumput Amerika Serikat dan Kanada.

Jenis yang baru ditemukan ini dinamai sebagai Bombus incognitus. Sebelumnya, bumblebee ini disangka jenis yang sama dengan Bombus sylvicola. Kemiripan bentuk yang sama ini menyebabkan jenis baru ini dinamai incognitus yang berarti 'tersembunyi'.

Baca Juga: Unik, 6 Hewan Ini Tampak Seperti Gabungan Dua Jenis Hewan Berbeda

4. Kelelawar oranye (Myotis nimbaensis)

7 Fauna Baru 2021 yang Ditemukan Para IlmuwanKelelawar oranye yang ditemukan di Pegunungan Nimba (dok. Bat Conservation International)

Jenis kelelawar ini diberikan nama sesuai asal tempatnya ditemukan. Kelelawar yang memiliki bulu berwarna oranye ini ditemukan di Pegunungan Nimba di Afrika Barat.

Mereka ditemukan di dalam gua dan terowongan bekas penambangan. Hanya terdapat dua jenis kelelawar yang ada di pegunungan ini, sehingga wilayah pegunungan ini harus dilestarikan agar jenis ini dapat bertahan.

Sesuai namanya, kelelawar ini memiliki bulu berwarna oranye yang menutupi seluruh tubuhnya. Namun, bagian sayapnya memiliki warna hitam. Kelelawar oranye ini sedang dipelajari sehingga belum ada penjelasan lebih lanjut.

5. Ular Krait Suzhen (Bungarus suzhenae)

7 Fauna Baru 2021 yang Ditemukan Para IlmuwanUlar krait suzhen yang beracun (dok. Open Access Government)

Peneliti menemukan spesies baru ular krait yang beracun di Provinsi Yunnan, Tiongkok. Ular ini diberikan nama yang berasal dari mitologi setempat, yaitu Bai Suzhen yang merupakan siluman ular putih. Ular ini hidup di sawah dan sungai-sungai.

Ular ini juga ditemukan di bagian utara Myanmar. Peneliti dapat menemukan jenis ular ini karena terdapat kasus gigitan ular pada 2015. Bekas luka ini merupakan hasil gigitan ular krait yang berbeda dari jenis yang sudah ada (Bungarus multicinctus).

6. Paus Rice (Balaenoptera ricei)

7 Fauna Baru 2021 yang Ditemukan Para IlmuwanPaus Rice yang muncul ke permukaan laut (dok. Whale and Dolphin Conservation)

Sebelum diteliti lebih lanjut, paus ini memiliki nama paus Bryde Teluk Meksiko. Paus ini sendiri pertama kali tercatat pada tahun 1960-an. Setelah melalui proses otopsi seekor paus yang terdampar pada 2019, paus Rice dikategorikan sebagai jenis yang berbeda sehingga diberikan nama baru yang diambil dari penemunya, Dale Rice.

Paus Rice termasuk ke dalam hewan yang terancam punah. Saat ini di alam liar terdapat kurang dari seratus ekor paus. Hal ini menyebabkan paus yang tinggal di Teluk Meksiko dimasukkan ke dalam status kritis oleh organisasi Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).

7. Jenis semut yang dinamai oleh bintang rock (Strumigenys ayersthey)

7 Fauna Baru 2021 yang Ditemukan Para IlmuwanSemut S. ayersthey yang memiliki rahang kuat (dok. National Center for Biotechnology Information)

Semut ini diberikan nama oleh bintang rock. Michael Stipe merupakan anggota dari band rock R.E.M. yang aktif sejak tahun 1980. Entomolog Douglas Booher dari Universitas Yale menjelaskan bahwa semut ini merupakan jenis baru yang ditemukan di Ekuador. Booher meminta bantuan kepada Stipe untuk memberikan nama pada semut ini, dan mereka berdua memilih nama teman mereka yaitu Jeremy Ayers.

Semut ini hidup di daerah Chocó-Darién di bagian barat laut Ekuador. Di daerah ini banyak habitat unik karena memang merupakan biodiversity hotspot. Istilah ini merujuk pada sebuah daerah yang memiliki keanekaragaman hayati, yang tempatnya terancam oleh keberadaan manusia.

Dengan ditemukannya jenis fauna baru, bukan berarti kita bisa berlaku seenaknya kepada alam. Beberapa jenis hewan yang sudah disebutkan di atas bahkan masuk ke dalam daftar hewan yang terancam punah. Kita harus melestarikan lingkungan agar tidak ada lagi jenis makhluk hidup yang punah akibat kelalaian kita.

Bagaimana tanggapan kamu tentang jenis hewan yang baru saja ditemukan pada 2021 ini? Bagikan komentar kamu pada kolom komentar di bawah.

Baca Juga: 12 Hewan Tertua di Dunia yang Menjadi Fosil Hidup!