Comscore Tracker

Gak Cuma Penguin, Ini 5 Burung Pencetak Rekor Penyelaman Terdalam  

Berenang bisa, menyelam pun jago

Melihat penyu menyelam merupakan hal yang biasa bagi kita, bukan? Akan tetapi, bagaimana jadinya melihat burung yang terbang di angkasa ternyata juga bisa menyelam.

Tidak tanggung-tanggung, burung-burung berikut bahkan mampu menyelam di kedalaman puluhan hingga ratusan meter, mengalahkan manusia dan bahkan beberapa jenis ikan sekalipun. Mau tau apa saja?

1. Penguin (565 Meter)

https://www.youtube.com/embed/snAvGxz7D04

Tidak heran jika sampai saat ini belum ada satu pun jenis burung yang mampu mengalahkan kemampuan penyelaman penguin.

Dilansir dari Antartica Government, rekor penyelaman penguin yang tercatat diraih penguin emperor sedalam 565 meter. Laman The Guardian juga mencatat penyelaman terlama penguin emperor yakni selama 32,2 menit.

2. Thick-billed Murre (210 Meter) 

https://www.youtube.com/embed/86nt3yCkbQ4

Thick billed murre mencatatkan rekor sebagai burung terbang yang mampu menyelam sedalam 210 meter dalam Guinness World of Record. Dilansir All About Birds, rekor hidup terlama burung dari keluarga auk ini mencapai 28 tahun.

Penampakan atau postur burung ini sekilas hampir mirip penguin. Kaki berselaputnya terlampau pendek dengan warna dada putih serta bagian sayap dan punggung hitam.

Bedanya, burung ini bisa terbang serta memiliki paruh yang tergolong lancip. Hmm, serupa tapi tak sama ya.

Baca Juga: 5 Fakta Penguin Galapagos, Spesies Penguin yang Hidup di Iklim Tropis

3. Sooty Shearwater (60 Meter)

https://www.youtube.com/embed/zzgk__0bezk

Sooty shearwater  dikenal juga dengan sebutan penggunting laut. Walau kedalaman penyelamannya berbanding jauh dengan jenis burung sebelumnya, tapi tetap tidak bisa diremehkan lho.

Ditulis dalam laman The Encyclopedia of New Zealand, selain mampu berenang sampai kedalaman 60-70 meter, sooty shearwater juga merupakan penerbang jarak jauh yang baik. Dikutip dari Monterey Bay Aquarium, sooty shearwater  terbang sejauh 64.000 km setiap tahunnya.

4. Pecuk (45 Meter) 

https://www.youtube.com/embed/cS9wzAjbJ24

Burung ini memiliki banyak sebutan di antaranya shag, kormoran, dan pecuk. Ditulis dalam Ocean Wide Expeditions, pecuk mampu menyelam hingga sedalam 45 meter.

Pecuk sering dipelihara dan dimanfaatkan keahliannya untuk memancing ikan oleh para nelayan. Dilansir The Guardian, tradisi memancing dengan burung kormoran telah bertahan 1000 tahun lamanya di Tiongkok.

 

Burung ini sering di bawa bertengger di atas perahu nelayan, menjadikannya simbol ikonik bagi masyarakat tionghoa.

5. Gannet (43 Meter)

https://www.youtube.com/embed/1Cp1n_vPvYY

Baca Juga: 5 Fakta Little Penguin, Spesies Penguin Terkecil di Dunia

Gannet dikenal sebagai burung dengan gaya penukikannya yang indah. Dikenal sebagai torpedo divers, gannet mampu menyelam hingga kedalaman 43 meter dilansir dari The Encyclopedia of  New Zealand

Tak heran, ditulis dalam Oceana, sebelum menyelam gannet akan terbang di ketinggian lebih dari 30 meter di atas laut, lalu menukik lurus cepat ke bawah dan hilang menyelam di kedalaman laut.

Bahkan sebelum masuk ke laut, gannet meluruskan sayapnya agar tubuhnya lebih ramping serta memudahkan memecah ombak di permukaan air, ibaratnya torpedo.

Itulah daftar burung-burung dengan rekor penyelaman terdalam. Selain burung-burung di atas, burung apa lagi yang kalian tahu? 

Nadiah Mai Photo Verified Writer Nadiah Mai

Ig : https://www.instagram.com/nadiahmai/ Let's be friends ;-).

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya