Comscore Tracker

7 Perhiasan yang Sering Digunakan Ratu Elizabeth II, Harganya Selangit

Siapa yang berhak setelah Ratu Elizabeth meninggal?

Elizabeth Alexandra Mary atau lebih dikenal dengan Ratu Elizabeth II telah menghembuskan napas terakhirnya pada Kamis (8/9/2022) lalu. Semasa hidupnya, Ratu Inggris Raya yang telah berkuasa sejak tahun 1952 tersebut selalu mengenakan perhiasan yang ikonik dalam berbagai kesempatan, apakah itu tiara berlian yang memesona atau anting-anting mutiara sederhana.

Ratu Elizabeth memiliki kotak perhiasan yang bernilai puluhan juta pound sterling. Koleksi Ratu Elizabeth II mencakup koleksi kerajaan dan koleksi pribadi. Dilansir Page Six, ahli berlian dari toko perhiasan Steven Stone mengatakan kepada Daily Mail dalam sebuah wawancara, bahwa sepotong  berlian, bros Cullinan III dan IV misalnya, nilainya diperkirakan mencapai 50 juta pound sterling.

Seperti apa koleksi perhiasan ratu yang meninggal di usianya yang ke-98 tahun tersebut, mari kita simak rangkumannya.

Baca Juga: 9 Fakta Perjalanan Hidup Ratu Mary, Nenek Ratu Elizabeth II 

1. Tiara The Girls of Britain and Ireland merupakan tiara indah hadiah pernikahan dari sang nenek, Ratu Mary

7 Perhiasan yang Sering Digunakan Ratu Elizabeth II, Harganya SelangitRatu Elizabeth II (thecourtjeweller.com)

Tiara The Girls of Britain and Ireland adalah tiara favorit yang paling sering digunakan oleh Ratu Elizabeth II dalam perhelatan-perhelatan resmi kerajaan. Ratu Elizabeth II juga mengenakan tiara tersebut pada foto resmi pertamanya yang diambil pada hari kedua puluh setelah kematian sang ayah, Raja George VI. Selain itu, tiara tersebut juga muncul pada koin, uang kertas, dan perangko Inggris.

Tiara tersebut awalnya dimiliki oleh Puteri Mary of Teck yang merupakan putri dari salah satu sepupu Ratu Victoria, Putri Mary Adelaide, Duchess of Teck. Pada awal 1980an, Mary of Teck bertunangan dan menunggu hari pernikahannya dengan calon pewaris takhta, Duke of Clarence and Avondale, Pangeran Albert Victor.  Namun, hanya beberapa minggu setelah pertunangan diumumkan secara resmi oleh kerajaan, sang pangeran meninggal dunia karena menderita influenza.  Otomatis, takhta jatuh ke tangan adiknya, yaitu Duke of York, Pangeran George.

Pangeran George awalnya jatuh cinta pada salah satu sepupunya, Puteri Marie of Edinburgh. Tetapi, Puteri Marie lebih memilih pewaris takhta Romania sebagai belahan hatinya. Pada tahun 1893, sesuai dengan harapan banyak orang,  Pangeran George melamar tunangan mendiang kakaknya, Puteri Mary of Teck. May, panggilan akrab Puteri Mary menerima lamaran tersebut. Pasangan tersebut menikah pada 6 Juli 1893 di Gereja Royal, Istana Saint James.

Dari sekian banyak kado pernikahan yang diterima Puteri Mary di hari pernikahannya, salah satunya adalah TiaraThe Girls of Britain and Ireland  yang dipersembahkan sekelompok gadis yang berasal dari Inggris dan Irlandia. Kelompok yang dipimpin  Lady Eva Greville tersebut mengumpulkan uang untuk pembuatan tiara yang terdiri dari empat belas mutiara yang diatur pada emas dan perak dengan desain festoon dan fleur-de-lis tersebut.

Ketika Raja George naik takhta pada tahun 1910, Ratu Mary mengenakan tiara tersebut di salah satu foto resmi pertamanya. Pada tahun 1914, Ratu Mary memberikan sedikit perubahan pada tiara tersebut. Ia meminta Garrard untuk melepas empat belas mutiara dari bagian atas tiara dan menggantinya dengan tiga belas berlian berkilauan.

Pada saat Ratu Elizabeth II menikahi Pangeran Philip of Greece and Denmark pada tahun 1947, Ratu Mary memberikan mutiara tersebut kepadanya sebagai hadiah pernikahan. Oleh karena itulah, Ratu Elizabeth II menyebutnya Grannie Tiara atau Tiara Nenek dan ia mengenakannya di awal-awal menjadi ratu.

2.  Tiara The Grand Duchess Vladimir yang selamat dari revolusi

7 Perhiasan yang Sering Digunakan Ratu Elizabeth II, Harganya SelangitRatu Elizabeth II (instagram.com/theroyalfamily)

Tiara The Grand Duchess Vladimir  juga merupakan tiara favorit Ratu Elizabeth II. Ia mengenakannya pada foto resmi dan pertemuan penting dengan tokoh-tokoh dunia, seperti Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, dan paus.

Tiara The Grand Duchess Vladimir  memiliki sejarah yang panjang. Awalnya, tiara tersebut dimiliki oleh permaisuri dari Grand Duke Vladimir Alexandrovich of Russia, Grand Duchess Maria Pavlovna of Russia, yang merupakan dinasti kekaisaran terakhir yang berkuasa di Rusia. Berdasarkan Royal Collection Trust, Duchess Vladimir mendapatkan tiara tersebut sebagai kado pernikahannya pada tahun 1874 yang dibuat oleh Court Jeweller, Bolin.

Konon, setelah terjadi revolusi, ia meninggalkan Rusia dan membawa hanya beberapa dari hartanya. Sementara, sebagian besar hartanya masih tersimpan di tempat rahasia di Istana Vladimir. Sementara itu, berbagai macam versi cerita muncul berkenaan dengan bagaimana tiara tersebut pada akhirnya sampai di Inggris.

Sebuah cerita mengatakan, bahwa seorang perwira Inggris yang berpakaian seperti seorang pekerja menyelinap ke dalam istana Vladimir. Ia menyembunyikan semua permata ke dalam tasnya sebelum kabur. Versi cerita lain mengatakan bahwa seorang wanita tua disusupkan ke dalam Istana Vladimir, ia diperintahkan mengumpulkan benda-benda berharga sebelum kabur. Bagaimanapun ceritanya, tiara tersebut sampai ke London, setelah Duchess of Vladimir meninggal, tiara tersebut dilelang untuk menyambung hidup keluarganya.

Nenek Ratu Elizabeth II, Ratu Mary, mengambil tiara tersebut  dan menambahkan lima belas zamrud milik ibunya, Puteri Mary Adelaide. Pada tahun 1988, Ratu Elizabeth II merenovasi bingkainya. 

3. Kalung mutiara tiga untai dan sepasang anting pemberian Ratu Mary

7 Perhiasan yang Sering Digunakan Ratu Elizabeth II, Harganya SelangitRatu Elizabeth II (instagram.com/theroyalfamily)

Perhiasan yang sering dipakai Ratu Elizabeth II berikutnya adalah kalung mutiara tiga untai yang ia kenakan bersamaan dengan anting mutiara milik neneknya, Ratu Mary.

Ratu Elizabeth II sebenarnya memiliki tiga buah kalung mutiara tiga untai yang sangat mirip. Pertama, kado dari kakeknya, Raja George V. Kedua, pemberian Emir Qatar pada kunjungan resminya ke Qatar pada tahun 1979. Ketiga, kalung yang sengaja dibuat sendiri oleh Ratu Elizabeth II.

Baca Juga: 125 Bioskop di Inggris Bakal Tayangkan Pemakaman Ratu Elizabeth II

4. Mahkota turun-temurun yang pertama kali dibuat untuk penobatan Raja George IV

7 Perhiasan yang Sering Digunakan Ratu Elizabeth II, Harganya SelangitRatu Elizabeth II (instagram.com/theroyalfamily)

Mahkota tersebut awalnya dibuat khusus untuk Raja George IV yang akan ia kenakan pada acara penobatannya pada tahun 1820. Mahkota yang terbuat dari perak, emas, berlian, dan mutiara tersebut dipesan oleh George IV dari Rundell and Bridge dengan harga 8.216 pound sterling.  

Setelah Raja George IV meninggal, mahkota tersebut dimiliki oleh saudara iparnya, Ratu Adelaide, yang merupakan istri dari Raja William IV.  Kemudian, mahkota tersebut menjadi koleksi dan dikenakan setiap ratu (baik yang berkuasa maupun permaisuri) pada masanya,  mulai dari Ratu Victoria, Ratu Alexandra, Ratu Mary, Ratu Elizabeth (ibunda dari Ratu Elizabeth II), dan Ratu Elizabeth II. Ratu Elizabeth II mengenakan mahkota tersebut pertama kali di depan publik pada acara penobatannya dan  pembukaan parlemen negara pada tahun 1952.  Jika tradisi berlanjut, kita akan melihat Ratu Camilla mengenakan mahkota tersebut.

5.  Bros Cullinan III dan IV hadiah dari Pemerintah Afrika Selatan, nilainya selangit

7 Perhiasan yang Sering Digunakan Ratu Elizabeth II, Harganya SelangitCullinan III dan Cullinan IV (pagesix.com)

Bros yang yang pertama kali dimiliki Ratu Mary tersebut diwariskan kepada Ratu Elizabeth II dan menjadi salah satu perhiasan favoritnya. Ratu Elizabeth mengenakan bros tersebut di acara-acara kerajaan yang sangat penting, seperti thanksgiving yang diselenggarakan di Katedral Saint Paul pada Juni 2012 lalu. Bros tersebut berasal dari potongan berlian Cullinan yang sangat besar yang ditemukan tambang Premier Nomor 2 Cullinan,  Afrika Selatan, pada tahun 1905.

Pada November 1907, berlian tersebut diserahkan kepada Raja Edward VII. Kemudian, sang raja mengirimnya ke Asscher, Belanda, untuk dipotong. Setelah diproses selama delapan bulan, batu tersebut terbagi menjadi 9 bagian. Dua di antaranya diberikan oleh pemerintah Afrika Selatan sebagai hadiah kepada Ratu Mary, yaitu Cullinan III yang berbentuk menyerupai buah pir (sebesar 94,4 karat) dan Cullinan IV yang berbentuk persegi (sebesar 63,6 karat).

6.  Kalung pernikahan Edinburg, hadiah pernikahan dari sang suami

7 Perhiasan yang Sering Digunakan Ratu Elizabeth II, Harganya SelangitKate Middleton (instagram.com/theroyalfamily)

Perhiasan istimewa Ratu Elizabeth II adalah gelang berlian hadiah pernikahan dari suaminya, Pangeran Philip. Material dari gelang tersebut sebagian adalah berlian Romanov yang diambil dari tiara ibu sang pangeran yang dibongkar kemudian disusun kembali menjadi gelang.

Kate Middleton kedapatan beberapa kali mengenakan gelang tersebut. Mendiang Ratu Elizabeth II meminjamkannya untuk beberapa acara formal.

7. Anting menggantung Ratu Victoria

7 Perhiasan yang Sering Digunakan Ratu Elizabeth II, Harganya SelangitRatu Elizabeth II dan Pangeran Philip (pagesix.com)

Perhiasan indah nan bersejarah lain yang sering dikenakan Ratu Elizabeth II adalah sepasang anting mutiara berbentuk seperti tetesan air mata.  Anting tersebut awalnya merupakan hadiah Pangeran Albert kepada istrinya, Ratu Victoria.

Ratu Elizabeth II mewarisi sifat sang nenek yang mencintai perhiasan, dari sekian banyak koleksinya pasti akan diwariskan kepada salah satu anggota keluarga kerajaan, apakah Camilla Bowles, Kate Middleton, Meghan Markle, atau anggota keluarga kerajaan lainnya. Yuk, kita nantikan siapa yang akan mengenakan perhiasan-perhiasan dengan nilai fantastis tersebut.

Baca Juga: Jenazah Ratu Elizabeth Disemayamkan di Westminster Hall

Melta Aprillia Perdhani Photo Writer Melta Aprillia Perdhani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya