Comscore Tracker

Miris, 5 Hewan Cantik Ini Terancam Punah di Habitatnya Sendiri

Manusia harus bertanggung jawab!

Semakin tua umur dunia ini, semakin banyak pula spesies hewan dan tumbuhan yang terancam kehidupannya, tak terkecuali makhluk buas dan berbahaya. Kita mengenal banyak hewan dengan bulu yang cantik dan tanaman yang berbunga indah, namun apakah kita masih dapat melihat keindahan tersebut di masa yang akan datang?

Apakah kamu tahu ada hewan cantik yang terancam punah di habitatnya sendiri? Yuk, simak artikel ini!

1. Serigala merah

Miris, 5 Hewan Cantik Ini Terancam Punah di Habitatnya SendiriAllcreaturespod.com

Serigala asli Amerika Utara ini adalah salah satu serigala dengan bulu tercantik di dunia. Namun, sayangnya, hewan ini sudah mulai terancam kelangsungan hidupnya.

Dilansir dari laman The Guardian, di alam liar, serigala merah tercatat hanya ada sekitar 30 ekor saja, dengan delapan belas di antaranya dilengkapi kerah radio untuk bisa dilacak. Jumlah ini sudah meningkat dari yang beberapa tahun lalu yang hanya terdapat dua puluh saja di alam liar.

2. Lumba-lumba Sungai Yangtze

Miris, 5 Hewan Cantik Ini Terancam Punah di Habitatnya SendiriWhitleyaward.org

Lumba-lumba Sungai Yangtze atau sering disebut juga baiji adalah lumba-lumba bermoncong (hidung) panjang yang sudah sangat mengkhawatirkan jumlahnya. Lumba-lumba yang sangat unik ini adalah hewan asli dari Sungai Yangtze.

Namun, Sungai Yangtze sudah diambil alih oleh kegiatan manusia sepenuhnya. karena itu, jumlah baiji sudah mengkhawatirkan. Dilansir dari laman MNN,  tim konservasionis amatir mengklaim telah melihat makhluk itu di dekat Kota Wuhu di Provinsi Anhui, Tiongkok.

Baca Juga: Lama Tak Terlihat, Ternyata 7 Burung Laut Ini Sudah Punah

3. Kura-kura raksasa Pulau Pinta

Miris, 5 Hewan Cantik Ini Terancam Punah di Habitatnya SendiriPBS.org

Kura-kura yang satu ini adalah salah satu spesies kura-kura purba yang masih hidup. Namun, jumlah kura-kura yang satu ini sangat sedikit, bahkan tidak mampu untuk dikembangbiakkan lagi.

Jumlah kura-kura ini hanya ada satu di dunia. Kura-kura jenis ini sempat dinyatakan punah pada 1970, hingga akhirnya petugas hutan setempat menemukan satu ekor lagi kura-kura jenis ini di dunia.

Namun sayangnya, dilansir dari laman National Geographic, George (nama kura-kura terakhir) telah meninggal 2012 lalu di Galapagos. Miris memang, namun semua sudah terlanjur.

4. Badak jawa

Miris, 5 Hewan Cantik Ini Terancam Punah di Habitatnya SendiriMongabay.com

Indonesia sepatutnya malu dan harus bergerak cepat atas ancaman kepunahan badak jawa. Pemerintah dan relawan sebenarnya sudah bertindak cepat dalam melestarikan keberadaan badak jawa ini. Namun selalu saja ada halangan dalam melestarikan hewan ini.

Berdasarkan laman Mongabay, badak jawa kini hanya ada 68 ekor. Badak jawa sendiri diburu untuk diambil tanduknya. Sebab, konon katanya, tanduk badak jawa adalah obat yang mujarab.

5. Iberian lynx

Miris, 5 Hewan Cantik Ini Terancam Punah di Habitatnya SendiriPhys.org

Iberian lynx adalah hewan yang memiliki habitat langsung di daratan hutan liar Spanyol. Secara fisik, iberian lynx mirip dengan lynx pada umumnya, namun yang membedakan adanya bulu di sekitar wajah iberian lynx yang eksotis.

Dikutip dari laman Elpais, pada 2002, iberian lynx hanya ada 94 ekor. Namun, kini telah meningkat menjadi sekitar 547 ekor.

Itulah kelima hewan cantik yang terancam punah di habitatnya sendiri. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuanmu tentang kawan-kawan kita di alam liar ini, ya. Yuk, sama-sama menjaga kelestarian mereka dengan mendukung kegiatan konservasi alam dan mengecam keras perburuan liar!

Baca Juga: Wow, 10 Hewan Punah Ini Ditemukan Hidup Lagi!

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You