Comscore Tracker

Kucing 101: 6 Fakta Serengeti, Kucing Lucu yang Berpenampilan Liar

Jangan nilai sesuatu hanya dari penampilannya!

Serengeti adalah ras kucing hibrida yang sangat populer karena penampilannya yang begitu eksotis. Nenek moyang mereka yang merupakan ras hibrida adalah penyebab mereka dikategorikan sebagai kucing hibrida juga. Dilansir dari berbagai sumber, ini beberapa fakta Serengeti yang wajib diketahui cat lovers.

1. Dapat berusia belasan tahun

Kucing 101: 6 Fakta Serengeti, Kucing Lucu yang Berpenampilan LiarInstagram.com/serengeticats

Serengeti termasuk kucing yang berukuran sedang hingga besar. Untuk mereka yang mempunyai fisik sehat, mereka bisa memiliki panjang tubuh 20-25 cm dan berat badan sekitar 8-12 kg. Hidup mereka pun juga mengagumkan, yakni bisa mencapai usia harapan 15 tahun.

2. Dikembangkan sejak tahun 90-an

Kucing 101: 6 Fakta Serengeti, Kucing Lucu yang Berpenampilan LiarInstagram.com/serengeticat

Serengeti bukan ras kucing hibrida yang baru. Mereka telah dikembangkan sejak tahun 1994 oleh Karen Sausman, pemilik Kingsman Cattery di California. Menurut laman viovet.co.uk, ahli konservasi ini mengembangkan kucing Serengeti karena ingin membuat kucing domestik baru yang memiliki tampilan cantik seperti Serval. Serval sendiri adalah jenis kucing liar yang berasal dari daerah Afrika.

3. Mempunyai tampilan yang elegan

Kucing 101: 6 Fakta Serengeti, Kucing Lucu yang Berpenampilan LiarPetguide.com

Serengeti mempunyai struktur tulang yang besar dan lentur. Kaki dan tubuhnya sangat panjang, sementara telinganya besar, namun ujungnya berbentuk bundar. Mereka memiliki mata yang sangat tajam berwarna kuning atau emas dan semua itu terletak di wajahnya yang kecil.

Untuk bulu, mereka kebanyakan memiliki bulu yang pendek dan mengilap. Coraknya cukup beragam dan sangat menawan mulai dari warna emas dengan bintik-bintik hitam, hitam pekat, abu-abu dengan bintik-bintik hitam, atau perak putih dengan bintik-bintik hitam.

Bintik-bintik hitam pada corak tubuh ini tersusun atas jarak yang berbeda layaknya corak pada seekor leopard.

Baca Juga: Kucing 101: 7 Fakta Jaguar, Kucing Besar yang Mampu Bunuh Anakonda!

4. Berpenampilan liar, tapi tidak memiliki kepribadian yang liar

Kucing 101: 6 Fakta Serengeti, Kucing Lucu yang Berpenampilan LiarCatster.com

Ungkapan “Jangan menilai sesuatu hanya dari penampilan fisiknya” sepertinya benar adanya. Serengeti memang terlihat mirip dengan Savannah (ras kucing hibrida, peranakan dari Serval Afrika), namun pada kenyataannya mereka tak memiliki hubungan darah yang membuatnya memiliki sifat liar.

Dikutip dari laman petguide.com, Serengeti justru memiliki sifat yang baik hati dan mudah bersosialisasi dengan makhluk lain karena mereka merupakan keturunan ras kucing Oriental Shorthairs dan Bengal.

5. Aktif dan harus dibuat sesibuk mungkin

Kucing 101: 6 Fakta Serengeti, Kucing Lucu yang Berpenampilan LiarInstagram.com/serengeticats

Memiliki sifat yang playful dan fisik atletis jelas membuat Serengeti tidak bisa diam. Mereka sangat pandai berlari dan juga melompat hingga jarak tujuh kaki. Mereka pun sangat senang bermain apalagi jika sudah akrab dengan pemiliknya.

Apabila berniat memelihara mereka, maka buatlah mereka sesibuk mungkin dengan berbagai mainan karena mereka bisa saja merusak barang-barang penting di rumah akibat sifat mereka yang begitu aktif.

6. Mudah dirawat

Kucing 101: 6 Fakta Serengeti, Kucing Lucu yang Berpenampilan LiarInstagram.com/serengeticats

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Serengeti merupakan kucing yang memiliki bulu pendek dan mengilap. Selain perawatan rutin seperti memotong kuku, membersihkan telinga, dan menggosok gigi, mereka hanya perlu dimandikan dalam frekuensi waktu yang tidak terlalu sering.

Bulu mereka mempunyai tekstur selembut sutra, sehingga seaktif apapun fisiknya, mereka akan mudah merawat kebersihan diri mereka.

Nah, itulah enam fakta dari Serengeti si kucing eksotis yang mudah bersosialiasi. Karena baik hati dan mudah dirawat, apakah kamu berniat untuk memeliharanya?

Baca Juga: Kucing 101: 5 Kucing Paling Ramah yang Cocok Dipelihara Anak-anak

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya