Comscore Tracker

7 Fakta Menarik Anjing Saint Bernard, Tokoh Utama dalam Film Beethoven

Cocok sebagai anjing kesayangan keluarga!

Sebentar lagi, libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru akan segera datang. Untuk menyemarakkan suasana liburan, biasanya TV akan menyetel ulang film-film keluarga. Salah satu film yang sering diputar adalah Beethoven (1992), film komedi keluarga dengan tokoh utama anjing dari ras Saint Bernard.

Apa istimewanya anjing dari ras Saint Bernard dan apakah cocok sebagai anjing kesayangan keluarga? Intip fakta menarik seputar anjing Saint Bernard di sini!

1. Dulunya adalah anjing penyelamat di daerah bersalju

7 Fakta Menarik Anjing Saint Bernard, Tokoh Utama dalam Film Beethovenfineartamerica.com

Jauh sebelum dikenal sebagai pemeran utama di film Beethoven, anjing Saint Bernard digunakan sebagai rescue dog alias anjing penyelamat. Anjing berukuran besar ini membantu para biksu untuk melewati daerah berbahaya di Pegunungan Alpen selepas badai salju, kira-kira di awal abad ke-18, ungkap laman Smithsonian.com.

Dalam kurun waktu 2 abad, anjing Saint Bernard berjasa menyelamatkan lebih dari 2.000 nyawa, dari anak-anak hingga tentara yang hilang ketika badai salju. Saint Bernard memiliki daya tahan tinggi terhadap suhu dingin dan cuaca ekstrem serta fisik yang kuat. Tak heran jika Saint Bernard menjadi anjing penyelamat yang sempurna.

2. Merupakan anjing yang berukuran besar

7 Fakta Menarik Anjing Saint Bernard, Tokoh Utama dalam Film Beethovendogstrust.org.uk

Ketika masih anak-anak, anjing Saint Bernard akan sangat menggemaskan. Tapi, tunggu sampai ia menjadi dewasa. Ia akan berubah menjadi anjing raksasa! Saint Bernard bisa tumbuh hingga tinggi 30 inci (76,2 cm) dan berat 180 pound (81,6 kg). That's why, kamu butuh rumah dengan ruangan berukuran besar jika ingin memelihara anjing ini.

Meski berukuran besar, Saint Bernard bukanlah anjing yang sangat aktif atau berenergi tinggi. Mereka adalah anjing indoor yang pendiam dan kalem. Namun, jangan lupa untuk mengajaknya berjalan-jalan sebagai bentuk olahraga rutin. Selain itu, Saint Bernard bukanlah anjing yang agresif walau ukurannya besar.

3. Ramah dengan anak-anak

7 Fakta Menarik Anjing Saint Bernard, Tokoh Utama dalam Film Beethovendoglime.com

Sedang mencari anjing yang cocok untuk anak-anak? Saint Bernard adalah pilihan yang tepat! Anjing ini senang tinggal di dalam rumah bersama keluarga yang mencintai mereka. Sifatnya yang lembut, sabar dan ramah membuatnya cocok dengan anak-anak. Meski begitu, anjing ini tidak terlalu playful dan lebih suka bermalas-malasan daripada bermain.

Bulunya yang lebat dan ukuran tubuhnya membuat Saint Bernard cocok untuk dipeluk. Walau demikian, Saint Bernard tidak disarankan untuk anak-anak di bawah usia 3 tahun. Sebab, anak-anak bisa jadi tidak sengaja terkena kibasan ekornya dan membuatnya menangis, jelas laman Dog Time. But, overall, Saint Bernard is a perfect family dog!

4. Tidak cocok tinggal di daerah beriklim panas

7 Fakta Menarik Anjing Saint Bernard, Tokoh Utama dalam Film Beethovenirishmirror.ie

Saint Bernard berasal dari tempat beriklim dingin di Pegunungan Alpen di Eropa. Oleh karena itu, anjing ini tidak tahan dengan suasana yang panas. Saat berada di bawah terik matahari, Saint Bernard akan mudah kelelahan dan lemas. Jika sudah demikian, bawa anjing ini ke tempat yang rindang dan sejuk, lalu beri air yang cukup.

Lebih baik, pelihara Saint Bernard di dalam ruangan yang telah dipasangi pendingin sehingga mereka tidak akan tersiksa dengan udara yang panas. Jika dipaksakan beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sengatan matahari, Saint Bernard akan terkena heat stroke dan bisa jatuh sakit nantinya, terang laman India Pups.

Baca Juga: 5 Fakta Sejarah Evolusi yang Terjadi pada Anjing Kesayanganmu

5. Apa kebiasaan buruk anjing Saint Bernard?

7 Fakta Menarik Anjing Saint Bernard, Tokoh Utama dalam Film Beethoventhedailytop.com

Setiap anjing dibekali dengan kelebihan dan kekurangan, termasuk Saint Bernard. Anjing ini memiliki kebiasaan buruk berupa ngiler, tutur laman Dog Time. Mereka bisa sewaktu-waktu mengiler dan mengotori lantai dengan ludahnya. Kebiasaan mengiler ini muncul ketika mereka sedang melamun dan membuka mulut.

Kebiasaan buruk lainnya adalah sifatnya yang cenderung jorok. Mereka suka bermain-main di lumpur atau tanah, sehingga bisa meninggalkan jejak yang kotor di lantai rumah kita. Belum lagi, bulunya yang tebal bisa rontok kapan pun dan membuat lantai kita kotor. Jadi, kamu harus rajin-rajin membersihkannya!

6. Sedihnya, mereka bisa terserang masalah kesehatan ini!

7 Fakta Menarik Anjing Saint Bernard, Tokoh Utama dalam Film Beethoventhedodo.com

Setiap anjing berisiko terkena masalah kesehatan yang berbeda-beda. Mereka berisiko terkena displasia pinggul, kondisi di mana tulang paha tidak pas dengan sendi pinggul. Selain itu, Saint Bernard juga rentan terkena displasia siku, kelonggaran sendi karena tulang yang tumbuh berbeda dan menyebabkan kepincangan, ujar laman Dog Time.

Anjing ini juga berisiko terkena entropion, kondisi di mana kelopak mata berguling ke dalam dan bisa mengiritasi bola mata. Saint Bernard juga rentan terkena epilepsi, alergi, dilatasi lambung-volvulus (GDV) hingga kardiomiopati dilatasi. Agar terhindar dari penyakit ini, kamu harus rajin check-up ke dokter dan menjaga kondisi kesehatannya!

7. Anjing ini juga rentan obesitas, lho!

7 Fakta Menarik Anjing Saint Bernard, Tokoh Utama dalam Film Beethovenvetstreet.com

Tubuhnya yang besar memerlukan asupan nutrisi yang tak kalah besar. Setidaknya, Saint Bernard butuh makan 5-6 cup dry food berkualitas tinggi, yang dibagi menjadi 2-3 kali makan. Porsi ini tidak mutlak karena bergantung pada umur, ukuran tubuh, sistem metabolisme dan tingkat keaktifannya, terang laman Dog Time.

Akibat doyan makan, Saint Bernard rentan obesitas. Oleh karena itu, pemilik harus menyeimbangkannya dengan mengajaknya berolahraga rutin. Anjing yang obesitas akan meningkatkan risiko terkena diabetes, tekanan darah tinggi, masalah pernapasan dan jantung. Tak jauh berbeda dengan manusia, ya?

Nah, itulah 7 fakta menarik seputar anjing Saint Bernard, tokoh utama dalam film Beethoven. Tertarik menjadikan anjing ini sebagai sahabatmu?

Baca Juga: 5 Ras Anjing yang Bisa Jadi Teman Baik Kucing Peliharaan

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You