Comscore Tracker

Fakta Gerhana Bulan Sebagian 19 November di Indonesia

Kesempatan terakhir melihat gerhana bulan tahun ini

Gerhana Bulan Sebagian akan terjadi pada 19 November 2021 di Indonesia. Kamu bisa mengamati fenomena Gerhana Bulan Sebagian ini di Indonesia. Fenomena ini merupakan gerhana ketiga dari empat kali gerhana yang terjadi tahun ini.

Mengutip dari akun Instagram @lapan_ri, kali ini permukaan Bulan yang tertutupi mencapai 97,85 persen. Posisi Bulan yang berada di tengah bayangan Bumi membuat durasi gerhana kali ini lebih lama. Simak informasinya di bawah.

1. Apa itu gerhana bulan

Fakta Gerhana Bulan Sebagian 19 November di IndonesiaIlustrasi Bulan (pexels.com/Sebastian Voortman)

Gerhana Bulan merupakan fenomena di mana cahaya Matahari yang menyinari Bulan terhalang oleh Bumi. Akibatnya, cahaya Matahari tidak sampai sepenuhnya ke Bulan. Gerhana Bulan hanya terjadi ketika Bulan sedang berada di fase purnama.

Gerhana Bulan Sebagian terjadi ketika sebagian piringan Bulan masuk ke dalam umbra atau bayangan utama Bumi. Ketika gerhana terjadi, Bulan akan terlihat gelap dengan sedikit warna kemerahan. Durasi gerhana akan bergantung pada posisi Bulan. Semakin Bulan mendekati pusat bayangan Bumi, maka Gerhana Bulan akan semakin lama terjadi.

2. Durasi Gerhana Bulan

Fakta Gerhana Bulan Sebagian 19 November di IndonesiaIlustrasi Bulan (pexels.com/Flickr)

Proses Gerhana Bulan Sebagian terbagi menjadi lima tahap. Gerhana mulai terjadi pada 13.00 WIB. Kemudian, proses ini berlanjut ke mulainya gerhana sebagian yang terjadi pada 14.18 WIB. Sementara itu, puncak gerhana akan terjadi pada 16.02 WIB.

Setelah melewati puncak, gerhana sebagian akan berakhir pada 17.47 WIB. Terakhir, semua proses gerhana berakhir pada 19.05 WIB. Gerhana Bulan kali ini memiliki durasi selama 6 jam 5 menit, dengan durasi gerhana sebagian selama 3 jam 29 menit.

Baca Juga: 14 Fenomena Langit November 2021, Ada Gerhana Bulan Parsial

3. Paling lama terlihat di daerah Papua Barat

Fakta Gerhana Bulan Sebagian 19 November di IndonesiaIlustrasi Bulan (pexels.com/samer daboul)

Gerhana Bulan sebagian pada 19 November mendatang akan paling lama terlihat di daerah Papua Barat. Bagi kamu yang berada di Manokwari dan Jayapura, kamu bisa melihat gerhana bulan ini pada 18.02 WIT. Kamu bisa melihat Bulan ketika sedang dalam tahap puncak gerhana.

Sementara itu, wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, dan sekitarnya akan bisa melihat gerhana ketika proses Gerhana Sebagian sudah berakhir pada 17.47 WIB/18.47 WITA. Untuk wilayah Sumatera dan Jawa Barat, gerhana bulan ini bisa dilihat pada 19.05 WIB ketika proses gerhana sudah selesai.

Gerhana Bulan Sebagian terlama yang pernah dialami di Indonesia pernah terjadi pada 15 September 1932 dengan durasi 3 jam 24 menit dan 12 Mei 1892 dengan durasi 3 jam 26 menit. Gerhana Bulan Sebagian akan terjadi lagi di Indonesia pada 7 Juli 2047, tetapi durasinya akan berlangsung lebih singkat.

Bagi kamu yang tertarik, Gerhana Bulan Sebagian ini aman untuk dilihat. Apakah kamu siap untuk mengamati fenomena Gerhana Bulan Sebagian? Bagikan tanggapan kamu di kolom komentar.

Baca Juga: 7 Insiden Bersejarah yang Melibatkan Gerhana Matahari

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya