Comscore Tracker

Bukan Megalodon, 5 Hewan Ini Ternyata Paling Seram di Palung Mariana

Liopleurodon merupakan salah satunya

Palung Mariana merupakan tempat terdalam di dunia, yang dalamnya melebihi tinggi dari Gunung Everest. Palung tersebut pertama kali ditemukan oleh Kapal Angkatan Laut Britania pada Tahun 1875, dan sudah terbentuk sejak 180 juta Tahun yang lalu.

Para ilmuwan juga telah meneliti, setidaknya ada beberapa jenis hewan purba yang masih hidup dan tinggal di sana, salah satunya adalah megalodon. Megalodon merupakan hewan paling seram di antah berantah kedalaman laut Palung Mariana, dan juga merupakan hewan yang paling ganas yang masih ditakuti oleh makhluk lain. Namun apakah kamu tahu? Selain megalodon, ternyata ada hewan lain yang tidak kalah seram dengannya. Nah, berikut ini 5 hewan paling seram selain megalodon.

1. Fangtooth fish, ikan kecil bergigi taring

Bukan Megalodon, 5 Hewan Ini Ternyata Paling Seram di Palung Marianascienceheathen.com

Walaupun tergolong jenis hewan karnivora, Fangtooth Fish sebenarnya bukanlah ancaman bagi manusia. Sebab, ikan ini tidak berbahaya dan kebanyakan hanya memakan ikan kecil saja yang menurutnya muat untuk masuk ke dalam mulutnya.

Fangtooth Fish bisa ditemukan di kedalaman lebih dari 6.000 kaki di bawah permukaan laut. Dengan wajahnya yang seram dan giginya yang bertaring, hewan prasejarah ini akan memakan apa pun yang ada di depannya. Menariknya lagi, walaupun habitat aslinya hidup di kedalaman laut, ia juga mampu bertahan hidup di dalam akuarium selama hampir berbulan-bulan.

2. Ikan sungut ganda

Bukan Megalodon, 5 Hewan Ini Ternyata Paling Seram di Palung Marianaikanesia.id

Lophiiformes adalah nama ilmiah untuk ikan ini. Jika kamu pernah menonton film Finding Nemo, tentu kamu akan melihat ikan ini dalam pertengahan scene-nya. Ya, ikan Ikan sungut ganda bisa kita temukan di kedalaman laut yang gelap dan dingin sekitar 997 meter, atau 3.271 kaki dari permukaan laut.

Faktanya uniknya, kepala ikan sungut ini ternyata memiliki semacam alat pancing yang dapat menyala, guna untuk menarik perhatian mangsa agar mendekat. Selain itu, dirinya juga memiliki kemampuan untuk memakan mangsa yang lebih besar melebihi tubuhnya.

3. Deep sea dragon fish

Bukan Megalodon, 5 Hewan Ini Ternyata Paling Seram di Palung Marianadiscovercreation.org

Dragon fish adalah ikan purba laut dalam yang bentuknya mirip seperti naga. Jarang ditemukan oleh manusia, ikan ini hidup di kedalaman sekitar 1.500 hingga 4.500 kaki di bawah permukaan laut. Meskipun demikian, ia juga memiliki zat klorofil di matanya. Klorofil inilah yang memungkinkan ikan naga untuk melihat dalam spektrum merah, dan mampu memberikan kelebihan untuk berburu mangsa tanpa harus terlihat. Ya, layaknya sniper.

Baca Juga: Sebenarnya, Unik! 7 Ikan Ini Malah Dinobatkan sebagai Ikan Terjelek 

4. Frilled shark

Bukan Megalodon, 5 Hewan Ini Ternyata Paling Seram di Palung Marianasemuaikan.com

Chlamydoselachus anguineus merupakan nama ilmiah untuk sebutan Hiu berjumbai. Hewan purba laut ini memang memiliki bentuk tubuh dan wajah yang menyeramkan, ya lebih tepatnya mirip seperti belut. Tentunya mereka masih bisa kita temukan di kedalaman laut sekitar 200 hingga 1.280 meter, paling umumnya.

Selain itu, gigi dari hiu tersebut dipenuhi dengan 25 baris gigi tajam yang menghadap ke belakang. Guna untuk mengunci mangsanya agar tidak mudah lepas.

5. Liopleurodon, reptil laut paling ganas

Bukan Megalodon, 5 Hewan Ini Ternyata Paling Seram di Palung Marianasukita.info

Mungkin bisa dibilang reptil yang satu ini merupakan pengganti dari hewan prasejarah megalodon yang sudah punah. Liopleurodon dipercaya menjadi predator paling ganas, yang bisa ditemukan di laut dalam Palung Mariana. Memiliki kemampuan berenang sangat cepat dengan jarak jauh, tubuh hewan ini bisa mencapai panjang 2 hingga 9 meter untuk memangsa banyak hewan yang ada di laut.

Selain itu ia juga memiliki senjata khas yaitu dengan moncongnya yang panjang dan giginya yang lancip, guna untuk mengoyak mangsanya.

Baik, itulah 5 hewan paling seram yang sudah dijelaskan. Masih ada banyak lagi makhluk laut yang belum ditemukan, mungkin itu 5 persennya saja yang sudah diketahui oleh dunia dan para ilmuwan. Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan juga menambah wawasan. 

Baca Juga: 7 Palung Laut Terdalam di Bumi, Bukan Hanya Palung Mariana!

Def Photo Writer Def

“It's not about how much we lost. It's about how much we have left.” -Tony Stark

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya