Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Bunga Pelikan, Tanaman Unik Obat Penawar Gigitan Ular

Pelikan bukan hanya nama burung, lho

Kalau mendengar kata Pelikan, pasti yang ada dipikiran kamu adalah nama hewan, yaitu burung Pelikan. Namun, ternyata Pelikan bukan hanya nama untuk hewan lho, ada juga tanaman yang memiliki nama Pelikan. Ada beberapa fakta menarik dari bunga Pelikan.

Bunga ini termasuk jenis tanaman merambat yang berasal dari Karibia. Yuk, kenalan dengan bunga unik ini. Berikut lima fakta menarik dari bunga Pelikan.

1. Bentuknya mirip burung Pelikan

5 Fakta Menarik Bunga Pelikan, Tanaman Unik Obat Penawar Gigitan UlarBunga Pelikan (https://www.instagram.com/vit0212/)

Aristolochia grandiflora atau bunga pelikan, merupakan tanaman merambat yang berasal dari Karibia. Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati dan bunga yang mirip burung pelikan.

Itulah sebabnya tanaman ini dinamakan bunga pelikan. Bunga tersebut dapat tumbuh mencapai 60 cm. Warnanya putih pucat dan agak kehijauan. Pada bagian dalam, terdapat bintik-bintik berwarna ungu gelap.

2. Memiliki bau menyengat

5 Fakta Menarik Bunga Pelikan, Tanaman Unik Obat Penawar Gigitan UlarBunga Pelikan (https://www.instagram.com/vit0212/)

Jangan tertipu dengan bentuk bunga ini yang lumayan cantik, karena bunga pelikan ini memiliki bau yang cukup menyengat. Bahkan, katanya bau bunga ini mirip seperti bau bangkai tikus.

Bau ini berguna untuk menarik perhatian lalat. Ya, lalat sangat menyukai bau busuk ini. Begitu lalat mendekat, bunga pelikan langsung membuka dan lalat masuk ke dalam bunga.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Bunga Lily of the Valley, Bunga Favorit Kerajaan 

3. Berubah jenis

5 Fakta Menarik Bunga Pelikan, Tanaman Unik Obat Penawar Gigitan UlarBunga Pelikan (https://www.instagram.com/steve_gierke/)

Di dalam bunga, lalat menjelajah. Ia membantu penyerbukan pada bunga pelikan. Saat lalat membantu penyerbukan, bunga ini akan menjadi betina.

Tetapi keesokan harinya, bunga akan berubah jenis kelamin. Tanaman yang sekarang jantan, menyimpan serbuk-serbuk tersebut. Jika sudah disimpan, bau busuk bunga pelikan akan menghilang, dan lalat akan dibiarkan keluar.

4. Dijadikan hiasan

5 Fakta Menarik Bunga Pelikan, Tanaman Unik Obat Penawar Gigitan UlarBunga Pelikan (https://www.instagram.com/vit0212/)

Saat selesai proses penyerbukan, bau menyengat dari bunga pelikan menjadi hilang. Oleh karena itu, masih banyak orang yang menjadikan bunga pelikan sebagai tanaman hias.

Selain karena bentuknya yang unik dan cantik, bunga ini juga berfungsi untuk menarik kupu-kupu. Membuat taman rumah menjadi indah karena banyak kupu-kupu berterbangan.

5. Obat penawar gigitan ular

5 Fakta Menarik Bunga Pelikan, Tanaman Unik Obat Penawar Gigitan UlarBunga Pelikan (https://www.instagram.com/plantcetera/)

Bunga pelikan juga memiliki banyak sekali kegunaan. Salah satunya yaitu adalah sebagai antibiotik.

Selain itu, sari bunga pelikan digunakan oleh tabib tradisional di Colombia untuk mengobati gigitan ular. Konon katanya itu cukup ampuh sebagai penawar gigitan ular.

Bunga pelikan ternyata banyak menyimpan fakta-fakta menarik ya. Mulai dari bentuknya yang unik, baunya yang kurang sedap, dan kegunaannya yang ternyata banyak.

Baca Juga: 7 Hewan yang Kebal terhadap Bisa Ular, Punya Penawar Racun Alami

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya