Comscore Tracker

7 Fakta Chartreux, Kucing Kalem yang Mempunyai Fisik Atletis

Mereka sering dikira mirip dengan British Blue

Hampir semua kucing mempunyai perilaku yang aktif. Keaktifan mereka itu umumnya dibarengi dengan kecerewetan yang luar biasa. Namun, ternyata ada nih ras kucing yang tergolong aktif di balik sifat mereka yang pendiam. Mereka adalah kucing Chartreux.

Selain kalem dan mudah berinteraksi dengan lingkungan sekitar, kucing ini juga mempunyai penampilan menawan serta pandai berburu. Untuk lebih lengkapnya, kita simak yuk ketujuh faktanya berikut!

1. Asal-usulnya kurang jelas

7 Fakta Chartreux, Kucing Kalem yang Mempunyai Fisik AtletisIcatcare.org

Asal-usul Chartreux cukup membingungkan. Ada yang menyebutkan bahwa mereka muncul di kalangan para biksu dan sempat hampir menghilang pada masa Perang Dunia II, tapi kembali dilestarikan oleh para peternak yang berbedikasi.

Menurut laman Mental Floss, para ahli tidak mengetahui dari mana Chartreux berasal, tapi mereka diduga sudah hidup dalam waktu yang lama di Prancis. Referensi yang menguatkan dugaan ini adalah adanya prasasti yang menyebutkan tentang kucing ini di Prancis. Selain itu, para naturalis dan seniman juga diketahui banyak yang menyebutkan kucing ini lewat tulisan karena penampilannya yang menawan.

Saat pembiakan masih sedikit, Chartreux diimpor ke Amerika Serikat pada sekitar 1970. Mereka mulai diakui oleh Cat Fancier Association pada 1987 dan hingga kini sudah mendapat pamor di berbagai asosiasi kucing besar lainnya. Sayangnya, meski dengan pengakuan yang mengagumkan itu, mereka masih kurang populer di Eropa dan Prancis, negara asal mereka sendiri, terang Cat Time.

2. Dikira sama dengan British Shorthair

7 Fakta Chartreux, Kucing Kalem yang Mempunyai Fisik AtletisFluffyplanet.com

Jika dilihat sekilas, Chartreux memang tampak mirip dengan British Shorthair. Sama-sama bertubuh besar dan mempunyai wajah yang bak boneka membuat dua ras kucing tersebut gampang-gampang susah untuk dibedakan.

Kita harus melihat dengan jeli agar dapat membedakan keduanya. British Shorthair memiliki bulu yang pendek, padat, dan berujung tajam. Mereka juga mempunyai warna mata yang bervariasi mulai dari copper, hijau, emas, hingga biru.

Sementara, untuk Chartreux, kucing imut ini memiliki bulu kasar yang cenderung lebih mudah kusut dan tahan air. Lapisan bawah pada bulu tersebut lebih pendek dan lapisan atasnya lebih panjang dibandingkan milik British Shorthair. Warna mata mereka terdiri atas oranye, cokelat, dan emas yang tentunya jauh lebih terang.

3. Pendiam, tapi sangat senang diajak bermain

7 Fakta Chartreux, Kucing Kalem yang Mempunyai Fisik AtletisCattime.com

Mengutip dari Fluffy Planet, Chartreux adalah jenis kucing yang mempunyai refleks terhadap pencahayaan yang sangat baik. Mereka merupakan kucing atletis yang siap diajak bermain kapan pun. Mereka juga mudah memahami perintah yang diberikan, lho. Meskipun begitu, mereka tetap kalem dan jarang bersuara. Cocok nih untuk dijadikan teman anak-anak atau kamu si pendiam!

Baca Juga: 6 Tindakan Pemilik Kucing yang Justru Membahayakan Kesehatan Kucing 

4. Jago dalam berburu

7 Fakta Chartreux, Kucing Kalem yang Mempunyai Fisik AtletisVetstreet.com

Chartreux termasuk kucing yang atletis. Berbagai sumber menyebutkan bahwa mereka begitu andal dalam hal berburu. Bahkan, pada awal kemunculannya, mereka kerap dibawa oleh para biksu untuk menangkap tikus. Wah, berarti kucing ini bisa jadi bodyguard di rumah deh!

5. Tidak suka sendirian

7 Fakta Chartreux, Kucing Kalem yang Mempunyai Fisik AtletisCats.lovetoknow.com

Seperti yang telah disebutkan tadi, Chartreux merupakan kucing yang friendly. Mereka tidak bisa ditinggalkan sendirian sebab mereka tidak suka kesepian. Mereka akan mengikuti ke mana pun pemiliknya pergi. Belum lagi, mereka juga gak ragu untuk berteman dengan hewan peliharaan lain, lho.

6. Dapat bertahan hidup hingga 20 tahun

7 Fakta Chartreux, Kucing Kalem yang Mempunyai Fisik AtletisSimplycatbreeds.org

Seekor Chartreux bisa hidup selama 18--20 tahun jika mereka selalu berada dalam kondisi sehat. Perawatan mereka tidak terlalu rumit. Kamu cukup jaga kebersihan telinga, gigi, kuku, dan litter box. Selain itu, pastikan bahwa bulu mereka sering disisir.

7. Keberadaannya sudah langka

7 Fakta Chartreux, Kucing Kalem yang Mempunyai Fisik AtletisSimplycatbreeds.org

Hingga kini, kucing ini diketahui hanya dimiliki oleh orang-orang dari kelas atas. Keberadaan mereka jarang diperhatikan sebab mereka memang kerap bersaing dengan kucing biru lain yang lebih populer. Kucing ini pun diperjualbelikan dengan harga fantastis sekitar 14--21 juta per ekor.

Ternyata, di balik penampilan dan juga kelincahan mereka, kucing Chartreux punya banyak fakta unik, ya. Apakah kamu tertarik memelihara kucing cantik ini? Akan tetapi, selalu hindari kegiatan jual beli kucing untuk kelestarian hidup mereka, ya. Lebih baik adopsi!

Baca Juga: 6 Spesies Kucing Liar yang Berkerabat Dekat dengan Kucing Domestik  

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya