Comscore Tracker

Untuk Semua Orang, Ini 7 Cara Atasi Stres Pasca Pemilu Agar Tidak Gila

Apalagi kalau kamu atau jagoanmu kalah pemilu

Stres pasca pemilu atau post election disorder (PESD) merupakan respons terhadap pemilu yang biasanya terjadi pada calon pemimpin yang gagal terpilih dan tidak siap menerima kekalahan, atau bisa juga terjadi pada pendukung calon pemimpin tersebut yang telanjur sangat fanatik. Meski wajar terjadi, akan tetapi jangan sampai permasalahan ini menganggu kamu dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Karena itu, coba beberapa cara berikut ini untuk mengatasi stres pasca pemilu.

1. Berkumpul bersama keluarga

Untuk Semua Orang, Ini 7 Cara Atasi Stres Pasca Pemilu Agar Tidak Gilaserenitymaliburehab.com

Salah satu cara efektif untuk mengatasi stres pasca pemilu adalah berkumpul bersama keluarga dan meminta dukungan. Sebab, dukungan dari keluarga merupakan obat yang paling mujarab dalam mengatasi rasa sedih, kecewa, dan stres yang menyerang.

2. Meluangkan waktu sendiri

Untuk Semua Orang, Ini 7 Cara Atasi Stres Pasca Pemilu Agar Tidak Gilacollective-evolution.com

Me time atau melakukan sejumlah kegiatan positif seorang diri, seperti: jalan santai di pagi hari, pergi ke mall, beribadah, dan sebagainya merupakan salah satu cara efektif untuk mengembalikan mood dan gairah pasca pemilu. Hal ini karena kamu juga perlu meluangkan waktu untuk menyendiri sebagai cara diri kembali tenang.

3. Traveling

Untuk Semua Orang, Ini 7 Cara Atasi Stres Pasca Pemilu Agar Tidak Gilastudentuniverse.com

Bepergian atau traveling ke suatu tempat seperti pantai atau destinasi wisata lainnya dinilai efektif untuk meredakan rasa stres yang mendalam akibat kalah pasca pemilu. Hal ini karena kegiatan seperti bepergian dapat membantu mengelola stres dan mengembalikan semangat untuk menjalani aktivitas kembali.

Baca Juga: Meski Kuno, 11 Cara Sederhana Ini Sangat Efektif Meredakan Stres, Lho!

4. Olahraga

Untuk Semua Orang, Ini 7 Cara Atasi Stres Pasca Pemilu Agar Tidak Gilamenshealth.com

Stres, kecewa, dan sedih merupakan hal yang muncul secara wajar akibat respons dari apa yang kita harapkan namun tidak dapat terwujud. Namun, berbagai permasalahan tersebut sebaiknya tidak dibiarkan terlalu lama karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satu cara mengatasinya, kamu bisa mencoba untuk berolahraga, baik ringan ataupun berat, untuk meningkatkan kadar endorfin, yakni senyawa yang menghasilkan perasaan senang.

5. Konsumsi vitamin

Untuk Semua Orang, Ini 7 Cara Atasi Stres Pasca Pemilu Agar Tidak Gilashefinds.com

Mengonsumsi vitamin seperti vitamin B dan asam lemak omega 3 yang dapat diperoleh dari minyak hati ikan kod diyakini mampu meningkatkan mood dan mengatasi rasa stres. Selain itu, atur juga asupan makanan yang sehat karena konsumsi makanan seperti junk food yang berlebih dalam keadaan stres dapat memicu munculnya berbagai macam penyakit berbahaya.

6. Berkonsultasi dengan psikiater

Untuk Semua Orang, Ini 7 Cara Atasi Stres Pasca Pemilu Agar Tidak Gilacuinsight.com

Aktivitas konseling dengan psikiater adalah cara mengatasi stres pasca pemilu yang sudah sepatutnya dilakukan. Hal ini karena penanganan medis tersebut didukung oleh dokter ahli dan medium pengobatan yang telah disesuaikan sehingga efektivitas penyembuhannya dapat berjalan lebih baik dan lebih cepat.

7. Ikhlas menerima kekalahan

Untuk Semua Orang, Ini 7 Cara Atasi Stres Pasca Pemilu Agar Tidak Gilamg.co.za

Salah satu penyebab munculnya stres pasca pemilu adalah perasaan tidak menerima kekalahan yang dialami. Oleh karena itu, cara mengatasi stres pasca pemilu yang paling mudah diterapkan adalah ikhlas menerima hasil keputusan yang ada, baik menang ataupun kalah, serta menanamkan mindset 'siap nyaleg, siap kalah'. Dengan begitu kamu akan menjadi lebih tenang dan senantiasa terhindar dari rasa kecewa dan stres.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi stres pasca pemilu yang akan timbul jika kamu tidak bisa menerima kekalahan. Untuk itu, sebelum ikut serta menjadi caleg dalam pemilu atau memutuskan untuk punya jagoan, sebaiknya persiapkan mental terlebih dahulu ya!

Baca Juga: 7 Fakta Post Election Disorder, Gangguan Psikologis Berat Pasca Pemilu

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You