Comscore Tracker

Ngeri! 7 Hewan Herbivor Ini Tercatat Pernah Makan Daging

Bukan makan tumbuhan, melainkan daging

Dari kecil, kita sudah diajarkan bahwa makhluk herbivor memakan sayur, makhluk karnivor memakan daging, dan makhluk omnivor dapat memakan keduanya. Informasi tersebut sudah melekat dengan diri kita sampai sekarang.

Ternyata, tercatat bahwa hewan herbivor juga pernah memakan daging. Meskipun terdengar seperti lelucon, terdapat berbagai sumber kredibel yang membuat informasi ini dapat dipercaya. Berikut tujuh hewan herbivor yang pernah makan daging, dilansir Popular Science, Live Science, dan sumber lainnya.

1. Sapi (Bos taurus)

Ngeri! 7 Hewan Herbivor Ini Tercatat Pernah Makan Dagingilustrasi sapi (unsplash.com/Wolfgang Hasselmann)

Meskipun terlihat sebagai hewan yang jinak dan tidak punya ketertarikan untuk makan daging, fakta menunjukkan bahwa sapi juga pernah menyantap daging. Dilansir Smithsonian Magazineterekam seekor sapi yang memakan anak-anak ayam. Ya, hidup-hidup.

Tercatat pula sapi bernama Lal yang diduga telah memakan sebanyak 48 ayam di desa India. Menanggapi hal ini, Darren Naish, ahli paleontologi vertebrata dan ahli ilmu hewan berkata,

"Perilaku Lal kemungkinan didorong oleh kekurangan mineral. Namun, perilaku memakan burung oleh sapi dan rusa mungkin menjadi perilaku yang normal yang baru kami dokumentasikan. Saya juga berpikir bahwa hewan herbivor terkadang belajar secara tidak sengaja bahwa mereka dapat membunuh dan memakan hewan lain. Akibatnya, hal itu menjadi kebiasaan yang dilakukan karena mereka bisa, bukan karena mereka perlu."

2. Rusa (Cervidae)

Ngeri! 7 Hewan Herbivor Ini Tercatat Pernah Makan Dagingilustrasi rusa (unsplash.com/Divide By Zero)

Darren Naish mengatakan bahwa perilaku memakan burung mungkin merupakan sesuatu yang normal bagi seekor rusa. Ternyata, tidak sebatas burung saja, rusa memakan banyak makanan yang sebenarnya bukan merupakan santapan hewan herbivor.

Rusa pernah memakan tulang manusia, ikan, kelelawar, dan kelinci yang mati. Tidak hanya itu, mereka juga memakan mayat rusa lainnya. Sudah makan daging, kanibal lagi!

Dalam studi tahun 1988, Furness mengatakan bahwa aksi memakan daging dilakukan rusa secara sengaja dan kemungkinan didorong oleh kebutuhan kalsium. Konsumsi tulang sering terjadi, begitu juga konsumsi kepala, sayap, dan kaki burung laut. Brutal, ya?

3. Kura-kura darat (Testudinidae)

Ngeri! 7 Hewan Herbivor Ini Tercatat Pernah Makan Dagingilustrasi kura-kura darat (unsplash.com/Dušan veverkolog)

Hewan yang usianya dapat mencapai lebih dari ratusan tahun ini juga memakan daging. Bahkan, ada bukti terbaru yang membuktikan aksi tersebut. Melansir Live Sciencefenomena ini pertama kali dimuat dalam studi pada 23 Agustus 2021.

Dalam studi ini, peneliti menyediakan gambar dan video yang secara eksplisit menunjukkan kura-kura darat yang mendekati anak burung kemudian memakan hewan tersebut hidup-hidup. Kura-kura darat kemudian menelan seluruh tubuh burung itu.

Kura-kura darat adalah hewan yang lambat. Maka dari itu, proses dari mendekati sampai memangsa anak burung itu memakan waktu tujuh menit. Proses pemburuan di atas batang kayu tempat burung itu berada memakan waktu 92 detik.

Baca Juga: Punya Taring Kuat, Hati-hati dengan 5 Hewan Herbivor dan Omnivor Ini

4. Domba (Ovis)

Ngeri! 7 Hewan Herbivor Ini Tercatat Pernah Makan Dagingilustrasi domba (unsplash.com/Monika Kubala)

Di Pulau Rum, Skotlandia, anak burung laut terkadang muncul dengan kondisi kaki terkunyah. Salah satu pelakunya adalah domba. Peneliti mengatakan bahwa hal ini disebabkan tingkat kalsium yang rendah di pulau tersebut. Akhirnya, pilihan makanan hewan berubah.

Melansir International Business Timesdiketahui bahwa beberapa domba di wilayah Inggris tercatat mengunyah telur dan anak burung liar yang bersarang di tanah.

5. Kuda Nil (Hippopotamus amphibius)

Ngeri! 7 Hewan Herbivor Ini Tercatat Pernah Makan Dagingilustrasi kuda nil (unsplash.com/Tim De Pauw)

Salah satu hewan yang paling berbahaya ini tercatat pernah memakan daging. Saat kecil menggemaskan, saat besar buas dan pernah memakan daging, padahal merupakan hewan herbivor. Aneh, bukan?

Peneliti menemukan bukti bahwa kuda nil pernah memakan impala. Mereka juga dikenal sebagai pemakan bangkai dan kuda nil lainnya. Artinya, mereka adalah hewan kanibal.

Mengutip National GeographicLeejiah Dorward, seorang ahli biologi konservasi menemukan seekor kuda nil yang memakan mayat kuda nil lainnya yang terendam sebagian di tepi sungai.

Mengapa kanibalisme ini terjadi? Menurut David Pfennig selaku ahli biologi dari University of North Carolina, aksi tersebut dapat terjadi karena mayat kuda nil itu merupakan bentuk nutrisi yang dikemas dengan sempurna dan mungkin dibutuhkan pemangsa. Risikonya adalah penularan penyakit.

6. Duiker (Cephalophinae)

Ngeri! 7 Hewan Herbivor Ini Tercatat Pernah Makan Dagingilustrasi duiker (awf.org)

Duiker adalah jenis antelop kecil yang umumnya memakan buah-buahan dan dedaunan dari semak dan pohon. Meskipun begitu, mereka juga tercatat pernah memakan mamalia kecil, katak, kadal, dan bangkai hewan lainnya.

Menurut Scientific Americanbeberapa spesies duiker mempermainkan mangsa sama seperti yang dilakukan oleh kucing domestik. Kejam juga, ya.

7. Lorikeet Pelangi (Trichoglossus moluccanus)

Ngeri! 7 Hewan Herbivor Ini Tercatat Pernah Makan Dagingilustrasi lorikeet pelangi (ebird.org)

Lorikeet pelangi umumnya mengonsumsi nektar dan serbuk sari. Namun, fakta bahwa mereka juga memakan daging membuat para ahli tercengang. Menurut ABClorikeet memakan daging cincang. Bahkan, mereka akan menakut-nakuti hewan lain yang ingin memakan daging tersebut.

Darryl Jones, profesor dari Griffith University menjelaskan bahwa hal ini belum pernah didokumentasikan sebelumnya. Apabila tendensi lorikeet untuk memakan daging adalah hal yang normal, seharusnya sudah ada berbagai studi yang membahas fenomena tersebut.

Melihat hal ini, Fran Sanders, penjaga satwa liar yang berlisensi berpendapat,

"Saya tidak tahu apakah itu kebiasaan baru mereka karena mereka menemukan daging tersebut atau bagaimana. Mereka bukan pemakan daging, itu sudah pasti."

Fran Sanders merasa bahwa fenomena ini merupakan sesuatu yang luar biasa, sesuatu yang membuat dirinya tercengang.

Fenomena herbivor memakan daging cukup aneh, ya. Bagaimana pendapatmu? Apabila ada hewan lainnya dengan kebiasaan yang sama, tambahkan lewat fitur komentar, ya!

Baca Juga: Bikin Bergidik Ngeri, 7 Hewan Ini Ternyata Kanibal

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya