Comscore Tracker

5 Fakta tentang Bintang yang Wajib Kamu Ketahui

Uji pengetahuan kamu tentang bintang

Bintang adalah salah satu benda langit yang sangat indah dipandang di langit malam yang cerah. Bintang-bintang tersebut memiliki susunan yang unik dan kadang membentuk formasi yang sangat kita kenal. Kadang, bintang yang kita lihat tidak hanya berwarna putih, tetapi ada yang berwarna merah, biru, dan oranye. Bintang yang kita lihat juga seperti lampu disko yang kelap-kelip menghiasi langit.

Akan tetapi, apakah kamu tahu jika bintang yang kita lihat selama ini menyimpan fakta yang sangat berbeda dari yang kita lihat dengan mata kita? Berikut ini adalah 5 hal tentang bintang yang wajib untuk kamu ketahui.

1. Benarkah bintang kelap-kelip seperti lampu hias?

5 Fakta tentang Bintang yang Wajib Kamu Ketahuipexels.com/aloismoubax

Bintang adalah benda langit yang terdiri atas hidrogen, helium, dan unsur-unsur lainnya. Bintang ada yang memiliki cahaya sendiri dan ada yang hanya memantulkan cahaya dari bintang lain. Cahaya bintang yang kamu lihat dari bumi mungkin berjarak puluhan tahun cahaya ke bumi. Cahaya bintang tersebut melewati lapisan-lapisan atmosfer bumi dan terbiaskan oleh atmosfer karena adanya perbedaan suhu dan kepadatan atmosfer bumi. Oleh karena itu,  kamu melihat bintang-bintang tersebut seperti berkelap-kelip di langit malam.

2. Mengapa bintang-bintang memiliki warna yang berbeda?

5 Fakta tentang Bintang yang Wajib Kamu Ketahuipexels.com/punchbrandstock

Ketika kamu melihat cahaya bintang di langit, warna apakah yang paling sering kamu lihat? Mungkin sebagian besar akan menjawab bahwa warna putih adalah warna yang paling sering terlihat. Apakah kamu tahu jika bintang-bintang di langit memiliki 7 kelas yang akan menghasilkan warna yang berbeda? Klasifikasi bintang tersebut berdasarkan kemampuan bintang untuk menyerap hidrogen. Dikutip dari laman Info Astronomy, bintang dibagi, ketujuh klasifikasi tersebut disebut dengan Oh Be A Fine Girl Kiss Me. 

Bintang yang berwarna biru (Kelas O) memiliki suhu yang lebih tinggi dari pada bintang berwarna biru-putih (Kelas B). Bintang Kelas B memiliki suhu yang lebih panas dibandingkan dengan bintang Kelas A yang berwarna putih. Bintang yang berwarna merah di Kelas M adalah bintang suhunya paling rendah dibandingkan dengan bintang lainnya. Sangat unik, bukan?

3. Apakah bintang berbentuk segi lima?

5 Fakta tentang Bintang yang Wajib Kamu Ketahuipexels.com/weekendplayer

Ketika kamu diminta untuk menggambarkan satu gambar bintang, kamu pasti menggambarkan bentuk segi lima, seperti potongan buah belimbing. Para peneliti menyatakan bahwa bentuk bintang tidak segi lima, tetapi berbentuk bulat.

Lalu, apakah yang menyebabkan kita melihat jika bintang tersebut berbentuk segi lima? Dikutip dari Berita Astronomi, difraksi adalah penyebab cahaya bintang yang kita lihat berbentuk segi lima yang memiliki ujung yang lancip.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Sirius A, Bintang Paling Bersinar di Jagat Raya

4. Apakah bintang di langit tidak pernah bergerak?

5 Fakta tentang Bintang yang Wajib Kamu Ketahuivisualhunt.com/unsplash

Bumi berotasi pada sumbunya dan bumi mengelilingi matahari. Akibatnya, kita seakan-akan melihat jika matahari yang mengelilingi bumi. Hal yang sama tidak berlaku untuk bintang karena setiap kita melihat langit malam selama bermenit-menit, bintang-bintang tersebut seakan-akan tidak pernah bergerak dari tempatnya. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi?

Sebenarnya, bintang-bintang di langit selalu bergerak setiap saat. Akan tetapi, kita melihat jika bintang-bintang tersebut tidak pernah bergerak dari tempatnya. Apakah penyebabnya? Dikutip dari Info Astronomy, bintang-bintang bergerak sangat lambat. Gerakan yang sangat lambat tersebut tidak terdeteksi oleh mata manusia karena jarak bintang dan bumi yang sangat jauh. Itulah penyebab seakan-akan bintang terlihat tidak pernah bergerak di langit malam.

5. Kenapa ada rasi bintang?

5 Fakta tentang Bintang yang Wajib Kamu Ketahuipexels.com/nathan-moore-1300563

Kamu pasti mengetahui nama-nama rasi bintang. Akan tetapi, apakah kamu tahu sejarah kemunculan rasi bintang tersebut?

Bintang adalah benda langit yang bergerak sangat lambat. Ditambah dengan jaraknya yang jauh dari bumi serta rotasi dan revolusi bumi, kita melihat bintang-bintang di langit tidak pernah bergerak.

Di zaman dulu yang belum ada teknologi teropong dan jam sebagai penanda waktu dan musim, nenek moyang kita mengamati langit dan melihat pola bintang dengan mata telanjang. Untuk mempermudah mereka mengenali bintang-bintang di langit yang kelihatannya tidak pernah bergerak, mereka menciptakan pola bintang-bintang yang saat ini disebut dengan rasi bintang, seperti Libra, Taurus, dan Pisces.

Baca Juga: 6 Fakta Menakjubkan Supernova, Akhir Riwayat Suatu Bintang

Marwa Lydia Photo Writer Marwa Lydia

Don't get it right, just get it written.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya