Comscore Tracker

Ini 9 Tanda Terkesan Sepele Bahwa Kamu Alami Depresi, padahal Serius!

Kelamaan depresi bisa menyebabkan gila bahkan kematian

Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami depresi, seperti ketidakseimbangan hormon, faktor lingkungan, dan pengaruh buruk lainnya. Ketika mengalami depresi, seseorang akan cenderung merasakan kesedihan, kegelisahan, cemas yang berlebihan, dan hilangnya rasa ketertarikan pada hal-hal yang disukai.

Jika demikian, sebaiknya perlu kamu ketahui tanda depresi yang muncul untuk mencegahnya menjadi kondisi yang lebih buruk. Apa saja tanda seseorang mengalami depresi? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Mengalami sembelit

Ini 9 Tanda Terkesan Sepele Bahwa Kamu Alami Depresi, padahal Serius!anisoc.com

Sebuah penelitian menunjukkan jika sembelit dan depresi saling berkaitan. Oleh karena itu, jika kamu mengalami masalah sembelit yang membuat frustasi, sebaiknya pertimbangkan untuk berbicara dengan dokter. Sebab, kemungkinan terbesar hal tersebut diakibatkan oleh adanya depresi dalam diri.

2. Jerawat

Ini 9 Tanda Terkesan Sepele Bahwa Kamu Alami Depresi, padahal Serius!hellomagazine.com

Sudah tidak asing lagi jika jerawat dikatakan sebagai tanda seseorang mengalami depresi. Faktanya, depresi dapat melepaskan hormon stres yang mengganggu kerja hormon lain pada tubuh, salah satunya hormon yang memicu suasana hati. Akibatnya, suasana hati yang buruk dan stres akan menimbulkan jerawat di beberapa bagian tubuh.

3. Kulit kering

Ini 9 Tanda Terkesan Sepele Bahwa Kamu Alami Depresi, padahal Serius!perfectbeauty.id

Depresi nyatanya dapat membuat kulit menjadi sangat kering. hal ini karena orang yang mengalami depresi cenderung lebih jarang untuk mengonsumsi air. Akibatnya, kebutuhan air dalam tubuhnya tidak terpenuh dengan baik dan menyebabkan dehidrasi.

4. Berat badan tidak stabil

Ini 9 Tanda Terkesan Sepele Bahwa Kamu Alami Depresi, padahal Serius!cbn.com

Adanya pengaruh hormon buruk pada otak menyebabkan ketidakseimbangan senyawa kimia yang mengakibatkan nafsu makan menurun. Jika sudah demikian, berat badan kamu akan menjadi tidak stabil bahkan cenderung turun secara drastis.

Baca Juga: Apa Saja yang Terjadi pada Otak Saat Seseorang Depresi? Ini Kata Ahli

5. Leher terasa kaku

Ini 9 Tanda Terkesan Sepele Bahwa Kamu Alami Depresi, padahal Serius!medicalnewstoday.com

Banyak orang yang mengalami masalah, stres, hingga depresi akan memiliki gangguan di bagian leher. Biasanya, leher akan terasa kaku akibat adanya kontraksi pada otot.

6. Sakit pinggang

Ini 9 Tanda Terkesan Sepele Bahwa Kamu Alami Depresi, padahal Serius!kevinmd.com

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2015 menyebutkan adanya hubungan antara depresi dengan sakit pinggang. Hal ini karena depresi dapat menyerang sistem saraf, di mana pinggang dan bagian tulang belakang lainnya merupakan pusat dari sistem saraf.

7. Sakit perut

Ini 9 Tanda Terkesan Sepele Bahwa Kamu Alami Depresi, padahal Serius!sickchirpse.com

Depresi ternyata juga bisa menyebabkan sakit perut atau diare yang dipicu oleh irritable bowel syndrome. Tidak hanya itu, beberapa orang yang mengalami depresi juga akan menderita sembelit atau susah buang air besar.

8. Sakit kepala

Ini 9 Tanda Terkesan Sepele Bahwa Kamu Alami Depresi, padahal Serius!rush.edu

Depresi pada dasarnya menyebabkan beberapa otot di sekitar kepala menegang dan menyebabkan munculnya rasa sakit kepala yang tidak tertahankan. Hal ini juga diungkapkan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Pain pada tahun 2004, yang mengatakan jika sakit kepala dan depresi sangat berhubungan erat. Di mana kamu akan merasakan sakit di bagian kepala ketika sedang mengalami depresi.

9. Menderita psoriasis

Ini 9 Tanda Terkesan Sepele Bahwa Kamu Alami Depresi, padahal Serius!nydailynews.com

Psoriasis adalah kondisi kulit kronis yang ditandai dengan bercak-bercak kulit bersisik berwarna merah-perak. Masalah kulit ini biasanya muncul sedikit demi sedikit hingga menutupi seluruh tubuh. Jika gejala tersebut mulai terjadi sebaiknya segera periksakan diri kamu ke dokter agar kondisinya tidak semakin memburuk.

Depresi bisa terjadi pada siapa saja tanpa mengenal umur, jenis kelamin, dan kondisi seseorang. Oleh karena itu, selain memerhatikan kesehatan fisik sebaiknya kamu juga memerhatikan kesehatan mental. Hal ini untuk mendukung hidup yang lebih baik.

Baca Juga: Ini 7 Perbedaan Depresi dengan Sedih Biasa yang Tidak Boleh Diremehkan

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You