Comscore Tracker

Kucing 101: 5 Fakta American Wirehair, Kucing Imut dengan Bulu Unik 

Kenal sama kucing yang satu ini? 

American Wirehair merupakan ras kucing domestik dari New York utara berukuran sedang yang memiliki fitur unik dan ekspresi yang manis. Mereka bisa dibilang tidak terlalu populer karena masih kalah pamor dari kucing-kucing lain yang juga berbulu pendek-lebat seperti American Shorthair.

Tidak ada salahnya untuk mengenal kucing manis ini karena mereka mempunyai sifat yang ramah dan menyenangkan. Simak fakta-faktanya yang telah dilansir dari hillspet.com dan vetstreet.com berikut.

1. Mengalami mutasi spontan

Kucing 101: 5 Fakta American Wirehair, Kucing Imut dengan Bulu Unik Holidogtimes.com

American Wirehair atau kucing bulu dawai Amerika adalah hasil dari mutasi alami yang spontan. Mutasi seperti ini sendiri merupakan hal tergolong langka di dunia kucing. Orang yang diketahui sebagai pengadopsi pertama kucing bulu dawai Amerika adalah seorang peternak kucing bernama Joan O’Shea. Ia mengadopsi anak kucing dari sebuah lingkungan pertanian bernama Council Rock Farm.

Joan juga membeli beberapa kucing ras bulu dawai Amerika dari tetangganya bernama Council Rock Farm Adam of Hi-Fi. Ia membeli dua ekor dari tetangganya tersebut dan terbukti bahwa mereka tidak memiliki kaitan dengan kucing keturunan Cornish atau Devon Rex. Kedua kucing yang ia beli ia beri nama Abby dan Amy.

Agar perkembangbiakan kucing sejenis semakin luas, Joan menjual Amy kepada peternak ras kucing rex bernama Bill dan Madeline Beck. Dan benar saja, kucing yang dilahirkan dari Amy pun menghasilkan kucing ras bulu dawai Amerika homozigot pertama di dunia.

Karena mempunyai penampilan dan kepribadian yang hampir sama, pada tahun 1970-an akhirnya American Wirehair disilangkan dengan ras American Shorthair guna pengembangan lebih lanjut.

Kedua jenis kucing ini hanya berbeda dalam hal mantel. American Shorthair memiliki mantel yang lebat dan keras sedangkan American Wirehair mempunyai mantel yang lebat, keras, padat, dan berpilin.

2. Tersedia dalam berbagai warna

Kucing 101: 5 Fakta American Wirehair, Kucing Imut dengan Bulu Unik Trovapet.it

Selain berbulu lebat sampai sekilas mirip seekor domba, bertulang tebal, dan berotot, American Wirehair rupanya juga memiliki keistimewaan dalam hal warna. Mereka tersedia dalam beragam warna mulai dari putih, biru, krim, merah, platinum, chinchilla, perak, emas, cokelat, bluecream, hingga tortoiseshell.

Baca Juga: Kucing 101: 8 Tanda Kucing Peliharaanmu Stres, Jangan Abaikan

3. Memiliki usia harapan yang cukup lama

Kucing 101: 5 Fakta American Wirehair, Kucing Imut dengan Bulu Unik Vetstreet.com

American Wirehair adalah sosok yang tangguh. Kucing betina biasanya memiliki berat badan sekitar 3,6-5 kg sedangkan kucing jantan mempunyai berat badan lebih dari 5 kg. Mereka dapat bertahan hidup cukup lama yakni sekitar 7-14 tahun.

4. Cocok berteman dengan para jomblo

Kucing 101: 5 Fakta American Wirehair, Kucing Imut dengan Bulu Unik Catster.com

Kucing bulu dawai Amerika adalah sosok yang mudah bergaul dan aktif. Keaktifan mereka tidak mencapai tahap yang terlalu playful dan mereka bisa menjadi pendiam serta kalem sewaktu-waktu. Jenis kucing yang satu ini sangat cocok untuk dipelihara bagi orang yang belum memiliki pasangan alias jomblo.

5. Bulunya bisa rusak jika disisir

Kucing 101: 5 Fakta American Wirehair, Kucing Imut dengan Bulu Unik Petfinder.com

Karena teksturnya lebat dan keras, bukan berarti bulu American Wirehair tidak bisa rontok. Bulu yang mereka miliki justru dapat rontok sendiri dalam jumlah banyak dan akan semakin rusak apabila disisir atau disikat.

Oleh sebab itu, jika melihat bulu-bulu mereka mengalami kerontokan, biarkan saja hal itu terjadi karena menyisirnya hanya akan memperparah kondisi bulunya.

Itulah beberapa fakta kucing bulu dawai Amerika. Unik banget kan bentuk kucing yang satu ini?

Baca Juga: Kucing 101: Kucing Somali, Si Moodmaker yang Tampilannya Mirip Rubah

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya