Comscore Tracker

5 Fakta Armadillo, si Penggali Tanah yang Bentuk dan Perilakunya Unik

Mamalia yang hidup dan berburu di tanah

Armadillo merupakan hewan darat bercangkang keras yang populasinya hanya hidup di beberapa wilayah bagian Amerika. Sebagian orang mengira hewan kecil ini termasuk spesies hewan reptil, karena sepintas wujudnya yang unik mirip reptil.

Hampir tidak pernah ditemui di wilayah Indonesia, mungkin membuat rasa penasaran bagi orang yang baru melihat sepintas dari gambarnya. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, akan digali beberapa fakta mengenai hewan ini. Yuk, simak lebih lanjut beberapa fakta mengenai Armadillo si penggali tanah yang bentuk dan perilakunya unik ini.

1. Preferensi habitat Armadillo sangat luas

5 Fakta Armadillo, si Penggali Tanah yang Bentuk dan Perilakunya UnikArmadillo (instagram.com/ohmygoat1)

Hewan kembaran trenggiling ini sangat jarang ditemui di Indonesia, bahkan di Asia. Walaupun rupanya hampir mirip, Armadillo tidak seperti Trenggiling yang cocok hidup di iklim tropis Asia dan Afrika.

Dilansir Animals Network preferensi habitat Armadillo cukup luas. Beberapa spesies Armadillo hidup di daerah tanah lembab, di sekitar sungai, padang rumput terbuka, semak belukar, hutan dataran rendah, dan hujan tropis.

2. Punya bentuk unik dan termasuk hewan mamalia

5 Fakta Armadillo, si Penggali Tanah yang Bentuk dan Perilakunya UnikArmadillo (instagram.com/danieldegranville)

Armadillo memiliki kulit yang bersisik, berekor panjang, bermata kecil, moncong runcing, dan berkuku panjang sebagai ciri uniknya. Hewan kecil kasar ini termasuk berdarah panas, lho, dan juga memiliki rambut halus di tubuhnya.

Karena Armadillo memiliki cangkang, mungkin kamu akan mengira hewan ini bukan termasuk spesies mamalia. Dilansir National Geographic Armadillo merupakan satu-satunya mamalia hidup yang memakai cangkang di tubuhnya.

Baca Juga: 6 Wisata Eksotis Terbaik untuk Pecinta Satwa Liar di Indonesia

3. Bisa melompat

5 Fakta Armadillo, si Penggali Tanah yang Bentuk dan Perilakunya UnikArmadillo (instagram.com/carlosguille42)

Selain mirip seperti hewan jenis reptil, ruang gerak Armadillo ini ternyata persis seperti trenggiling yang aktivitasnya banyak dilakukan di tanah. Walaupun demikian, Armadillo ini memiliki perilaku unik, lho, yakni bisa melompat dalam kondisi tertentu.

Dilansir Animals Network saat ketakutan Armadillo akan melompat ke udara, walaupun hanya mencapai ketinggian tiga atau empat kaki. Saat mobil melintas, hewan ini berdalih ingin melarikan diri dengan melompat, tapi kebanyakan malah terlindas karena lompatannya yang tidak begitu tinggi.

4. Berburu makanan dengan menggunakan indra penciumannya

5 Fakta Armadillo, si Penggali Tanah yang Bentuk dan Perilakunya UnikArmadillo (instagram.com/moens.michael)

Walaupun memiliki kuku panjang yang melengkung, tetapi itu bukan sebagai alat untuk membunuh mangsanya. Dengan perilaku uniknya yang memanfaatkan indra penciuman, hewan ini bisa mendapatkan mangsanya yang bersembunyi di lubang tanah ataupun di semak-semak.

Pada waktu malam hari Armadillo memiliki penglihatan yang cukup buruk. Hal tersebut membuat mereka hanya menggunakan bantuan indra penciuman untuk mencari makanan. Makanan hewan ini berupa rayap, semut, serangga kecil lainnya, bangkai hewan, dan lainnya.

5. Tidak suka hidup dalam segerombolan besar

5 Fakta Armadillo, si Penggali Tanah yang Bentuk dan Perilakunya UnikArmadillo (instagram.com/dallaszoo)

Armadillo hidup di liang tanah yang mereka buat, dan uniknya lagi satu liang hanya untuk diri mereka sendiri. Mereka juga tidak suka hidup dan berinteraksi dalam segerombolan besar.

Mereka hanya bisa membentuk koloni kecil, tapi mereka lebih suka menghabiskan waktunya dengan sendiri. Saking sendirinya mereka tidak banyak interaksi dengan sesamanya dan lebih banyak menghabiskan waktu puluhan jam untuk tidur di liang tanah. Sisa waktunya hanya untuk berburu makanan. 

Dengan keunikan bentuk dan perilakunya tersebut hewan ini bisa bertahan hidup di populasinya. Itulah beberapa fakta Armadillo, si penggali tanah yang bentuk dan perilakunya unik

Baca Juga: 10 Pesona Desa Wisata Tipang, Perpaduan Wisata Alam dan Sejarah

Mardiansyah Saputra Photo Verified Writer Mardiansyah Saputra

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat! IG: Mard.Saputra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya