Comscore Tracker

Asal Mula Zona Waktu hingga Kehidupan, Ini 6 Dampak Rotasi Bumi

Dampak-dampak berikut bisa kamu amati setiap hari

Kita semua tahu bahwa rotasi bumi merupakan gerakan bumi yang berputar pada porosnya. Planet Bumi berputar dari arah barat ke timur, atau berlawanan dengan arah jarum jam ketika dilihat dari utara. Waktu yang diperlukan untuk melakukan satu putaran penuh hingga kembali ke titik semula yaitu 23 jam 56 menit dan 4 detik, kemudian dibulatkan menjadi 24 jam sehingga kita mengenalnya sebagai 1 hari di bumi.

Dengan adanya rotasi bumi, tentunya gerakan ini memiliki banyak dampak yang dapat dirasakan dan diamati setiap harinya. Kamu masih ingat apa saja? Berikut daftarnya

1. Terjadinya siang dan malam

Asal Mula Zona Waktu hingga Kehidupan, Ini 6 Dampak Rotasi Bumibigbustours.com

Bumi yang senantiasa berputar memungkinkan salah satu sisi mendapat sinar matahari dan sisi yang lainnya tidak secara bergantian, kemudian peristiwa ini kita kenal sebagai siang dan malam. Hal yang terjadi setiap hari ini tidak membutuhkan sesuatu yang khusus dalam prosesnya.

Umumnya siang dan malam terjadi dalam durasi waktu yang sama, yaitu sekitar 12 jam, tetapi ada beberapa tempat di Bumi yang bisa mengalami siang atau malam dalam satu hari penuh selama beberapa waktu. Fenomena seperti ini biasanya terjadi di wilayah sekitar lingkar kutub pada musim tertentu.

2. Gerak semu harian matahari

Asal Mula Zona Waktu hingga Kehidupan, Ini 6 Dampak Rotasi Bumiapod.nasa.gov

Gerak semu harian matahari membuat kita seolah-olah melihat matahari terbit di timur, terus bergerak hingga terbenam di barat. Padahal kita tahu bahwa fenomena ini juga akibat dari bumi yang berotasi dari arah barat ke timur. Tetapi, orang-orang pada zaman dahulu mempercayai bahwa matahari lah yang bergerak mengelilingi bumi.

Sebelum ditemukan jam seperti sekarang, manusia menggunakan bayangan benda yang terbentuk oleh cahaya matahari untuk menentukan waktu, dan yang seperti ini dikenal juga dengan sebutan jam matahari.

Baca Juga: 7 Potret Bumi dari Planet di Tata Surya, Seperti Apa Penampilannya? 

3. Pembagian zona waktu

Asal Mula Zona Waktu hingga Kehidupan, Ini 6 Dampak Rotasi Bumidayspedia.com

Tahun 1878, Sir Sanford Fleming yang merupakan seorang berkebangsaan Kanada mengusulkan rancangannya untuk membagi waktu di seluruh dunia menjadi 24 zona waktu. Usulan ini ia dasarkan pada bumi yang berotasi selama 24 jam dalam sehari. Selain itu,  karena terdapat 360 derajat bujur di bumi, jika dibagi dengan 24 maka setiap 15 derajat sama dengan satu jam.

Akhirnya pada tahun 1884 melalui sebuah konferensi yang diadakan Washington DC, ditetapkan pembagian waktu di bumi menjadi 24 zona waktu seperti yang diusulkan oleh Sir Sanford. Dalam acara yang dihadiri oleh 27 negara tersebut, juga disepakati bahwa nol derajat bujur terletak di Kota Greenwich, Inggris.

4. Kehidupan seperti sekarang

Asal Mula Zona Waktu hingga Kehidupan, Ini 6 Dampak Rotasi Bumicbc.ca

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu dampak terbesar dari aktivitas rotasi bumi yaitu adanya kehidupan di dalamnya. Bayangkan saja ketika bumi tidak berputar. Salah satu dampak terbesarnya yaitu satu sisi akan menjadi sangat panas karena mendapat sinar matahari dalam waktu yang lama, sedangkan sisi yang lain akan menjadi sangat dingin karena dalam waktu yang lama juga tidak mendapat sinar matahari.

Jika seandainya dari awal Planet Bumi tidak melakukan rotasi, mungkin kehidupan yang ada akan berbeda dan sama sekali tidak sama seperti kehidupan yang kita lihat sekarang ini. Bahkan bisa saja tidak ada kehidupan apa pun di bumi.

5. Arah angin

Asal Mula Zona Waktu hingga Kehidupan, Ini 6 Dampak Rotasi Bumiintelligentliving.co

Jika mengacu pada Hukum Buys Ballot, angin atau udara akan bergerak dari daerah yang bertekanan tinggi menuju daerah yang bertekanan rendah. Oleh karena itu, seharusnya angin akan begerak dari daerah kutub yang mempunyai tekanan tinggi ke daerah khatulistiwa yang tekanannya lebih rendah. Akan tetapi akibat dari adanya rotasi bumi, pergerakan angin akan berbelok ke arah timur.

6. Pergerakan arus laut

Asal Mula Zona Waktu hingga Kehidupan, Ini 6 Dampak Rotasi Bumisciencemag.org

Banyak hal yang menjadi penyebab dari timbulnya arus laut, salah satu yang paling dominan yaitu angin yang berhembus di atas permukaan laut. Pada Bumi bagian selatan, arus laut berbelok searah dengan perputaran jarum jam, namun di bagian Bumi utara arus laut akan berbelok berlawanan arah dengan perputaran jarum jam. Sama seperti arah angin, pergerakan arus laut dipengaruhi oleh Gaya Coriolis, yaitu gaya semu dari adanya rotasi bumi.

Itulah 6 dampak dari rotasi Bumi yang bisa kamu amati setiap hari. Semoga informasi menarik di atas bisa bermanfaat serta menambah wawasan kamu.

Baca Juga: 5 Struktur Bagian Bumi yang Menopang Kehidupan di Dalamnya, Apa Saja?

Mutahassin Bilhaq Photo Verified Writer Mutahassin Bilhaq

Just Do It

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya