Comscore Tracker

5 Fakta Palo Alto, Kota Para Genius Tempat Tinggal Baru Maudy Ayunda

Kalau main ke sini, bisa ketularan genius, gak, ya?

Palo Alto, sebuah kota yang terletak di Negara Bagian California ini dikenal sebagai salah satu kota dengan penduduk paling terpelajar di Amerika Serikat. Sekarang, kota ini telah menjadi rumah kedua bagi bintang muda berprestasi tanah air, Maudy Ayunda. Ya, Palo Alto merupakan tempat Stanford University berada.

Menurut survei yang dilakukan oleh laman City-Data, sebanyak 40,2 persen dari penduduk Palo Alto setidaknya menyandang gelar magister, bahkan doktor. Wah, seperti apa kota kaum terpelajar ini, sih? Berikut beberapa fakta menarik dari Kota Palo Alto.

1. Keluarga yang berdedikasi di balik berdirinya Stanford University

5 Fakta Palo Alto, Kota Para Genius Tempat Tinggal Baru Maudy Ayundawww.stanford.edu

Ada kisah sedih di balik berdirinya universitas peringkat kedua ini (versi QS World University Rankings 2019). The Leland Stanford Junior University diambil dari nama Leland DeWitt Stanford, putra semata wayang pebisnis Jane dan Leland Stanford Senior.

Jane Stanford melahirkan putranya pada 1968. Kelahiran tersebut merupakan sebuah penantian yang cukup panjang setelah 18 tahun menikah dengan Leland Stanford Senior.

Leland Stanford Junior tumbuh menjadi bocah yang cerdas. Ia bermimpi untuk mendirikan museum di San Fransisco. Saat Keluarga Stanford melakukan perjalanan ke Eropa pada tahun 1880-an, Leland Stanford muda mengumpulkan benda-benda bersejarah untuk koleksi museumnya nanti.

Sayangnya, ia tidak bisa mewujudkan mimpinya. Pada 1884, Leland Stanford Junior meninggal dunia karena tifus. Setahun kemudian, Jane dan Leland menginisiasi pembangunan Stanford University untuk mengenang mendiang putra satu-satunya.

Sebuah perkataan mengharukan pun keluar dari mulut Leland Stanford Senior, “Anak-anak California sudah seperti anak kami sendiri. Kami berharap untuk dapat mendirikan perguruan tinggi tempat semua anak bisa mengenyam pendidikan sebagaimana kami berharap anak kami bisa mendapatkannya.”

Di area Stanford University terdapat Stanford Memorial Church dan Stanford Mausoleum yang didirikan untuk mengenang keluarga ini.

2. Stanford Research Park dan lahirnya perusahaan IT dunia

5 Fakta Palo Alto, Kota Para Genius Tempat Tinggal Baru Maudy Ayundastanfordresearchpark.com

Sepeninggal Keluarga Stanford, berbagai institusi pendidikan terus berkembang di Palo Alto. Frederick Terman, seorang profesor dan teknisi lulusan Stanford University, mendirikan Stanford Industrial Park pada 1950-an.

Kini, institusi ini telah berganti nama menjadi Stanford Research Park. Dari sini, fasilitas Kota Palo Alto semakin mendukung para teknisi dan cendekia.

Di kota ini pula, sejumlah perusahaan IT mengembangkan sayapnya sebelum mendunia. Dari PayPal, Skype, Facebook, hingga Google pernah bermarkas di kota yang memiliki arti ‘Pohon Tinggi’ dalam bahasa Spanyol ini.

Bahkan, aplikasi Ruangguru juga didirikan oleh anak muda yang pernah mengenyam pendidikan di Stanford, lho! Kalian tahu orangnya, kan?

Baca Juga: 7 Pelajaran Berharga yang Bisa Kita Teladani dari Maudy Ayunda

3. Garasi mungil cikal bakal Silicon Valley

5 Fakta Palo Alto, Kota Para Genius Tempat Tinggal Baru Maudy Ayundawww.hpmuseum.org

Kalian tahu Silicon Valley? Pusat inovasi teknologi dan media sosial terbesar di dunia? Ternyata, Silicon Valley lahir dari sebuah garasi sederhana yang berada di Palo Alto, lho!

Garasi yang saat ini dikenal dengan nama HP Garage ini dijuluki sebagai The Birthplace of Silicon Valley karena di sinilah David Packard dan William Hewlett merintis brand IT ternama HP (Hewlett-Packard).

Masih berkaitan dengan Prof. Frederick Terman, David Packard dan William Hewlett adalah dua mahasiswa yang mengikuti arahan sang profesor untuk mengembangkan teknologi di Palo Alto.

Dari bangunan mungil ini, HP menjadi salah satu perusahaan rintisan yang meluas menjadi Silicon Valley. Kini garasi dan rumah utama David Packard telah menjadi museum dan masuk dalam daftar situs bersejarah California.

4. Rumah pun jadi museum

5 Fakta Palo Alto, Kota Para Genius Tempat Tinggal Baru Maudy Ayundawww.pastheritage.org

Selain garasi rumah David Packard yang menjadi museum, ada satu lagi rumah warga Palo Alto yang kini disulap menjadi Museum of American Heritage. Bangunan yang berdiri sejak 1907 ini pada awalnya adalah rumah milik Keluarga Williams.

Ketika Rhona Williams meninggal pada 1989, ia mewariskan rumah ini pada pemerintah kota Palo Alto. Rhona secara khusus meminta rumah ini dimanfaatkan sebagai warisan budaya untuk mengenang orangtuanya, Dr. Thomas Marion Williams yang merupakan ahli fisika terkemuka Palo Alto.

Selain keluarga Williams, ada Frank Livermore yang berperan dalam pendirian museum ini. Dialah yang menyumbang ide, bahkan koleksi pribadinya demi berdirinya museum ini.

Museum yang buka setiap akhir pekan ini menampilkan koleksi perkembangan teknologi yang digunakan di Amerika dari 1750-1950, mulai dari mainan anak-anak, model kapal, telepon, radio, hingga mesin kasir lawas.

5. Foothills Park, eksklusif untuk warga Palo Alto

5 Fakta Palo Alto, Kota Para Genius Tempat Tinggal Baru Maudy Ayundawww.sfchronicle.com

Taman superluas yang mencakup 1.400 hektare dari Kota Palo Alto ini merupakan sarana eksklusif bagi warga Palo Alto untuk bersantai. Danau mini, hutan ek, jalur pendakian, hingga bukit dengan pemandangan South Bay menjadi pilihan untuk berelaksasi di tengah hiruk pikuk modernisasi Palo Alto.

Sayangnya, peraturan kontroversial dari pemerintah Kota Palo Alto melarang wisatawan untuk memasuki area Foothills Park, kecuali didampingi warga lokal.

Itu dia sejumlah fakta unik dan situs-situs terkenal di Kota Palo Alto. Kalau berlibur ke kota ini, kira-kira bisa bikin sepintar Maudy Ayunda, gak, ya?

Baca Juga: 9 Potret Keseruan Maudy Ayunda dengan Teman-teman Barunya di Standford

Nabila Erdita Photo Community Writer Nabila Erdita

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You