Comscore Tracker

5 Negara yang Memiliki Bajak Laut Berbahaya, Ada Indonesia!  

Mengancam kawasan Afrika hingga Asia Tenggara 

Bajak laut atau yang juga dikenal dengan nama perompak merupakan salah satu penjahat maritim paling berbahaya. Tidak sekedar merampas kapal beserta barang-barang yang diangkut, para bajak laut juga tidak segan-segan menghabisi tawanannya dengan cara yang kejam, lho.

Diketahui keberadaan bajak laut telah ada sejak zaman Yunani kuno. Meskipun demikian, eksistensi dari bajak laut masih tetap ada sampai sekarang. Terbukti dengan adanya insiden pembajakan kapal di beberapa wilayah. Dilansir Statista, berikut tujuh negara yang memiliki bajak laut paling berbahaya di dunia.

1. Nigeria

5 Negara yang Memiliki Bajak Laut Berbahaya, Ada Indonesia!  ilustrasi bendera Nigeria (Clipartpng.com)

Negara di Afrika Barat ini memiliki catatan insiden pembajakan kapal terbanyak. Berdasarkan informasi yang dirilis oleh Statista Research Department, dalam satu tahun tercatat sebanyak 35 kasus pembajakan yang terjadi. Perompak di perairan Nigeria juga menggunakan peralatan canggih untuk menyerang kapal yang melintas.

Diketahui area pantai Nigeria merupakan salah satu dari sekian wilayah perairan di dunia yang paling berbahaya bagi kapal-kapal. Salah satu insiden yang baru-baru ini terjadi adalah pembajakan sebuah kapal kontainer Boden yang mengakibatkan 15 awak kapal warga negara Turki tertawan.

2. Indonesia

5 Negara yang Memiliki Bajak Laut Berbahaya, Ada Indonesia!  ilustrasi bendera Indonesia (Unsplash.com/Mufid Majnun)

Sebagai salah satu negara di Asia Tenggara, Indonesia juga termasuk ke dalam wilayah yang memiliki cukup banyak insiden pembajakan kapal. Berdasarkan informasi yang dirilis oleh Statista Research Department, diketahui sepanjang tahun 2020 terdapat sebanyak 26 kasus pembajakan.

Salah satu insiden yang terjadi adalah pembajakan sebuah kapal mewah Australia di perairan Lampung pada Mei 2020 kemarin. Diketahui kapal berlayar dari Australia dan melintasi wilayah perairan Kuala Tadas, Lampung. Selain itu insiden pembajakan juga terjadi di perairan Karimata yang meneror kapal-kapal nelayan.

Baca Juga: 5 Kejahatan Terburuk yang Pernah Dilakukan oleh Bajak Laut Donquixote

3. Singapura

5 Negara yang Memiliki Bajak Laut Berbahaya, Ada Indonesia!  ilustrasi bendera Singapura (unsplash.com/Justin Lim)

Nggak cuma Indonesia, lho, yang jadi wilayah rawan bajak laut di kawasan Asia Tenggara, tetapi negara tetangga kita juga. Berdasarkan informasi yang dirilis oleh Statista Research Department, diketahui selama kurun waktu 2020 terdapat sebanyak 23 kasus pembajakan kapal yang melintas di selat Singapura.

Sebagai kawasan yang menghubungkan jalur pelayaran ke berbagai negara, selat Singapura memang dilintasi banyak kapal. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para perompak. Diketahui sasaran utama para bajak laut di selat Singapura adalah kapal-kapal tanker.

4. Benin

5 Negara yang Memiliki Bajak Laut Berbahaya, Ada Indonesia!  ilustrasi bendera Benin (Vecteezy.com/Aranjuez Medina)

Terletak di Afrika Barat, Republik Benin merupakan salah satu kawasan yang wajib diwaspadai oleh kapal-kapal yang melintas di wilayah perairan tersebut. Dilansir Statista Research Department, diketahui sepanjang tahun 2020 terdapat sebanyak 11 kasus pembajakan kapal.

Salah satu insiden yang baru-baru ini terjadi adalah pembajakan kapal tanker De Poli di teluk Guinea lepas pantai Benin. Diketahui perompak telah melakukan penculikan terhadap 15 awak kapal dari kapal tanker yang mengangkut bahan kimia tersebut.

5. Ghana

5 Negara yang Memiliki Bajak Laut Berbahaya, Ada Indonesia!  ilustrasi bendera Ghana (adventurebirdingtours.com)

Selain Nigeria dan Benin, Ghana juga menjadi salah satu negara di Afrika Barat yang turut diwaspadai terkait serangan bajak laut terhadap kapal-kapal yang melintas. Dilansir Statista Research Department, diketahui sepanjang tahun 2020 sebanyak 9 insiden pembajakan kapal terjadi di Ghana.

Diketahui kawasan Afrika Barat tak ubahnya seperti rumah bagi para bajak laut. Salah satu insiden yang baru-baru ini terjadi adalah pembajakan kapal yang menimpa MV Rowayton Eagle. Diketahui kapal tengah berlayar dari Kepulauan Canary ke Lagos Nigeria dan mengalami pembajakan di sekitar pantai Accra, Ghana.

Meskipun sudah ada sejak zaman Yunani Kuno, namun keberadaan bajak laut masih eksis sampai sekarang. Terbukti dengan adanya beberapa insiden pembajakan kapal di beberapa kawasan. Wah, harus ekstra hati-hati nih bagi awak kapal yang mau melintasi wilayah tersebut.

Baca Juga: 5 Film Bajak Laut yang Seru Selain Pirates of the Caribbean

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Be grateful of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya