Comscore Tracker

10 Penemuan Zaman Dahulu yang Masih Menyisakan Misteri Hingga Kini

Ada teknologi yang canggih juga

Berbicara tentang sejarah maka erat kaitannya dengan penemuan-penemuan zaman dahulu. Penemuan yang berupa benda hingga tulisan tersimpan rapi dipelihara oleh alam. Beberapa penemuan sudah memberikan manfaat untuk zaman sekarang namun ada juga yang masih menjadi misteri.

Penemuan yang masih misteri ini tetap dilakukan berbagai cara dan sudut pandang untuk mengulik isi dari benda-benda tersebut. Berikut ini adalah 10 benda yang masih menyisakan misteri.

1. Api Yunani

10 Penemuan Zaman Dahulu yang Masih Menyisakan Misteri Hingga Kinianswersafrica.com

Zaman kekaisaran Bizantium memiliki nama lain kekaisaran Romawi Timur. Pada zaman kekaisaran ini tepatnya pada abad ketujuh, terdapat senjata yang berguna terutama ketika perang di perairan. Senjata ini berupa tabung yang bisa menembakkan api dan tidak bisa dipadamkan dengan air. Komposisi dari senjata ini masih misterius hingga sekarang. Konon yang mengetahui bahan-bahannya adalah Callinicus of Heliopolis, seorang pengungsi Yahudi. Namun komposisinya hilang dan hingga sekarang masih menjadi misteri.

2. Baja Damaskus

10 Penemuan Zaman Dahulu yang Masih Menyisakan Misteri Hingga Kinipocketknifeinfo.com

Baja Damaskus adalah sebutan sebuah senjata pada perang salib yang digunakan oleh orang Islam. Senjata yang digunakan orang Islam ini memiliki kelenturan hingga 90 derajat tanpa ada kerusakan dan bisa memotong sapu tangan yang terbang. Senjata ini masih menjadi misteri terutama bahan apa yang digunakan. Setelah diteliti baja Damaskus terdiri dari dua macam yaitu baja Damaskus Cor dan baja Damaskus pola dilas. Walaupun sudah diteliti namun belum ada yang menemukan bahan yang digunakan.

3. Manuskrip Voynich

10 Penemuan Zaman Dahulu yang Masih Menyisakan Misteri Hingga Kinifacsimilefinder.com

Manuskrip Voynich adalah sebuah gambar dan tulisan yang dituliskan dengan tangan. Diperkirakan manuskrip ini diciptakan pada abad k-15 oleh seseorang di Eropa Tengah. Manuskrip ini dijual oleh Wilfrid M. Voynich yang mendapatkannya pada tahun 1912.

Dalam manuskrip itu terdapat tanaman, wanita dan tulisan yang susah diartikan. Walaupun Nicholas Gibbs, seorang peneliti sejarah baru-baru ini menemukan bahwa itu adalah sebuah buku kesehatan wanita. Hingga kini manuskrip tersebut masih diteliti guna mengetahui detail isi dari manuskrip tersebut.

4. Mesin Antikythera

10 Penemuan Zaman Dahulu yang Masih Menyisakan Misteri Hingga Kinisciencefocus.com

Mesin Antikythera adalah sebuah mesin unik yang ditemukan di dasar laut bersama dengan bangkai-bangkai kapal. Berbentuk serangkaian roda gigi dan kuningan yang ditutup penutup jam, diperkirakan mesin ini adalah jam, kalender, atau alat penghitung.

Para peneliti terus mencari tahu bagaimana cara kerjanya dan untuk apa benda ini diciptakan. Hingga pada tahun 2000-an, akhirnya peneliti mengungkap teks manual dari teks ini. Dimana benda ini bisa mengukur pergerakan bintang, bulan dan matahari dengan mekanisme yang rumit. Mesin ini masih dalam penelitian terkait untuk apa alat ini diciptakan dan apakah masih banyak alat seperti ini yang masih belum ditemukan.

5. Zhang Heng Seismoscope

10 Penemuan Zaman Dahulu yang Masih Menyisakan Misteri Hingga Kiniseismoscope.allshookup.org

Zhang Heng Seismoscope adalah sebuah alat yang dapat mendeteksi gempa bumi. Alat ini diketahui berbentuk tabung dengan naga dan katak yang yang menganga pada bagian luar. Dengan penelitian yang lebih mendalam, kemungkinan ini adalah sebuah alat untuk mengetahui arah gempa yang sedang terjadi.

Diperkirakan jika ada gempa bumi, naga akan mengeluarkan bola perunggu ke mulut katak. Namun ada pula yang mengatakan bahwa tongkat yang terdapat di tabunglah yang membuat naga tersebut mengeluarkan bola perunggu sehingga mengetahui dimana gempa terjadi. Sebuah indikasi kasar namun sangat berguna pada zaman dahulu terutama di Cina yang merupakan daerah sering terjadi gempa.

Baca Juga: Berkontribusi Besar, Ini 10 Penemuan Paling Penting di Tiongkok Pt.1

6. Pedang Ulfberht

10 Penemuan Zaman Dahulu yang Masih Menyisakan Misteri Hingga Kinibavipower.com

Sebuah pedang tajam lainnya yang diperkirakan masih memiliki unsur saudara dengan baja Damaskus. Pedang Ulfberht atau dikenal dengan pedang viking ini memiliki karakteristik lebih tajam, lebih kuat, dan lebih fleksibel.

Dimana hampir mirip dengan karakteristik baja Damaskus. Hal ini dibuktikan ketika pada tahun 2014 saat dilakukan penggalian pada kuburan viking, ditemukan tulisan for/to Allah. Diperkirakan pedang ini memiliki cara yang sama dalam pembuatan atau bahannya dengan baja Damaskus.

7. Pilar Besi Delhi

10 Penemuan Zaman Dahulu yang Masih Menyisakan Misteri Hingga Kinimysteryofindia.com

Pilar besi Delhi adalah pilar yang terletak di masjid Quwwatul, Delhi, India. Pilar ini sudah berumur 1600 masehi yang dibuat sekitar abad ke-4. Keunikan dari pilar ini adalah pilar ini tak bisa berkarat. Pilar setinggi 7,21 meter dengan diameter 41 cm tertanam di dalam tanah sedalam 93 cm ini memiliki banyak klaim terkait dengan misteri yang terkandung di dalamnya.

Peneliti lingkungan mengatakan pilar tersebut terletak ditempat yang tepat sehingga tahan karat. Peneliti bahan mengatakan pilar tersebut tergabung dari bahan-bahan yang mengandung fosfor dan tak ada belerang dan mangan sehingga tahan karat. Belum ada kepastian sebab tahan karat, pilar ini tetap berdiri hingga sekarang.

8. The Phaistos Disk

10 Penemuan Zaman Dahulu yang Masih Menyisakan Misteri Hingga Kiniancient.eu

The Phaistos Disk atau nama lain cakram Phaistos adalah sebuah cakram yang berdiameter 6 inci. Cakram ini ditemukan pada tahun 1905 yang sudah berumur 4000 tahun. Cakram yang ditemukan di kota Kreta, Yunani ini disusun dengan 241 kata yang dibuat dari 45 simbol individu dan disusun dalam bentuk spiral.

Saat diteliti, kemungkinan arti dari simbol ini adalah doa untuk Dewi Minoa. Dimana ada tiga huruf utama yaitu IQEKURJA artinya ibu hamil atau dewi,  IQE artinya ibu atau dewi dan IQEPAJE atau IQE-PHAE artinya ibu yang bersinar atau dewi.

9. Roman Dodecahedra

10 Penemuan Zaman Dahulu yang Masih Menyisakan Misteri Hingga Kinidocumentarytube.com

Roman Dodecahedra dipercaya dibuat pada abad ke-2 atau k-3. Benda berukuran antara 1,6 dan 4,3 inci ini ditemukan dibanyak tempat seperti Wales, Hongaria, Spanyol, Italia timur, Jerman dan Prancis lebih dari 100 buah. Benda ini berbentuk geometris dengan gabungan dari segilima dengan lima sisi.

Dilengkapi dengan tombol-tombol di setiap sudut pentagonnya. Peneliti masih mencari tahu apa guna dari benda ini, walaupun beberapa berspekulasi ini adalah tempat lilin, hiasan, mainan anak-anak dan lain sebagainya.

10. Bola Raksasa Kosta Rika

10 Penemuan Zaman Dahulu yang Masih Menyisakan Misteri Hingga Kiniaquiziam.com

Bola Raksasa Kosta Rika ditemukan di delta Diquis, Isla del Caño lebih dari 300 buah. Las Bolas atau disebut juga Bola Diquis ini diperkirakan ada antara tahun 200 SM hingga 800 Masehi.

Peneliti sedikit kesusahan meneliti benda raksasa ini, karena orang-orang berusaha memindahkan dari tempatnya bahkan ada yang berusaha meledakkannya dengan harapan ada emas di dalamnya. Padahal mungkin saja bola raksasa ini merupakan alat bantu menghitung pergerakan bulan, bintang atau matahari.

Wah ternyata masih banyak hal yang tak masih harus diteliti. Tak melulu ketinggalan zaman, alat-alat ini bahkan memiliki kecanggihan yang tak kalah dari zaman sekarang. Semoga misteri bisa terpecahkan ya, untuk kemajuan ilmu pengetahuan.

Baca Juga: 5 Fakta Sejarah Penemuan Kamera, Siapa Orang Pertama Dibaliknya? 

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya