Comscore Tracker

Kecil tapi Berisik, 5 Serangga Ini Punya Suara yang Bikin Bising!

Ada yang mencapai kekuatan pertunjukan orkestra!

Ada banyak cara seekor serangga dalam mempertahankan diri atau menarik perhatian lawan jenis, bisa dengan berubah warna atau membunyikan suara yang bising. Meski sering terganggu Karena suara mereka yang berisik, hal ini merupakan cara mereka, dalam beradaptasi dengan lingkungan. Berikut di bawah ini, lima serangga yang memiliki suara paling nyaring di dunia!

1. Cicada

Kecil tapi Berisik, 5 Serangga Ini Punya Suara yang Bikin Bising!Pixabay.com/skeeze

Cicada adalah serangga yang memiliki pengeras suara pada tubuhnya yang disebut dengan tymbals. Bagian tubuh yang terdapat di dekat perut ini, ketika digetarkan, akan menghasilkan suara "klik" yang cukup berisik.

Namun, tidak semua Cicada mampu menghasilkan suara yang besar seperti ini. Hanya Cicada jantan saja, yang dapat melakukannya.

2. Lebah

Kecil tapi Berisik, 5 Serangga Ini Punya Suara yang Bikin Bising!Pixabay.com/PollyDot

Kamu tentu pasti sudah tahu kan, bagaimana berisiknya suara dari kawanan lebah yang sedang berkumpul? Pasti sungguh mengganggu dan membuat tubuh bergidik. Lebah merupakan salah satu serangga yang memiliki suara yang cukup berisik. 

Dengungan lebah ini, dapat mencapai frekuensi 248 hz, tergantung dari jenis lebahnya. Dengungan mereka ini, merupakan salah satu tanda, tentang aktifitas apa yang sedang mereka kerjakan.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Undur-Undur, Serangga Kecil yang Ganas Seperti Singa

3. Walang kerik

Kecil tapi Berisik, 5 Serangga Ini Punya Suara yang Bikin Bising!Pixabay.com/Traphitho

Walang kerik atau juga disebut belalang daun, adalah serangga yang dapat suara yang cukup nyaring dan berisik. Di Indonesia, belalang ini sering dijadikan makanan burung Beo, karena dipercaya, dapat menambah suara burung Beo agar lebih keras. Serangga ini, memiliki kemampuan mimikri yang sangat baik, karena bentuk tubuhnya yang menyerupai daun sungguhan.

4. Jangkrik

Kecil tapi Berisik, 5 Serangga Ini Punya Suara yang Bikin Bising!Pixabay.com/bubblejuice

Jangkrik adalah serangga penanda pergantian musim. Serangga ini, sering mengeluarkan bunyi yang cukup kencang, saat menjelang malam atau setelah habis hujan. Jangkrik juga biasa, dijadikan pakan burung atau unggas lainnya.

5. Micronecta scholtzi

Kecil tapi Berisik, 5 Serangga Ini Punya Suara yang Bikin Bising!Commons.wikimedia.org

Namanya memang cukup sulit untuk diucapkan dan asing di telinga. Serangga kecil ini, memiliki ukuran yang cukup mini yaitu 2 milimeter dan tinggal di air. Kemampuan serangga ini dalam menghasilkan suara yang bising, ditemukan pertamakali lewat sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan dari negara Perancis dan juga Skontlandia.

Meski memiliki ukuran yang kecil, jangan tanya seberapa besar suara  yang dapat dihasilkannya, karena cukup besar yakni, mampu mencapai 99,2 desibel atau setara dengan sebuah pertunjukan orkestra.

Nah! Sekian dulu pembahasan tentang lima serangga kecil yang memiliki suara yang nyaring. Semoga informasi diatas, dapat menambah pengetahuanmu!

Baca Juga: Beda dengan Serangga Lainnya, Ini Fakta 5 Serangga yang Hidup di Air

Maya Andita Photo Verified Writer Maya Andita

Trust me! I am not muggle IG: @anditamaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya