Comscore Tracker

Selalu Jadi Pilihan, Flannel Memiliki 5 Fakta Menarik Ini Lho!

Item ini pasti ada di dalam lemari kamu, kan?

Bisa dikatakan bahwa flannel sendiri selalu populer dari masa ke masa karena sangat mudah dipadukan dengan item lainnya, setuju gak? Tidak hanya memberikan sentuhan gaya yang casual dan trendy, flannel ternyata juga mempunyai fakta menarik di baliknya, lho.

Flannel sudah sangat berjasa menjadi item yang menjadikan penampilan kamu semakin keren. Ini saatnya untuk mengetahui lima fakta menarik dari flannel.

1. Plaid adalah motif sedangkan flannel adalah jenis kain

Selalu Jadi Pilihan, Flannel Memiliki 5 Fakta Menarik Ini Lho!seamwork.com

Banyak yang menilai bahwa plaid dan flannel adalah hal yang sama, padahal antara keduanya sangatlah berbeda. Flannel merupakan kain yang dibuat dengan proses menenun dari wol atau kapas ataupun benang.

Beda halnya dengan plaid yang hanya sebuah motif, motif paling umum adalah kotak-kotak yang ditambahkan agar flannel semakin memiliki daya tarik. Ketika keduanya disatukan dari situ lah muncul perspektif yang salah di masyarakat. Bagaimana, sekarang kamu bisa membedakan bukan?

2. Flannel punya beberapa jenis tipe, lho!

Selalu Jadi Pilihan, Flannel Memiliki 5 Fakta Menarik Ini Lho!https://www.diynetwork.com/

Siapa bilang bahwa flannel hanya memiliki satu jenis saja? Flannel yang umumnya terbuat dari wol, namun seiring berjalannya waktu terdapat modifikasi dalam bahannya seperti kapas dan serat sintetis. Jenis flannel dengan sebutan baby flannel memiliki bahan kain flannel yang ringan karena dibuat khusus untuk pakaian anak-anak

Pada jenis ceylon flannel lebih memadukan bahan kapas dengan wol menjadi satu. Terdapat flannel dengan nama vegetable flannel yang mana terbuat dari serat pinus Skotlandia, kamu pasti baru tahu kan? Keren banget!

3. Dulu menjadi seragam para pekerja

Selalu Jadi Pilihan, Flannel Memiliki 5 Fakta Menarik Ini Lho!https://unsplash.com/Abby Savage

Flannel sendiri dipercaya sudah ada sejak 1600 ditemukan oleh petani Skotlandia dengan tujuan untuk menghangatkan diri ketika musim dingin tiba. Meski asal usul kata flannel sendiri nyaris tidak diketahui, dipercayai bahwa di Wales pada abad ke-17 kata itu menyebar.

Tidak hanya digunakan oleh petani, para penebang pohon di kawasan Amerika Utara juga menggunakan flannel ketika bekerja dengan tujuan yang sama pula. Ketebalan kain dari flannel mampu menahan suhu dingin ketika mereka yang tempat kerjanya berada di ruang terbuka.

Baca Juga: 10 Tips Style Kemeja Flanel Biar Tampilanmu Kece, Bro!

4. Mulai populer pada tahun 1990-an

Selalu Jadi Pilihan, Flannel Memiliki 5 Fakta Menarik Ini Lho!https://id.pinterest.com/

Berkat band populer seperti Nirvana dan Pearl Jam wabah flannel semakin mendunia. Kedua band legendaris tersebut menggunakan kemeja kotak-kotak berbahan flannel ketika sedang beraksi di atas panggung dan juga menjadikannya sebagai merek dagang ciri khas mereka.
Tetapi, melalui peristiwa itu mulai terjadilah penganggapan bahwa plaid dengan flannel adalah sebuah kesatuan dan sebagai sebuah sinonim. Repot juga ya!

5. Merawat flannel susah-susah gampang

Selalu Jadi Pilihan, Flannel Memiliki 5 Fakta Menarik Ini Lho!https://www.treehugger.com/

Salah dalam merawat kain flannel bisa membuat flannel malah terlihat kusam dan mengakibatkan serat tidak kuat lagi. Terdapat beberapa cara agar flannel tetap terjaga kualitasnya, lho, seperti dicuci menggunakan air dingin dengan pelembut pakaian agar teksturnya tidak rusak.

Tidak hanya itu saja, jangan menyikat kain flannel karena hanya akan mengakibatkan flannelmu menjadi berbulu. Ketika disetrika pun jangan terlalu panas ya! 

Fashion item satu ini jelas digandrungi oleh semua kalangan pada saat ini karena memiliki model yang selalu mengikuti zaman. Memadu padankan flannel dengan outfit lainnya cenderung mudah kok, kamu tinggal mencari referensi saja ya. Bagaimana? Apa kamu cukup kaget dengan fakta-fakta yang ada mengenai flannel

Baca Juga: Biar Baju Flanel Awet & Bisa Tampil Kece, Berikut 5 Cara Merawatnya

Naufal Al Rahman Photo Community Writer Naufal Al Rahman

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You