Comscore Tracker

8 Fakta tentang Makanan Luar Angkasa yang Harus Kalian Tahu

Gak menyangka ya 

Zaman sekarang menjelajah ke luar angkasa bukanlah hal yang baru. Sudah banyak manusia-manusia yang berhasil melakukan perjalanan ke antariksa lewat pesawat khusus luar angkasa. Orang-orang hebat ini disebut dengan astronot atau antariksawan.

Dalam perjalanannya menetap di luar angkasa, astronot membutuhkan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Tentu saja, mereka juga membutuhkan perbekalan makanan agar tetap hidup. Ingin tahu lebih jauh mengenai makanan yang ada luar angkasa? Simak 8 faktanya di bawah ini.

1. Semua makanan dibungkus dengan kemasan kedap udara

8 Fakta tentang Makanan Luar Angkasa yang Harus Kalian Tahudiscoverspace.org

Pengemasan makanan yang dikirim ke luar angkasa disebut 'pengemasan retort'. Kemasan ini terbuat dari laminasi foil yang membuat makanan kedap udara dan tahan dengan temperatur tinggi.

2. Makanan luar angkasa tidak terlalu berbeda dengan yang kita makan di bumi

8 Fakta tentang Makanan Luar Angkasa yang Harus Kalian Tahucheatsheet.com

Kalian mungkin berpikir para antariksawan ini hanya memakan makanan anti gravitasi atau minum vitamin. NASA membeberkan fakta bahwa makanan mereka juga sama dengan yang kita makan di bumi, contohnya mac & cheese dan pizza.

3. Makanan sejenis kue dan roti tidak diperkenankan

8 Fakta tentang Makanan Luar Angkasa yang Harus Kalian Tahuspoonuniversity.com

Para astronot tidak diperbolehkan memakan roti atau kue. Menurut NASA, remahan kecil makanan ini akan jatuh ke bagian pesawat dengan gravitasi nol dan terjebak di sela-sela ruang tombol, yang mana bisa menjadi masalah besar.

4. Astronot menyukai makanan pedas

8 Fakta tentang Makanan Luar Angkasa yang Harus Kalian Tahupenntoday.upenn.edu

Dilansir dari NASA, di luar angkasa, mulut para astronot tidak menghasilkan banyak saliva atau air liur yang membantu manusia untuk merasakan rasa makanan. Itulah mengapa mereka menyukai makanan pedas karena cita rasanya yang kuat.

Baca Juga: Angkasa dalam Lensa: Cincin Api hingga "Kelelawar" dari Luar Angkasa

5. Makanan disiapkan di 'galley' atau dapur pesawat

8 Fakta tentang Makanan Luar Angkasa yang Harus Kalian Tahunasa.gov

Galley merupakan dapur pesawat yang menjadi tempat makanan disiapkan. Di area ini, terdapat dispenser air dan oven. Dispenser digunakan untuk makanan berjenis rehidrasi, sedangkan oven digunakan untuk memanaskan makanan.

6. Suplemen vitamin D sangat diperlukan

8 Fakta tentang Makanan Luar Angkasa yang Harus Kalian Tahuadn.com

Para astronot jarang terpapar oleh sinar matahari dan memakan buah atau sayur. Sehingga mereka memerlukan suplemen vitamin D untuk tetap sehat.

7. Setiap 6 bulan, ada 9 kontainer makanan yang dikirim untuk para astronot

8 Fakta tentang Makanan Luar Angkasa yang Harus Kalian Tahuspoonuniversity.com

Perbekalan makanan astronot dikirim 6 bulan sekali dengan jumlah 9 kontainer yang berisi makanan segar dan makanan favorite mereka. Kalau beruntung, kontainer tersebut juga bisa berisi makanan yang diberikan oleh keluarga para astronot.

8. Astronot dapat memilih menu makanan 5 bulan sebelum penerbangan

8 Fakta tentang Makanan Luar Angkasa yang Harus Kalian Tahuastroblog.cosmobc.com

NASA memaparkan bahwa para astronot bisa memilih berbagai jenis makanan dan minuman sebagai menu. Pemilihan menu makanan ini dilakukan 5 bulan sebelum penerbangan. Setelah itu, dilakukan analisis mengenai apakah makanan tersebut memenuhi standar nutrisi atau tidak.

Itulah beberapa fakta mengenai makanan para astronot di luar angkasa sana. Semoga informasi ini menambah lebih pengetahuan kamu mengenai dunia antariksa.

Baca Juga: 7 Hal Misterius yang Pernah Terjadi di Luar Angkasa Pt.2 

Maghfirah Nur Padila Photo Verified Writer Maghfirah Nur Padila

2000

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya