Comscore Tracker

7 Pemberontak Paling Hebat dalam Sejarah, Kisahnya Epik!

Mereka tidak mengenal rasa takut

Sejarah penuh dengan pemberontak yang tidak tinggal diam ketika situasi yang ada merugikan dirinya dan orang-orang di sekitarnya. Baik melawan sistem perbudakan maupun melepaskan diri dari belenggu penjajahan, para pemberontak tidak takut untuk mengorbankan nyawanya demi mencapai tujuan.

Berhasil atau gagal, tujuh pemberontak hebat ini akan selalu diingat, terutama di negara yang merasakan langsung dampak pemberontakan tersebut. Simak faktanya dilansir berbagai sumber!

1. Giuseppe Garibaldi (1807-1882)

7 Pemberontak Paling Hebat dalam Sejarah, Kisahnya Epik!potret Giuseppe Garibaldi (commons.wikimedia.org)

Awalnya menjadi kapten kapal, Giuseppe Garibaldi berpartisipasi dalam pemberontakan untuk menggulingkan pemerintahan Piedmont. Mengutip ThoughtCo, pemberontakan ini mengalami kegagalan sehingga ia terpaksa melarikan diri ke Amerika Selatan.

Gerakan 'Italia Muda' yang bertujuan untuk membebaskan dan menyatukan Italia memang gagal. Akan tetapi, usaha penggulingan pemerintahan Piedmont bukan menjadi akhir perjalanan Giuseppe. Faktanya, ia terlibat dalam gerakan pemberontakan di Brasil dan menjadi pemimpin pasukan Uruguay melawan diktator Uruguay saat itu.

Tahun 1848, Giuseppe kembali ke Italia dan mengambil bagian dalam aksi militer selama revolusi di Italia. Setelah revolusi berakhir pada tahun 1850, ia pergi menuju Amerika Serikat, tetapi kembali di pertengahan 1850-an. Pertempuran terjadi lagi pada tahun 1860 di Sisilia. Giuseppe bersama seribu sukarelawan berhasil menaklukkan pasukan Neapolitan dan pulau tersebut.

Pada akhirnya, Giuseppe berpartisipasi dalam sejumlah kampanye militer dan terpilih menjadi anggota parlemen. Britannica menjelaskan bahwa Giuseppe dikenal luas karena perjuangannya dalam menyatukan Italia Utara dan Italia Selatan.  

2. Spartacus (sekitar 109-71 SM)

7 Pemberontak Paling Hebat dalam Sejarah, Kisahnya Epik!lukisan kematian Spartacus (commons.wikimedia.org/Hermann Vogel)

Informasi terkait latar belakang Spartacus tidak banyak dan sering berlawanan. Yang jelas, Spartacus merupakan gladiator dari Thrace yang memimpin pemberontakan besar melawan pemerintahan Roma.

Pada 73 SM, Spartacus dan beberapa gladiator melarikan diri dari sekolah pelatihan gladiator. Kurang lebih 78 orang berhasil kabur menuju Gunung Vesuvius. Dilansir ThoughtCo, Spartacus, Crixus, Oenomaus, dan Castus menjadi pemimpin kelompok tersebut. Angka anggota kelompok ini kemudian membengkak menjadi lebih dari 70 ribu orang yang merasakan pahitnya perbudakan.

Spartacus terlibat dalam berbagai pertempuran seperti kemenangannya melawan pasukan Gaius Claudius Glaber. Kelompok Spartacus baru mengalami kekalahan saat pasukan Marcus Licinius Crassus berhasil mengepung dan membantai kelompok itu. Perang Budak Ketiga ini diakhiri dengan kekalahan kelompok Spartacus. Jasad Spartacus tidak pernah ditemukan.

3. Zhu Yuanzhang (1328-1398)

7 Pemberontak Paling Hebat dalam Sejarah, Kisahnya Epik!potret Zhu Yuanzhang (history.com)

Jika dilihat dari segi pencapaiannya, Zhu Yuanzhang mungkin menjadi contoh tokoh pemberontak yang paling mengejutkan dalam list ini. Laman History of Yesterday mengungkapkan bahwa Zhu lahir di desa yang miskin. Ia sempat menjadi pengemis yang berkelana dari satu tempat ke tempat lainnya demi meminta makanan. Sudah dapat dipastikan bahwa ia merasakan kesulitan yang dialami banyak rakyat jelata.

Zhu bergabung dengan kelompok pemberontak dan pada tahun 1356, ia menjadi pemimpin yang berhasil menundukkan Nanjing. Setelah memenangkan berbagai pertempuran melawan pasukan Mongol, Zhu menjadi kaisar dengan nama Hongwu (atau Taizu) dan mendirikan Dinasti Ming. Dinasti ini menguasai China sejak 1368 sampai 1644.

Baca Juga: Sesali Penemuan Bom Atom, 8 Fakta J. Robert Oppenheimer

4. Simón Bolívar (1783-1830)

7 Pemberontak Paling Hebat dalam Sejarah, Kisahnya Epik!potret Simón Bolívar (commons.wikimedia.org/Arturo Michelena)

Kisah heroik Simón Bolívar dimulai ketika ia kembali ke Venezuela dari Eropa pada tahun 1807. Ia menemukan masyarakat yang terpecah antara kesetiaan kepada Spanyol dan keinginan untuk merdeka, sebagaimana dicatat ThoughtCo.

Tiga tahun kemudian, masyarakat Caracas mendeklarasikan kemerdekaan sementara dari Spanyol. Saat itu, Simón menjadi suara penting yang mengadvokasi kemerdekaan penuh. Keinginan ini bukan menjadi mimpi, melainkan ambisi Simón yang diperjuangkan.

Ketika Republik Venezuela Pertama jatuh dan Spanyol kembali menjadi penguasa, Simón tidak tinggal diam. Dari akhir tahun 1812 sampai awal 1813, ia melakukan penyerangan terhadap pasukan Spanyol. Tidak lama setelah itu, Simón bergegas mendirikan Republik Venezuela Kedua. Julukan 'El Libertador' atau 'Pembebas' diberikan kepada Simón oleh masyarakat. Mereka juga menjadikan Simón sebagai diktator negara itu. Republik Venezuela Kedua jatuh ketika Simón dikalahkan oleh Tomas Boves.

Setelah kekalahan bertubi-tubi, Simón akhirnya memenangkan sejumlah pertempuran seperti Pertempuran Boyacá dan Pertempuran Carabobo. Menurut National Geographic, ia gagal menyatukan semua negara Amerika Selatan menjadi satu bangsa. Walaupun begitu, kepemimpinannya membantu mendirikan apa yang sekarang menjadi negara Kolombia, Panama, Peru, Ekuador, Bolivia, dan Venezuela.

5. William Wallace (1273-1305)

7 Pemberontak Paling Hebat dalam Sejarah, Kisahnya Epik!potret William Wallace (britannica.com)

Pemberontakan yang dipimpin oleh William Wallace berlangsung tahun 1297. Meskipun kalah jumlah, pasukan William mampu mengalahkan pasukan Inggris di Pertempuran Jembatan Stirling. Oleh karena kontribusinya, ia ditunjuk sebagai Pelindung Skotlandia (Guardian of Scotland) pada tahun 1298.

Sayangnya, pada tahun yang sama, pejuang kebebasan Skotlandia ini dikalahkan dalam Pertempuran Falkirk. Tahun 1305, William ditangkap dan dihukum mati secara brutal dengan alasan pengkhianatan tingkat tinggi. Situs Biography mengatakan bahwa William dipandang oleh orang Skotlandia sebagai martir dan simbol perjuangan kemerdekaan.

6. Toussaint Louverture (1743-1803)

7 Pemberontak Paling Hebat dalam Sejarah, Kisahnya Epik!potret Toussaint Louverture (commons.wikimedia.org/George de Baptiste)

Toussaint Louverture adalah pemimpin dalam Revolusi Haiti. Ketidakpuasan orang-orang yang diperbudak mendorong mereka untuk berkumpul pada 1791 demi mencapai kebebasan. Awalnya Toussaint ragu-ragu untuk ikut terlibat. Setelah beberapa minggu, Toussaint bergabung dalam gerakan melawan orang Eropa.

Ia mempelajari strategi militer secara mandiri dan mengorganisasi masyarakat Haiti menjadi pasukan. Toussaint pun mengajarkan strategi perang gerilya kepada pasukannya. Memasuki tahun 1795, Toussaint makin dikenal karena usahanya dalam memulihkan perekonomian Haiti.

Kematiannya bukan akhir dari Revolusi Haiti. Informasi dari History menunjukkan bahwa Jean-Jacques Desallines selaku tangan kanan Toussaint berhasil meraih kemerdekaan pada tahun 1804, tidak lama setelah kematian Toussaint. Kemerdekaan merupakan hasil usaha banyak pihak yang terlibat. Namun, kepemimpinan Toussaint menjadi dasar bagi pencapaian tersebut.

7. Michael Collins (1890-1922)

7 Pemberontak Paling Hebat dalam Sejarah, Kisahnya Epik!potret Michael Collins (commons.wikimedia.org/Encyclopædia Britannica, Inc.)

Michael Collins merupakan pahlawan dalam perjuangan kemerdekaan Irlandia. Kisahnya berawal ketika ia bekerja sebagai staf di London tahun 1906 sebelum akhirnya kembali ke Irlandia tahun 1916. Ia terlibat dalam pemberontakan Easter Rising. Oleh karena itu, ia ditangkap meskipun nantinya dibebaskan di bulan Desember pada tahun yang sama.

Pahlawan perjuangan ini dikenal luas karena posisinya sebagai direktur intelijen Tentara Republik Irlandia. Ia mengatur beberapa serangan terhadap polisi dan berbagai pembunuhan agen intelijen terkemuka Britania di Irlandia. Dapat dikatakan bahwa Michael menjadi salah satu tokoh yang mengembangkan strategi perang gerilya yang modern.

Perjuangan Michael berakhir ketika penandatanganan perjanjian menjadi penutup dari Perang Kemerdekaan Irlandia dan awal terbentuknya Negara Bebas Irlandia. Namun, masalah belum selesai. Perjanjian ini menimbulkan Perang Saudara Irlandia antara pihak pro dan pihak kontra. Banyak figur publik yang tewas, termasuk Michael yang ditembak mati.

Itulah tujuh pemberontak yang paling hebat dalam sejarah. Tentunya terdapat banyak sekali pemberontak dengan kisah menarik dan pencapaian yang luar biasa. Nah, kamu bisa menuliskan siapa saja tokoh yang berhak untuk masuk dalam list ini lewat kolom komentar.

Baca Juga: 7 Ilmuwan Genius yang Dilupakan Sejarah, Ini Kisahnya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya