5 Objek Astronomi yang Namanya Diambil dari Budaya dan Bahasa Hawaii

Hawaii adalah salah satu lokasi observasi antariksa terbaik

Pemberian nama suatu objek astronomi memiliki standar yang diatur oleh persatuan astronomi internasional atau International Astronomical Union (IAU). Ketika menemukan objek baru di luar angkasa, para peneliti dan ahli astronomi tidak hanya mempelajari karakteristik dan posisi objek, tetapi juga memberikan nama yang tepat.

Bahasa Hawaii beberapa kali digunakan untuk menamai objek astronomi baru. Alasannya diduga karena sejarah masyarakat Hawaii, di mana masyarakat Hawaii kuno dikenal sebagai astronomer yang baik. Selain itu, banyak objek antariksa yang ditemukan dengan menggunakan teleskop yang ada di stasiun antariksa Hawaii.

Masyarakat Hawaii memiliki bahasa asli yang disebut ʻŌlelo Hawaiʻi. Uniknya, bahasa ini hanya memiliki 13 karakter. Simak daftar objek astronomi yang namanya diambil dari bahasa Hawaii beserta penjelasannya dalam daftar berikut.

1. Laniakea

5 Objek Astronomi yang Namanya Diambil dari Budaya dan Bahasa Hawaiiilustrasi struktur superkluster Laniakea (commons.wikimedia.org/Tsaghkyan)

Laniakea atau superkluster Laniakea adalah superkluster raksasa yang menjadi rumah bagi galaksi Bima Sakti dan berbagai galaksi lainnya. Superkluster merupakan suatu bagian di ruang angkasa yang dipadati berbagai galaksi. Laniakea adalah superkluster raksasa yang bagian awal dan akhirnya masih sulit ditemukan dan diprediksi.

Dilansir The Guardian, superkluster Laniakea yang  amat besar ini diduga 'menampung' hingga 100 ribu galaksi besar. Besarnya Laniakea membuatnya seperti tak terhingga. Tak heran jika kluster raksasa ini diberi nama 'Laniakea' oleh para peneliti. Laniakea dalam bahasa Hawaii berarti surga yang tak terhingga.

2. Pōwehi

5 Objek Astronomi yang Namanya Diambil dari Budaya dan Bahasa Hawaiipotret lubang hitam Pōwehi (commons.wikimedia.org/Colin, Credit : European Southern Observatory (ESO))

Pōwehi adalah sebutan bagi sebuah black hole atau lubang hitam yang ditemukan di tengah-tengah galaksi M87 atau Messier 87. Lubang hitam yang ditemukan pada tahun 2019 ini menjadi lubang hitam pertama yang berhasil difoto oleh astronom. Foto tersebut berhasil di ambil oleh teleskop yang ada di lokasi penelitian astronomi di Maunakea, Hawaii.

Untuk menamai objek yang berhasil difoto tersebut, para ahli astronomi meminta saran dari Larry Kimura. Larry Kimura adalah seorang profesor jurusan Bahasa dan Budaya Hawaii di University of Hawaii HILO. Pōwehi berarti kegelapan yang kreatif berhiaskan mahkota. Nama ini tidak hanya menggunakan bahasa Hawaii, tapi juga mengandung makna budaya tradisional Hawaii.

3. Haumea

5 Objek Astronomi yang Namanya Diambil dari Budaya dan Bahasa Hawaiipotret planet kerdil Haumea (commons.wikimedia.org/Jin Zan)

Haumea adalah planet kerdil yang cukup unik. Planet yang ditemukan tahun 2003 ini memiliki bentuk elips yang mirip seperti telur. Bentuknya tersebut diduga merupakan akibat dari kecepatan rotasinya yang sangat tinggi. Dilansir The Planets, satu hari di Haumea setara dengan 3,9 jam di bumi. Selain itu, planet ini juga diketahui memiliki cincin.

Nama planet yang berada di sabuk Kuiper ini diambil dari dewi masyarakat Hawaii, Haumea. Haumea adalah dewi kesuburan yang memiliki dua orang anak. Pada tahun 2005, peneliti menemukan bahwa planet Haumea memiliki dua bulan. Bulan terbesar diberi nama Hiʻiaka dan yang kecil disebut Namaka. Kedua nama tersebut diambil dari nama anak perempuan dewi Haumea. Hiʻiaka adalah dewi pulau Hawaii dan tarian hula, sementara Namaka adalah dewi laut atau roh air.

4. ʻOumuamua

5 Objek Astronomi yang Namanya Diambil dari Budaya dan Bahasa Hawaiipotret objek asing ʻOumuamua (commons.wikimedia.org/Nagualdesign)

ʻOumuamua adalah sebuah objek asing di luar angkasa yang ditemukan pada tahun 2017. Uniknya, ʻOumuamua bukanlah sebuah komet, tetapi pergerakannya mirip seperti komet. Objek tersebut memiliki bentuk yang memanjang, dengan perkiraan panjang mencapai 800 meter. Diduga panjang objek tersebut sepuluh kali ukuran lebarnya.

Objek unik ini dipercaya berasal dari luar tata surya, yang asalnya masih menjadi misteri. ʻOumuamua melewati bumi dengan kecepatan tinggi. Objek asing ini tidak pernah terlihat lagi setelah bulan Januari 2018. Karena merupakan benda asing pertama yang tercatat 'mengunjungi' tata surya, para peneliti memberinya nama ʻOumuamua, yang dalam bahasa Hawaii berarti suatu utusan dari jauh yang lebih dulu datang.

5. Pōniuāʻena

5 Objek Astronomi yang Namanya Diambil dari Budaya dan Bahasa Hawaiiilustrasi quasar (commons.wikimedia.org/ NASA/CXC/M. Weiss)

Pada tahun 2020, observatorium Maunakea di Hawaii menemukan quasar baru dengan menggunakan teleskop mereka. Quasar adalah lubah hitam supermasif yang aktif dan sangat terang. Quasar tersebut diduga menjadi quasar kedua terjauh yang pernah ditemukan dan juga dikenal sebagai objek J1007+2115.

Quasar yang menjadi rumah bagi lubang hitam yang besarnya 1,5 juta kali matahari ini kemudian dinamai Pōniuāʻena. Dalam bahasa Hawaii Pōniuāʻena berarti awal mula penciptaan yang berputar dan tak terlihat yang dikelilingi oleh cahaya yang amat terang. Para peneliti masih mempelajari Pōniuāʻena, agar lebih dapat memahami proses awal terbentuknya galaksi.

Selain mengapresiasi bahasa dan budaya Hawaii, pemberian nama objek baru antariksa tetap disesuaikan dengan makna dan karakteristik objek tersebut. Dari daftar objek antariksa barusan, mana yang paling unik dan menarik menurutmu?