Comscore Tracker

Berpenampilan Anggun, Ini 6 Fakta Menarik tentang Kucing Cheetoh 

Cheetoh, ya, bukan citah! 

Beberapa dekade terakhir, ras kucing hibrida memang begitu banyak dihasilkan. Salah satu dari banyaknya jenis kucing tersebut yaitu cheetoh, si cantik keturunan kucing bengal.

Cheetoh termasuk hewan yang mempunyai keunikan tersendiri. Meskipun terlihat ganas, ia ternyata memiliki banyak sifat menyenangkan. Dilansir laman Cat Breeds List dan Pet Guide, ini enam fakta menarik yang dimiliki oleh cheetoh.

1. Citah versi kecil

Berpenampilan Anggun, Ini 6 Fakta Menarik tentang Kucing Cheetoh Buzzfeed.com

Cheetoh adalah hasil persilangan dari kucing bengal dan keturunan kucing ocicat. Peneliti yang mengembangkan ras cheetoh yaitu Carol Drymon. Dia menunjukkan bayi cheetoh yang merupakan hasil persilangan itu pada 2003. Dia ingin menghasilkan jenis kucing yang memiliki penampilan tutul-tutul seperti leopard, namun lebih kecil dan bersifat jinak.

2. Memiliki tubuh anggun dan sangat menawan

Berpenampilan Anggun, Ini 6 Fakta Menarik tentang Kucing Cheetoh Catbreedselector.com

Cheetoh mempunyai bentuk tubuh yang besar melebihi nenek moyangnya. Badannya sangat berotot, anggun, dan selalu terlihat ramping. Untuk jantan, cheetoh memiliki berat badan 7-10 kg. Untuk yang betina, berat badan cheetoh biasanya lebih dari 7 kg.

Usia cheetoh pun juga mengagumkan. Walau berstatus percobaan, seekor cheetoh ternyata memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat. Seekor cheetoh dapat tumbuh dewasa hingga berusia 10-15 tahun.

3. Mempunyai warna bulu yang sangat indah

Berpenampilan Anggun, Ini 6 Fakta Menarik tentang Kucing Cheetoh Catbreedslist.com

Sesuai namanya, cheetoh merupakan citah versi mini karena memiliki corak tutul-tutul di sekujur tubuhnya. Warna tutul-tutul tersebut sangat beragam, mulai dari cokelat, seallynxpoint, mink, sepia, dan juga abu-abu.

Bulu cheetoh begitu pendek dan bersih sehingga ia tergolong kucing yang jarang memandikan tubuhnya menggunakan air liur agar tampak mengilat.

Baca Juga: Kamu Gak Tahu kan kalau 5 Bagian Tubuh Kucing Ini Punya Fungsi Lebih?

4. Pintar dan baik hati

Berpenampilan Anggun, Ini 6 Fakta Menarik tentang Kucing Cheetoh Petguide.com

Cheetoh merupakan kucing yang sangat mudah dilatih karena ia memiliki sifat cerdas dan energik. Ia juga penuh kasih sayang, ramah, baik, dan sedikit agresif. Ia bukan tipe kucing pemalu. Sebaliknya, cheetoh justru tak akan segan berteman dengan hewan lain dan meminta dimanja oleh majikannya.

5. Berisik

Berpenampilan Anggun, Ini 6 Fakta Menarik tentang Kucing Cheetoh Pets4homes.co.uk

Cheetoh lebih suka menerima makanan yang diberikan oleh majikannya, seperti daging atau dry food dibandingkan berburu hewan-hewan kecil sendiri. Ia memang gak neko-neko dalam urusan makanan, namun ia bisa sangat berisik jika sudah bersuara.

Ketika mengeong, suara cheetoh akan terdengar lantang dan itu bisa sangat mengganggu terutama di malam hari.

6. Harganya selangit

Berpenampilan Anggun, Ini 6 Fakta Menarik tentang Kucing Cheetoh Catbreedslist.com

Harga satu ekor anakan cheetoh bisa melebihi harga satu buah motor. Mengapa? Karena meski masih anakan, cheetoh bisa dihargai sekitar 15-21 juta rupiah!

Pemilik cheetoh sebaiknya adalah orang yang selalu ada di rumah (tidak bepergian dalam waktu yang sangat lama); orang yang memiliki hewan peliharaan; orang yang memiliki anak kecil atau bayi; dan juga orang yang tidak ingin menghabiskan banyak biaya perawatan. Harganya memang mahal, tapi mengurusnya gak terlalu ribet, lho!

Itulah enam fakta menarik terkait kucing cheetoh. Berniat memeliharanya, gak, nih setelah tahu keenam faktanya itu?

Baca Juga: Cat Lover, Ini 10 Potret Jang Nara Bareng Kucing-kucing Kesayangannya

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You