Comscore Tracker

5 Tipe Polar Night, Fenomena Alam di Bumi Bagian Utara

Siang hari pun akan terasa gelap, seperti malam hari loh!

Fenomena Polar Night adalah fenomena alam yang biasa terjadi di sekitar kutub utara. Ketika Polar Night terjadi, bumi bagian utara tidak akan mendapatkan sinar matahari selama 65 hari. Di bumi bagian utara fenomena ini biasanya terjadi di bulan November, dan akan berakhir di bulan Januari.

Fenomena Polar Night juga dirasakan oleh penduduk di kota-kota yang letaknya dekat dengan kutub utara bumi, misalnya saja di Alaska, Islandia, Norwegia, Finlandia, Greendland, dan beberapa kota di Rusia. Ketika Polar Night sedang terjadi, maka tempat-tempat yang terkena efeknya akan tetap gelap walaupun di siang hari.

Polar Night sendiri ternyata bisa dibagi menjadi lima tipe berikut ini.

1. Polar Twilight

5 Tipe Polar Night, Fenomena Alam di Bumi Bagian Utarasci-news.com

Polar Twilight biasa terjadi di perbatasan bagian dalam lingkaran kutub. Ketika Polar Twilight sedang berlangsung, matahari akan berada kurang dari 6 derajat di bawah cakrawala. Selama terjadinya periode Polar Twilight, keadaan di luar rumah tidak terlalu gelap sehingga para penduduk masih bisa beraktifitas diluar rumah.

2. Civil Polar Night

5 Tipe Polar Night, Fenomena Alam di Bumi Bagian Utarawallpapers13.com

Civil Polar Night biasanya terjadi ketika matahari berada pada 0 derajat, hingga 6 derajat di bawah cakrawala. Di wilayah Svalbard, Norwegia, Civil Polar Night biasa terjadi pada tanggal 11 November hingga 30 Januari. Sedangkan di Pond Inlet, Kanada, fenomena ini biasa terjadi pada tanggal 16 Desember hingga 26 Desember. Dan beberapa wilayah di Rusia, biasa mengalami fenomena ini selama satu bulan penuh.

Baca Juga: 7 Hal Unik Ini Terjadi Saat Polar Vortex, Suhu Ekstrem Di Amerika

3. Nautical Polar Night

5 Tipe Polar Night, Fenomena Alam di Bumi Bagian Utarascienceabc.com

Selama terjadinya Nautical Polar Night, tidak akan ada siang hari. Matahari berada pada titik lebih dari 12 derajat di bawah cakrawala. Sehingga siang hari akan gelap seperti malam hari. Kawasan paling utara di Kanada, mengalami fenomena ini dari tanggal 19 November hingga 22 Januari. Kawasan Greenland mengalami Nautical Polar Night pada 15 November hingga 27 Januari, sedangkan Norwegia mengalaminya pada pertengahan hingga akhir Desember.

4. Astronomical Polar Night

5 Tipe Polar Night, Fenomena Alam di Bumi Bagian Utaravisitmurmansk.info

Astronomical Polar Night adalah periode yang terjadi, ketika matahari berada pada titik 12 derajat hingga 18 derajat di bawah cakrawala. Pada masa ini maka hari akan terasa seperti malam terus menerus, dan kondisi ini biasanya berlangsung tanggal 13 November hingga 29 Januari. Atau kurang lebih selama 11 minggu. Sedangkan kutub selatan mengalami hal ini pada tanggal 11 Mei, hingga 1 Agustus.

5. Polar Sun Cycle

5 Tipe Polar Night, Fenomena Alam di Bumi Bagian Utaranorwaytravelguide.no

Polar Sun Cycle atau siklus matahari kutub biasanya dipakai para pengamat untuk mendefinisikan hari. Ketinggian maksimal matahari pada waktu siang hari, dihitung sampai pada periode berikutnya, maka itulah Polar Sun Cycle. Dan itu akan menjadi satu tahun hitungan bumi.

Malam hari yang panjang, gelap, dan berlangsung sangat lama, ternyata bukan cuma ada di film saja. Polar Night merupakan fenomena alam yang nyata dan sungguh ada di bumi ini. Tapi sayangnya, kita yang tinggal di Indonesia tidak akan pernah merasakannya.

Baca Juga: 7 Fakta Tentang Aurora Borealis, Cahaya Cantik di Langit Utara

Ayana Photo Verified Writer Ayana

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You