7 Benda Terkotor yang Harus Rutin Kamu Bersihkan

Sadar gak sih benda-benda ini sarang kuman dan bakteri?

Jika menyebut sesuatu yang kotor, pikiran kita otomatis terbayang ke sampah. Padahal, tanpa kita sadari, ada benda-benda yang kita pakai sehari-hari yang jadi sarang kotoran, kuman dan bakteri! Dari luarnya memang tampak bersih, namun jika dilihat lewat mikroskop, mungkin akan terlihat betapa kotornya benda itu.

Penasaran, apa kira-kira benda paling kotor itu? Apa yang menyebabkan benda itu jadi benda terkotor? Let's find the answer here!

1. Uang

7 Benda Terkotor yang Harus Rutin Kamu Bersihkanzzap.com

Kamu sudah pasti tau jawabannya mengapa uang jadi benda terkotor? Yep, ini karena uang berpindah dari satu tangan ke tangan lainnya begitu cepat. Sementara, kadar higienis tiap orang berbeda-beda, bakteri dan kuman yang menempel di tangan pun dengan cepat berpindah ke uang, lalu uang tersebut berpindah ke orang lain dalam sekejap mata.

Menurut laman Pure Wow, dalam selembar uang, ada berbagai jenis bakteri, virus dan kotoran, seperti bakteri e.coli, jamur, virus flu, bakteri penyebab pneumonia sampai sisa-sisa kotoran manusia. Semua itu tidak terlihat secara kasat mata dan baru ditemukan ketika kita melihatnya di bawah mikroskop.

2. Keyboard komputer

7 Benda Terkotor yang Harus Rutin Kamu BersihkanIlustrasi keyboard laptop (IDN Times/Umi Kalsum)

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Sekarang, hampir semua orang memiliki komputer atau laptop. Kita pun mengerjakan berbagai tugas sekolah, kuliah dan urusan pekerjaan dengan benda tersebut. Namun, sudahkah kamu cek seberapa kotor keyboard komputermu? Coba ingat-ingat, kapan sih kamu terakhir membersihkannya?

Ya, keyboard komputer adalah benda yang sering luput untuk dibersihkan. Tak hanya sela-sela keyboard yang dilapisi debu, tetapi bagian tuts-nya penuh dengan keringat, kotoran, bakteri dan kuman dari jari-jemari kita. Menurut peneliti di Universitas Arizona, keyboard komputer memiliki bakteri 400 kali lebih banyak dari kursi toilet, kutip laman National Center for Health Research.

Lebih kotor lagi komputer yang digunakan bersama, seperti komputer warnet, kantor atau sekolah. Jadi, jangan lupa cuci tangan sebelum dan sesudah memegangnya, ya! Jangan lupa juga untuk sering-sering mengelap dan membersihkan keyboard komputermu!

3. Saklar lampu

7 Benda Terkotor yang Harus Rutin Kamu Bersihkanamericanlifestylemag.com

Dalam sehari, berapa kali kita menghidup-matikan lampu di rumah? Tak terhitung kan? Itulah yang menyebabkan saklar lampu jadi benda yang kotor! Tanpa kamu sadari, berbagai kuman dan bakteri tinggal di permukaan saklar lampu yang jarang dibersihkan.

Mari enyahkan kemalasan, nyatanya membersihkan saklar lampu cukup mudah kok! Pertama, semprotkan cairan pembersih ke handuk kecil atau kain, lalu usapkan ke saklar lampu. Jangan langsung menyemprotkan cairan tersebut ke saklar, karena dikhawatirkan percikan air akan menyebabkan korsleting. Keringkan dengan kain lainnya. It's done!

4. Ponsel

7 Benda Terkotor yang Harus Rutin Kamu Bersihkannova100.com.au

Sudah berapa lama kamu menggunakan smartphone milikmu? Ingat gak, kapan terakhir dibersihkan? Atau bahkan tak pernah dibersihkan sama sekali? Inilah yang membuat hape jadi benda terkotor tanpa kita sadari! Bahkan, menurut laman The Health Site, handphone layar sentuh memiliki 25 ribu kuman per inci persegi. Kebayang gak?

Lebih lanjut, penelitian menunjukkan bahwa 92 persen hape memiliki bakteri dan 16 persen di antaranya mengandung e.coli, bakteri yang ditemukan di kotoran! Padahal, e.coli dapat menyebabkan diare, sementara virus influenza bisa menyebabkan flu dan gangguan pernapasan. Tak heran bila kita jadi mudah sakit!

Baca Juga: Gak Nyangka, Ini 10 Benda di Restoran dengan Bakteri Terbanyak!

5. Dudukan toilet

7 Benda Terkotor yang Harus Rutin Kamu Bersihkanuk.elis.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau toilet umum itu sarang kuman dan bakteri. Apalagi, jika toilet tersebut menggunakan kloset duduk! Bagian dudukan adalah bagian terkotor dari kloset tersebut. Laman BBC menyebut bahwa rata-rata dudukan kloset memiliki 50 bakteri per inci persegi.

Lantas, bakteri apa saja yang ada di dudukan kloset? Ada staphylococcus, norovirus hingga e.coli dan ebola. Jika kamu merasa khawatir dengan keberadaan kuman dan bakteri di dudukan kloset, cukup bersihkan dudukan kloset tersebut dengan tisu basah yang mengandung bahan antiseptik, saran laman The New York Times.

6. Remote control

7 Benda Terkotor yang Harus Rutin Kamu Bersihkanshutterstock.com

Selain itu, remote control juga jadi benda terkotor yang ada di rumah. Hal ini karena sering digunakan oleh anggota keluarga secara bergantian sehingga berisiko menularkan kuman dan bakteri kepada satu sama lain. Remote control yang kotor itu juga jarang dibersihkan, sehingga menyebabkan kotoran menetap di sana dalam kurun waktu lama.

Tak hanya remote TV, ini juga berlaku untuk remote AC. Akan lebih banyak kotoran jika remote tersebut digunakan oleh orang banyak, seperti di hotel atau perkantoran misalnya. Solusinya, bersihkan remote tersebut secara rutin. Melapisi remote dengan plastik juga bisa jadi cara untuk melindunginya dari kuman dan bakteri.

7. Keranjang belanja

7 Benda Terkotor yang Harus Rutin Kamu Bersihkanradio.com

Terakhir, benda kotor lainnya adalah keranjang belanja. Khususnya, di bagian pegangannya. Tak terhitung, dalam sehari ada berapa orang yang memegang keranjang belanja tersebut. Menurut laman Radio.com, ditemukan bakteri salmonella dan e.coli pada pegangan keranjang belanja.

Bakteri tersebut bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti diare, tipus dan sakit perut. Solusinya, sebelum menyentuh keranjang belanja, bersihkan bagian pegangan dengan tisu basah antiseptik terlebih dahulu. Repot sedikit tidak apa-apa, kan?

Nah, itulah 7 benda terkotor yang tak kamu sadari. Semoga ini bisa menambah wawasanmu, ya!