Comscore Tracker

Mengenal Corgi, Anjing Imut Berkaki Pendek yang Selalu Ceria

Tuh, gemas sekali kan?

Bagi kamu yang memelihara anjing, kamu lebih suka anjing bertubuh kecil atau besar? Keduanya memiliki plus minus masing-masing. Anjing bertubuh besar memang lebih enak dipeluk atau dijadikan anjing penjaga, sementara anjing bertubuh kecil dipilih karena hemat tempat, tidak boros makanan dan cenderung lebih panjang umur.

Jika kamu lebih suka anjing bertubuh kecil, anjing berjenis Corgi akan cocok untukmu. Seperti apa keistimewaan dan karakternya? Let's get closer with Corgi!

1. Berasal dari Wales, Britania Raya

Mengenal Corgi, Anjing Imut Berkaki Pendek yang Selalu Ceriathestar.com

Anjing mungil ini berasal dari Pembrokshire, Wales, Britania Raya. Dari sini nama lengkap anjing ini diambil. Corgi memiliki nama lengkap Pembroke Welsh Corgi. Lebih unik lagi, menurut legenda yang dipercayai oleh penduduk Wales, anjing Corgi diceritakan muncul dari sarang peri dan elf!

Menurut legenda, alkisah dua orang anak sedang berada di ladang untuk merawat ternak. Tiba-tiba mereka menemukan beberapa anak anjing. Mereka mengira anjing itu adalah rubah. Ketika dibawa pulang ke rumah, orang tua mereka memberi tahu bahwa itu adalah hadiah yang diberikan oleh para peri yang tinggal di ladang, ungkap laman Dog Time.

2. Identik dengan warna putih dan cokelat

Mengenal Corgi, Anjing Imut Berkaki Pendek yang Selalu Ceriadailyhive.com

Mengenali anjing Corgi begitu mudah. Anjing ini punya ciri fisik yang mudah diidentifikasi, seperti berbulu cokelat dan putih, mata berbentuk oval dan berwarna cokelat gelap, bentuk kepala seperti rubah, moncong hidung berwarna hitam serta telinga yang tegak. Ada 3 warna yang diakui oleh United Kennel Club, yaitu red & white, sable & white dan tricolor.

Secara alami, anjing Corgi dilahirkan dengan bentuk kaki yang pendek. Selain itu, biasanya Corgi punya ekor yang pendek atau justru tidak ada sama sekali. Tinggi rata-rata anjing Corgi adalah 25-30 cm dengan berat badan rata-rata 11-14 kilogram. Bulunya tebal dan lembut, menjadikan Corgi nyaman untuk dielus-elus!

3. Bisa hidup hingga 12-15 tahun!

Mengenal Corgi, Anjing Imut Berkaki Pendek yang Selalu Ceriaomlet.co.uk

Berdasarkan penelitian, anjing bertubuh kecil memiliki umur yang lebih panjang dari anjing bertubuh besar. Hal ini juga berlaku untuk Corgi. Anjing ini bisa hidup hingga 12-15 tahun. Meski begitu, Corgi adalah anjing bertipe achondroplastic atau kerdil sejati. Sehingga, ukuran tinggi badannya dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu yang diwariskan.

Biasanya Corgi menderita penyakit monorchidism, hip dysplasia, myelopathy degeneratif, atrofi retina progresif hingga penyakit Von Willebrand. Corgi juga rentan terkena obesitas karena nafsu makannya yang tinggi. Padahal, anjing yang gemuk memiliki risiko terkena penyakit jantung, diabetes, kanker dan hipertensi. Jaga anjingmu baik-baik, ya!

4. Merupakan anjing yang ceria dan sangat aktif

Mengenal Corgi, Anjing Imut Berkaki Pendek yang Selalu Ceriatownandcountrymag.com

Bisa dibilang, Corgi merupakan anjing yang sangat aktif dan berenergi tinggi. Memiliki sifat penyayang, suka terlibat dalam keluarga serta cenderung mengikuti ke mana pun pemiliknya pergi. Corgi adalah tipe anjing yang needy dan suka diperhatikan. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk memiliki Corgi apabila kamu tipe orang yang sibuk.

Selain itu, Corgi memiliki keinginan besar untuk menyenangkan pemiliknya. Tak heran jika anjing ini sangat bersemangat untuk belajar dan mudah dilatih. Selain itu, anjing Corgi juga ramah pada anak-anak dan sangat senang bertemu orang baru. Sifat ini membuat Corgi digemari dan dijadikan anjing kesayangan keluarga.

Baca Juga: 7 Jenis Anjing yang Betah di Rumah dan Gak Suka Menggonggong

5. Tergolong sebagai anjing yang cerdas

Mengenal Corgi, Anjing Imut Berkaki Pendek yang Selalu Ceriabestlifeonline.com

Corgi dikenal karena kecerdasan, cepat belajar dan memiliki kemauan yang kuat. Selain itu, Corgi juga sangat suka bersosialisasi, menyenangkan dan penuh kasih sayang. Cara untuk mengukur kecerdasannya bisa ditandai dari jumlah repetisi (pengulangan) yang dibutuhkan anjing untuk mempelajari perintah baru, ungkap laman The Smart Canine.

Tak heran apabila Corgi dikategorikan sebagai 'bright dog' oleh Stanley Coren PhD, seorang psikolog sekaligus pengamat anjing. Corgi bisa mempelajari perintah baru hanya dengan 5-15 kali repetisi, sementara anjing lain membutuhkan sekitar 25-40 repetisi. Ini berarti Corgi belajar 5-8 kali lebih cepat dari anjing lain pada umumnya.

6. Corgi adalah anjing penggembala yang pintar

Mengenal Corgi, Anjing Imut Berkaki Pendek yang Selalu Ceriawagwalking.com

Kecil-kecil cabe rawit! Siapa sangka, anjing bertubuh mungil ini bisa menggembalakan hewan ternak? Padahal, ukuran ternak berkali-kali lipat lebih besar dari tubuhnya. Meski sekarang Corgi lebih banyak jadi anjing keluarga, instingnya untuk menggembalakan hewan ternak masih ada, jelas laman Pembroke Welsh Corgi Club of America.

Corgi adalah anjing penggembala yang cerdas. Postur tubuhnya yang kecil justru menjadi keuntungan. Perawakannya yang pendek memungkinkannya merunduk di bawah tubuh ternak, sementara anjing yang lebih besar sering terkena tendangan tak sengaja dari hewan ternak. Selain itu, Corgi juga gesit dan berlari dengan lincah.

7. Merupakan anjing kesayangan Ratu Elizabeth II

Mengenal Corgi, Anjing Imut Berkaki Pendek yang Selalu Ceriapeople.com

Anjing Corgi ternyata punya tempat istimewa di keluarga kerajaan! Bahkan, anjing ini jadi kesayangan Ratu Elizabeth II lho! Ratu Elizabeth II menerima anjing Corgi pertamanya dari ayahnya, Raja George VI pada tahun 1933. Ratu Elizabeth sangat menyukai Corgi dan telah memiliki lebih dari 30 Corgi sejak ia jadi Ratu Kerajaan Persemakmuran di tahun 1952.

Pada tahun 2015, Ratu Elizabeth II berhenti membiakkan Corgi agar tidak meninggalkan apa pun ketika ia meninggal nanti. Corgi terakhirnya, Whisper, meninggal pada bulan April 2018. Sejak Whisper meninggal, Ratu tak memiliki anjing Corgi lagi. So sad!

Nah, itulah 7 fakta menarik seputar Corgi, anjing mungil berkaki pendek yang selalu ceria. Bagaimana, tertarik untuk memeliharanya?

Baca Juga: Mengenal Uniknya Samoyed, Ras Anjing yang Berbulu Putih Seperti Awan

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You