Comscore Tracker

5 Fakta Unik Guanako, Ternyata Masih Berkerabat dengan Unta!

Mereka bisa sangat agresif di keadaan tertentu

Guanako merupakan salah satu spesies mamalia darat terbesar di Amerika Selatan. Hewan lain yang memiliki ukuran sama besar atau bahkan lebih besar dari guanako antara lain tapir, rusa rawa, dan jaguar.

Tentu dapat dibayangkan seberapa besar ukuran hewan yang satu ini hingga dapat disandingkan dengan hewan-hewan tersebut. Nah, kamu penasaran gak sih fakta apa saja yang dimiliki oleh guanako? Yuk, kita simak penjelasannya berikut!

1. Bagian dari keluarga Camelidae

5 Fakta Unik Guanako, Ternyata Masih Berkerabat dengan Unta!Commons.m.wikimedia.org

Guanako memiliki nama ilmiah Lama guanicoe. Sama seperti llama (Lama glama), vikuna (Vicugna vicugna), dan alpaka (Vicugna pacos), guanako juga merupakan saudara dari unta (Camelus bactrianus atau Camelus dromedarius).

Dilansir Britannica, guanako dikenal sebagai lamoid. Tidak seperti unta yang mempunyai punuk, guanako memiliki tubuh yang ramping dengan kaki dan leher panjang, kepala kecil, ekor pendek, dan telinga runcing yang berukuran besar. Mereka diketahui terbagi atas empat sub-spesies, yakni :

  • Lama guanicoe guanicoe
  • Lama guanicoe cacsilensis
  • Lama guanicoe voglii
  • Lama guanicoe huanacus

Llama dan alpaka berbeda dari guanako. Mereka sama seperti kucing dan anjing, yakni mengalami domestikasi, tidak seperti guanako yang masih jarang dijinakkan.

2. Lebih ramping dari unta dan para saudaranya

5 Fakta Unik Guanako, Ternyata Masih Berkerabat dengan Unta!Thoughtco.com/Anton Petrus

Seluruh tubuh guanako kecuali kepala dan kaki ditutupi oleh bulu panjang nan lembut. Leher mereka sangat panjang dan ramping. Lengkap dengan tinggi sekitar 1-1,2 m dan berat badan mencapai 130 kg, guanako memiliki ekor sepanjang 10 inci. Mereka mempunyai mata yang besar dan bulu mata yang lebat. Guna fitur ini adalah untuk melindungi mata mereka dari debu dan kotoran yang dibawa angin. 

Secara keseluruhan, penampilan mereka lebih ramping dari unta dan saudara mereka yang lain. Satu fitur mereka yang sama seperti unta dan kawan-kawan, yakni bantalan sol pada kaki. Bantalan ini sangat berguna dalam membantu mereka menempuh perjalanan di daerah terjal. Sebagai akibatnya, mereka tak jarang dimanfaatkan oleh manusia sebagai transportasi pengangkut barang.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Llama, Saudara Unta yang Suka Meludah

3. Tinggal di daerah kering dan terbuka

5 Fakta Unik Guanako, Ternyata Masih Berkerabat dengan Unta!M.world.expeditions.com

Dikutip dari laman Animalia, guanako adalah hewan asli Amerika, berbeda dengan unta yang bisa dijumpai di wilayah Afrika dan Asia. Mereka memiliki habitat berupa daerah kering, semi-kering, dan terbuka seperti padang rumput, semak belukar, gurun, dan kadang hutan. 

Mereka dapat ditemukan seluruh wilayah Amerika Selatan, mulai dari pegunungan Andes, Peru, Bolivia, Chili, dan juga daerah padang rumput seperti Argentina. Guanako dapat bertahan hidup pada dataran dengan ketinggian lebih dari 4.500 m di atas permukaan laut.

4. Rela berkelahi demi bisa mengawini betina yang disukai

5 Fakta Unik Guanako, Ternyata Masih Berkerabat dengan Unta!Animals.net

Guanako sebenarnya merupakan hewan yang gemar hidup secara berkelompok. Mereka tergolong ramah dan penyayang. Para guanako jantan yang masih muda biasanya akan membentuk sebuah kawanan supaya dapat melatih keterampilan bertarung dan melindungi diri.

Tapi, saat musim kawin tiba, mereka akan menjadi sangat agresif. Para pejantan akan bertarung dengan sengit demi memperebutkan betina yang mereka sukai. Pertarungan itu melibatkan kegiatan menggigit, meludah, dan mendorong. Pejantan sering memilih wilayah yang mempunyai vegetasi berkualitas tinggi untuk membuat para betina makin terpikat kepada mereka.

5. Predator dan hal-hal yang dapat mengancam keberlangsungan hidup guanako

5 Fakta Unik Guanako, Ternyata Masih Berkerabat dengan Unta!Commons.m.wikimedia.org

Guanako umumnya akan melahirkan satu ekor anak setiap dua tahun sekali. Risiko kematian pada hal ini tidak bisa disepelekan sebab mereka kerap menjadi incaran predator mulai dari rubah, puma, hingga manusia.

Hewan yang mampu menahan haus selama berhari-hari ini akan menghindar secara berkelompok agar predator mereka kebingungan dan tidak fokus ke satu individu. Jika merasa sangat terancam, guanako akan meludah hingga jarak 1,8 m dan mengembik dengan suara yang sangat tinggi. Mereka juga akan berlari dengan kecepatan mencapai 56 km/jam, terang laman Animalia.

Dulu, jumlah guanako berkisar 50 juta, namun kini hanya tersisa sekitar 600 ribu di alam karena habitat mereka mulai menghilang akibat aktivitas manusia. Sebagian manusia, khususnya para petani yang memelihara domba akan menganggap mereka sebagai hama karena merumput di daerah domba merumput.

Selain itu, kulit mereka juga tak jarang diambil oleh manusia karena kehangatannya dapat menggantikan kulit rubah merah.

Itu dia beberapa fakta tentang guanako. Dengan adanya lima fakta dari guanako di atas, semoga manusia semakin sadar untuk mengurangi tindakan eksploitasi terhadap kerabat unta ini.

Baca Juga: Masih Satu Famili, Ini 5 Perbedaan Llama dan Alpaca

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya