Comscore Tracker

Punya Visual Menawan, Ini 8 Fakta Unik dari Kucing Russian Blue 

Saking mewahnya, visualnya tampak seperti efek CGV! 

Bagi yang kerap menonton film atau iklan di televisi, mungkin tidak akan asing lagi dengan kucing yang satu ini. Ya, Russian Blue memang tampak berbeda dari kucing lain karena penampilannya yang begitu mirip dengan karakter animasi. Dilansir dari laman mentalfloss.com dan metro.co.uk, yuk simak fakta-fakta unik yang dimiliki oleh Russian Blue berikut ini!

1. Mempunyai visual unrealistic

Punya Visual Menawan, Ini 8 Fakta Unik dari Kucing Russian Blue Instagram.com/cutemeowingcat

Russian Blue sering tampil di iklan-iklan karena penampilan aslinya memang sudah mirip dengan model. Mereka mempunyai bulu yang sangat halus, mengkilap, dan licin; lengan yang elegan dan panjang; serta mata berwarna hijau yang akan semakin terang seiring dengan pertambahan usianya.

2. Ukuran tubuh yang dapat menipu siapapun

Punya Visual Menawan, Ini 8 Fakta Unik dari Kucing Russian Blue Instagram.com/rubletherussian

Russian Blue mempunyai bulu yang sangat tebal dan mewah. Bulu ini terdiri dari dua lapis dan lebih tebal dari ukuran bulu kucing biasa, sehingga tampilan mereka pun menjadi terlihat lebih besar. Di bawah bulu mereka itu tersimpan lemak yang cukup banyak. Jadi, meskipun kelihatan ramping, mereka nyatanya sangat kuat dan terampil.

Proporsi tubuh ini juga membuat gerakan mereka sangat cepat dan ringan, cocok sekali untuk melompat ke udara dan mendarat di lemari yang tinggi atau pintu.

3. Sempat menghilang pada masa Perang Dunia II

Punya Visual Menawan, Ini 8 Fakta Unik dari Kucing Russian Blue Instagram.com/rubletherussian

Sesuai namanya, Russian Blue adalah ras kucing yang berasal dari Rusia, tepatnya yaitu Rusia bagian barat laut. Menurut legenda setempat, mereka dulunya pernah menjadi korban para pemburu untuk diambil bulunya.

Mereka diperkenalkan pertama kali oleh para penjahit ke negara Inggris dengan nama Archangel Blue pada tahun 1875. Mereka diikutkan dalam kontes kucing London Crystal Palace, namun tidak memenangkan hadiah apapun.

Pada masa Perang Dunia II sekitar tahun 1912, mereka dikategorikan sebagai kucing yang berbeda jenis, yaitu “kucing luar negeri yang berwarna biru”. Mereka sempat menghilang pada masa ini karena gencarnya suasana perang saat itu.

Beruntungnya, mereka kembali dilestarikan karena setelah Perang Dunia II berakhir, para pecinta kucing dari berbagai negara memutuskan untuk meneruskan garis keturuan kucing tersebut.

Mereka diekspor oleh Inggris dan Scandinavia ke Amerika Serikat pertama kali pada sekitar tahun 1900, di mana pada masa itu, lahirlah kucing dengan kombinasi sempurna, yaitu berbulu biru dan bermata hijau seperti yang kita kenal saat ini.

4. Warna tidak biasa

Punya Visual Menawan, Ini 8 Fakta Unik dari Kucing Russian Blue Instagram.com/cutemeowingcat

Russian Blue mempunyai warna yang berbeda dari blue cat biasanya. Mereka tidak sama seperti British Blue yang memiliki pupil berwarna emas dan juga Chartreux yang mempunyai mata orange. Mereka memiliki mata berwarna hijau dan bulu berwarna biru, silver atau grey yang lebih halus dari kedua jenis kucing tersebut.

Warna pada bagian tubuh itu tentu menjadi kamuflase sempurna karena mereka dapat bercampur dengan warna gelap di tempat-tempat yang kekurangan cahaya.

Baca Juga: Kucing 101: 5 Kucing Paling Ramah yang Cocok Dipelihara Anak-anak

5. Suka berjemur

Punya Visual Menawan, Ini 8 Fakta Unik dari Kucing Russian Blue Instagram.com/russianbluecat

Hobi duduk di dekat jendela, Russian Blue ternyata melakukan kebiasaan tersebut karena sangat menyukai sinar matahari. Tempatkan saja mereka di tempat-tempat yang terkena paparan sinar matahari, maka mereka akan merasa sangat senang. Tak hanya itu, warna bulu mereka pun juga terlihat semakin mengkilap dan elegan jika terkena cahaya yang terang!

6. Punya kepribadian yang kalem dan pemalu

Punya Visual Menawan, Ini 8 Fakta Unik dari Kucing Russian Blue Instagram.com/cutemeowingcat

Russian Blue bisa menjadi kucing yang malu-malu dan pendiam ketika pertama kali mengenalnya. Namun, tidak usah khawatir, jika di kali kedua kalian sudah mengajak mereka bermain, maka mereka akan dengan senang hati menjadi sosok yang ramah dan playful.

Mereka mempunyai sifat yang kalem, sehingga sangat cocok jika mereka dijadikan sahabat bagi anak-anak dan anjing.

7. Rajin menjaga kebersihan diri

Punya Visual Menawan, Ini 8 Fakta Unik dari Kucing Russian Blue Instagram.com/rubletherussian

Tak seperti kucing pada umumnya, Russian Blue adalah tipe kucing yang tidak perlu dimandikan terlalu sering. Bulu mereka tidak mudah kusut, dan mereka pun adalah jenis kucing yang bisa menjaga kebersihan diri tanpa harus menjilati sekujur tubuhnya dengan rutin.

8. Memiliki harga yang sangat fantastis

Punya Visual Menawan, Ini 8 Fakta Unik dari Kucing Russian Blue Instagram.com/cutemeowingcat

Russian Blue mempunyai berbagai fitur yang sangat mewah dan berkelas. Oleh karena itu, untuk bisa memilikinya, kalian pun juga harus mengeluarkan kocek yang sangat mahal, yakni sekitar Rp7-42 juta per ekor.

Nah, itu dia beberapa fakta tentang kucing Russian Blue. Berniat memelihara mereka gak setelah tahu fakta-fakta tersebut?

Baca Juga: Kucing 101: Japanese Bobtail, Kucing yang Ekornya Pendek Banget

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You