Comscore Tracker

5 Benda Sehari-hari yang Pertama Kali Ditemukan di India, Gak Nyangka!

Memudahkan kehidupan manusia modern, nih

Bicara soal India, kita tentu tak bisa lepas dari keunikan dan kekayaan budayanya. Namun, negara dengan salah satu peradaban tertua di dunia ini mempunyai banyak kontribusi signifikan terhadap peradaban umat manusia, lho.

Mulai dari penelitian kompleks hingga berbagai penemuan yang memudahkan kehidupan kita. Faktannya, beberapa produk yang kita gunakan sehari-hari juga ditemukan di negara yang dijuluki Anak Benua ini, lho. Penasaran apa saja? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Kabel USB

5 Benda Sehari-hari yang Pertama Kali Ditemukan di India, Gak Nyangka!ilustrasi kabel USB (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kabel USB atau Universal Serial Bus menjadi inovasi paling cemerlang dalam dunia komputasi. Alat ini dapat menghubungkan perangkat komputer dengan perangkat lainnya, baik untuk komunikasi seperti perpindahan data atau mengisi daya. 

Sebelum USB ditemukan, pengguna perlu beberapa kabel untuk jenis perangkat yang berbeda. Untungnya, seorang lelaki berkebangsaan India, Ajay Bhatt, berhasil menemukan sebuah alat yang berlaku universal untuk semua perangkat.

Berkat hal itu, laki-laki yang saat ini merupakan Chief System Technologist Intel tersebut mendapat penghargaan dalam ajang European Invention Award pada tahun 2013. 

2. Sampo

5 Benda Sehari-hari yang Pertama Kali Ditemukan di India, Gak Nyangka!ilustrasi mencuci rambut dengan sampo (freepik.com/prostooleh)

Produk perawatan rambut satu ini tak bisa terlepas dalam keseharian kita. Betapa tidak, tanpa sampo, rambut kita akan kotor dan berminyak sehingga membuatnya terasa tidak nyaman. Namun, pernahkah kamu berhenti sejenak dan memikirkan siapakah orang yang berjasa menemukan sampo?

Dilansir Daily Press, praktik penggunaan sampo pertama kali didemonstrasikan di India pada abad ke-4 SM. Kata sampo sendiri berasal dari bahasa Hindi, yaitu "champu" yang berarti "pijat".

Bahan-bahan alami, seperti ekstrak hibiskus, shikakai, gooseberry, dan soapberry digunakan dalam komposisi sampo, karena mampu mengangkat kotoran dan juga kaya akan nutrisi.

Baca Juga: 8 Penemuan Terbaru yang Mengubah Pemahaman Kita tentang Sejarah

3. Cheque atau cek

5 Benda Sehari-hari yang Pertama Kali Ditemukan di India, Gak Nyangka!ilustrasi cek (checks.com)

Cek merupakan dokumen perintah dari nasabah kepada bank untuk membayar sejumlah uang pada waktu yang ditunjukkan. Instrumen pembayaran ini pertama kali ditemukan pada 1659 di Inggris. Lebih dari seabad kemudian, Bank Hindustan mengenalkan cek pertama kali di India.

Namun, bukti sejarah menunjukkan bahwa cek telah digunakan sejak kekaisaran Maurya yang menguasai India pada 321-185 SM. Dikutip Reverse Bank of India, pada saat itu cek disebut juga adhesa yang digunakan sebagai instrumen pembayaran komersil.

4. Teknologi nirkabel

5 Benda Sehari-hari yang Pertama Kali Ditemukan di India, Gak Nyangka!ilustrasi jaringan internet (freepik.com/rawpixel.com)

Dewasa ini, penggunaan teknologi nirkabel seperti remot kontrol, WiFi, radar, TV, dan satelit memudahkan nyaris segala aspek kehidupan manusia. Faktanya, teknologi nirkabel yang kita gunakan sehari-hari lahir dari eksperimen Jagadish Chandra Bose pada 1895 di Balai Kota Kolkata, India.

Melalui laman Britannica diketahui, bahwa Bose melakukan penelitian mengenai microwave dan radio optik yang menjadi dasar teknologi nirkabel. Selain berkecimpung dalam bidang fisika, Bose juga merupakan ahli botani yang telah menghasilkan sejumlah karya brilian dalam bidang biofisika.

5. Gula tebu pasir

5 Benda Sehari-hari yang Pertama Kali Ditemukan di India, Gak Nyangka!ilustrasi gula tebu (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Meski bukan yang pertama kali mengekstrak gula dari air tebu, tapi produksi gula pasir dari air tebu baru dilakukan di India untuk pertama kalinya. Bahkan, proses ini sudah dilakukan sekitar dua ribu tahun silam. Gula tebu sendiri biasa digunakan sebagai pemanis kopi dan teh dengan rasa manis yang membuat candu.

Demikian deretan penemuan gemilang dari India yang telah digunakan umat manusia di seluruh penjuru dunia. Kira-kira, barang apa saja yang gak bisa lepas dari kehidupan kamu?

Baca Juga: 7 Penemuan Ini Membantu Ilmuwan Memahami Evolusi Manusia

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

A philosophy geek who spends most of her time browsing on the internet

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya