Comscore Tracker

Unik, Begini Sejarah Kacamata Hingga Jadi Penunjang Gaya Masa Kini!

Bentuknya lucu-lucu lho

Kacamata dengan berbagai fungsi, siapa sih yang gak punya. Hampir seluruh manusia di muka bumi ini sudah menggunakan alat optik ini, tak hanya sebagai alat bantu penglihatan, sekarang ini kacamata sudah menjadi aksesoris wajib untuk gaya di dunia. Bahkan yang tidak memiliki gangguan penglihatan pun menggunakannya sebagai penunjang penampilan.

Siapa yang tahu kalau kacamata yang jadi trend sekarang ini pernah dipakai pada zaman dahulu bahkan sebelum masehi. Yuk intip perkembangannya sampai jadi kacamata icon style dunia.

1. Inuit Snow Goggles

Unik, Begini Sejarah Kacamata Hingga Jadi Penunjang Gaya Masa Kini!www.historymuseum.ca

Kacamata ini biasa dipakai oleh orang-orang Inuit di Arktik untuk mencegah kebutaan saat berburu. Sinar ultraviolet yang memantul ke salju bisa menyilaukan dan menyakitkan karena retina akan terbakar olehnya.

Hal itu akan sangat mengganggu proses berburu dan penglihatan. Kacamata ini biasa dibuat dari tulang atau gading, namun ada juga yang menggunakan kayu sebagai bahan pembuatnya. Bagian luarnya digosokkan dengan bubuk mesiu yang dicampur dengan minyak. Snow Goggles ini bisa dibilang sebagai kacamata pertama yang pernah dibuat.

2. Emerald (Emperor Nero)

Unik, Begini Sejarah Kacamata Hingga Jadi Penunjang Gaya Masa Kini!viola.bz

Batu emerald pertama kali digunakan oleh kaisar roma yaitu Emperor Nero. Nero selalu menggunakan emerald atau batu permata cekung untuk membaca hingga menonton pertunjukan gladiator. Di Indonesia batu emerald biasa disebut batu zamrud.

3. Spectacle peddlers

Unik, Begini Sejarah Kacamata Hingga Jadi Penunjang Gaya Masa Kini!www.openculture.com

Kacamata pertama dibuat dari dua lensa yang dihubungkan dengan logam besi sebagai pengaitnya. Kebutuhan dan penggunaan akan kacamata semakin meningkat, hal ini menimbulkan banyak efek samping, salah satunya dapat melukai hidung karena penggunaannya yang terus menerus. Masalah ini diselesaikan dengan memberi pita sutra atau string ke bingkai yang melingkari telinga pengguna.

4. Monocles

Unik, Begini Sejarah Kacamata Hingga Jadi Penunjang Gaya Masa Kini!pixabay.com/couleur

Monocles adalah jenis lensa korektif yang digunakan untuk membantu  penglihatan hanya dengan satu mata saja. Monocles sendiri terdiri dari lensa yang dikelilingi cincin kawat dan dilampirkan ke tali atau kawat. Ujung benang kemudian dihubungkan ke pakaian pengguna untuk menghindari kehilangan monocles. Pada abad ke-19 sampai abad ke-20, monocles biasa dikaitkan dengan pria kelas atas yang kaya raya sebagai style wajib mereka. Monocles ini biasa dikombinasikan dengan mantel sejuk dan topi.

Baca Juga: 9 Gejala Gangguan Penglihatan, Mungkin Sudah Saatnya Pakai Kacamata!

5. Lorgnettes

Unik, Begini Sejarah Kacamata Hingga Jadi Penunjang Gaya Masa Kini!howtospendit.ft.com

Lorgnettes berasal dari bahasa Perancis yaitu “ lorgner” Prancis. Lorgnettes adalah sepasang kacamata dengan pegangan yang digunakan untuk menahannya. Kacamata ini dipopulerkan oleh George Adams ketika ia merancang sebuah kasus singkat, designnya dipermudah agar bisa disimpan dalam saku. Pada abad ke-19, lorgnette biasa digunakan sebagai perhiasan. Berbanding terbalik dengan monocles yang banyak dipakai pria kelas atas, lorgnettes ini banyak disukai oleh wanita modis kelas atas.

6. Sunglasses

Unik, Begini Sejarah Kacamata Hingga Jadi Penunjang Gaya Masa Kini!unsplash.com/Annie Theby

Sunglasses atau kacamata hitam pertama kali diperkenalkan pada tahun 1930an, kacamata ini digunakan sebagai fashion item diantara para aktor dan aktris untuk melindungi mata mereka dari cahaya lampu studio yang menyilaukan. Sebenarnya kacamata hitam ini dirancang untuk mencegah ultra violet dari sinar matahari masuk dan merusak mata kita.

Namun karena banyaknya minat akan kacamata hitam ini, produksinya semakin meningkat dan banyak digunakan sebagai fashion item yang banyak digandungi oleh berbagai kalangan.

7. Contact lenses

Unik, Begini Sejarah Kacamata Hingga Jadi Penunjang Gaya Masa Kini!Unsplash.com/Dhruv Weaver

Contact lenses adalah salah satu dari sketsa kacamata yang langsung dipakai pada bola mata. Pada tahun 1960an contact lenses berkembang dan dibuat dengan bahan Hydrogel yang di temukan oleh ahli kimia dari Ceko bernama Otto Wichterlle dan Drahoslav Lim. Selain digunakan sebagai alat optic sekarang ini contact lenses juga digunakan sebagai alat cosmetic dan fashion item masa kini.

Dikembangkan dengan berbagai pola dan warna, contact lenses menjadi hal wajib yang digunakan sebagai pelengkap kecantikan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan contact lenses ini, salah satunya kebersihan contact lenses yang benar-benar harus dijaga. Karena alat ini sangatlah sensitive apalagi berkaitan langsung dengan bola mata. Bisa-bisa nambah penyakit lho.

Nah, gimana sudah tahu kan sejarah kacamata yang biasa kita pakai sekarang

Baca Juga: Ketahui 9 Tanda Sudah Waktunya Kamu Menggunakan Kacamata, Jangan Tunda

Marlina syaikhu Photo Community Writer Marlina syaikhu

Make It, Do It and Enjoy what you Think. Just to be creative

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You