Comscore Tracker

Punya Banyak Akal & Sangat Tangkas, Ini 7 Fakta Unik dari Koyote 

Pernah melihatnya gak? 

Jika kamu sering menonton kartun, mungkin kamu tidak akan asing lagi dengan sosok Koyote atau serigala prairi. Hewan ini juga kerap disebut sebagai anjing hutan. Meski masih berkerabat dan memiliki penampilan yang mirip, Koyote ternyata sangat berbeda dari serigala dan anjing biasa.

Mereka dikenal sebagai predator paling tangguh dan tersebar luas di Amerika Utara, mulai dari Meksiko hingga Alaska. Walau tidak pernah mendengar dari seseorang, kamu tentu pernah mendengar bahwa anjing ini terkenal karena dapat melolong dengan begitu keras terutama ketika berburu di malam hari.

Dilansir dari laman nationalgeographic.com dan mentalfloss.com, yuk, kenali lebih dalam anjing yang satu ini dengan menyimak fakta-faktanya berikut!

1. Banyak akal

Punya Banyak Akal & Sangat Tangkas, Ini 7 Fakta Unik dari Koyote Wfae.org

Koyote adalah jenis anjing yang mudah beradaptasi sehingga memungkinkannya untuk berkembang meski spesies lain sedang menyusut. Koyote dapat membuat sarang sendiri sejak awal, tetapi mereka juga bisa mengambil dan memperbesar lubang yang telah digali oleh binatang yang lebih kecil, seperti musang.

Mereka hanya dikenal licik, padahal mereka sebenarnya juga sangat pintar, tangkas, dan mudah beradaptasi di lingkungan yang berubah secara konstan.

2. Sering menjadi bintang dalam cerita rakyat Amerika

Punya Banyak Akal & Sangat Tangkas, Ini 7 Fakta Unik dari Koyote Nationalgeographic.com

Kecerdasan Koyote pertama kali diamati oleh penduduk asli Amerika. Banyak suku di berbagai benua yang menggambarkan anjing ini sebagai hewan yang kikuk, nekat, dan mampu memperdaya. Mereka disebut sebagai karakter utama dalam cerita rakyat, dan secara umum mereka dikenal dengan kisah kelicikan serta ketekunannya.

Dalam beberapa mitos, kemampuan Koyote untuk memanfaatkan keadaan sebaik-baiknya dan melakukan apa pun untuk sukses sering dipandang sebagai cerminan naluri kelangsungan hidup manusia sendiri.

3. Bisa memakan apa saja

Punya Banyak Akal & Sangat Tangkas, Ini 7 Fakta Unik dari Koyote Abcnews.go.com

Salah satu penyebab Koyote mudah beradaptasi adalah karena cara makannya yang simple. Mereka dapat memakan mamalia kecil seperti tikus dan kelinci, namun jika sangat diharuskan, mereka mau memakan buah, rumput, serangga, bangkai, bahkan sampah sekalipun.

Baca Juga: Gak Disangka, Hewan-hewan Ini Pernah Jadi Alat Transportasi

4. Memiliki banyak suara

Punya Banyak Akal & Sangat Tangkas, Ini 7 Fakta Unik dari Koyote Britannica.com

Lolongan jelas menjadi suara paling terkenal yang dibuat oleh Koyote. Selain suara tersebut, mereka ternyata masih memiliki banyak suara yang dapat mereka keluarkan. Total dari suara itu adalah 11 vokalisasi berbeda, yang masing-masingnya digunakan untuk berkomunikasi.

Lolongan di luar biasa mereka gunakan untuk kontak jarak jauh, suara lain dikategorikan untuk menyalak atau merengek, bahkan ada juga yang mereka pakai untuk gonggongan peringatan atau vokalisasi alarm.

5. Pandai berburu

Punya Banyak Akal & Sangat Tangkas, Ini 7 Fakta Unik dari Koyote Unsplash.com/Anthony Roberts

Ketika mencari mamalia kecil, Koyote biasanya lebih suka bekerja sendiri. Tapi, untuk mencari mangsa yang lebih besar, mereka akan membuat pengecualian. Misalnya, mereka sedang mengincar rusa, maka agar semua mendapat bagian, mereka akan berkumpul membentuk kelompok dan bergiliran mengejar rusa tersebut sampai terlalu lelah untuk berlari.

6. Atletis

Punya Banyak Akal & Sangat Tangkas, Ini 7 Fakta Unik dari Koyote Islandinstitute.org

Koyote mempunyai kecepatan dalam berlari yang sangat luar biasa. Mereka bisa mencapai kecepatan hingga 40 mph, mengalahkan beberapa spesies anjing lainnya. Tak hanya itu, mereka pun merupakan jumper yang sangat baik. Saat mereka melompat secara horizontal, mereka dapat membersihkan jarak hingga 13 kaki.

Mereka juga dapat melompat tinggi di udara, sehingga jangan heran apabila mereka dapat melewati pagar untuk memangsa hewan-hewan peliharaan.

7. Habitat yang bisa di manapun

Punya Banyak Akal & Sangat Tangkas, Ini 7 Fakta Unik dari Koyote Cronkiten.news

Anjing hutan sering digambarkan sebagai hewan yang berkeliaran di padang pasir kosong. Pada kenyataannya, mereka justru sering terlihat berkeliaran di jalan-jalan kota yang sibuk.

Para peneliti dari Amerika pernah melakukan survey di 105 wilayah pada tahun 2016, dan hasilnya, terdapat sekitar 96 di antara wilayah tersebut yang memiliki populasi Koyote.

Itulah beberapa fakta menarik tentang Koyote. Ternyata cukup ganas juga ya hewan yang satu ini!

Baca Juga: 7 Hewan Gak Biasa Ini Dianggap Wajar Dijadikan Peliharaan Zaman Dulu

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya