Comscore Tracker

Berparuh Bebek dan Berbadan Berang-Berang, Ini 10 Fakta Unik Platipus

Hewan unik ini ternyata endemik Australia!

Australia dikenal sebagai 'gudangnya' hewan-hewan yang unik dan magis. Seperti kanguru yang memiliki kantung di perutnya, koala yang hanya memakan daun eukaliptus hingga berbagai spesies ular yang mematikan. Namun, tahukah kamu kalau platipus juga merupakan hewan endemik Australia?

Ingin tahu lebih banyak seputar mamalia berbadan berang-berang dan berparuh bebek ini? Simak fakta lengkapnya di bawah ini!

1. Platipus tidak punya lambung!

Berparuh Bebek dan Berbadan Berang-Berang, Ini 10 Fakta Unik Platipusonegreenplanet.org

Kamu mungkin akan kaget, sebab platipus tak memiliki lambung! Kerongkongan platipus langsung tersambung ke ususnya.

Tak seperti manusia, tidak ada lambung yang berfungsi untuk mengeluarkan asam dan enzim yang berguna bagi pencernaan. Namun, platipus bukan satu-satunya hewan yang tak memiliki lambung. Ada echidna dan beberapa jenis ikan lainnya, jelas laman Live Science.

2. Paruh platipus berfungsi seperti 'indera keenam'

Berparuh Bebek dan Berbadan Berang-Berang, Ini 10 Fakta Unik Platipusthestar.com

Penasaran, apa fungsi paruh bagi platipus? Paruh platipus terdiri dari ribuan sel reseptor yang membantu navigasi platipus di bawah air dan mendeteksi gerakan makanannya, seperti udang, ikan, cacing hingga katak kecil. Saking sensitifnya, platipus bisa berburu dengan mata, telinga dan hidung tertutup dengan hanya mengandalkan paruhnya.

3. Platipus menyusui tanpa puting!

Berparuh Bebek dan Berbadan Berang-Berang, Ini 10 Fakta Unik Platipusentertaininginternet.blogspot.com

Seperti yang kita ketahui, platipus adalah hewan mamalia. Namun, bagaimana cara platipus menyusui dalam kondisi tidak memiliki puting? Rupanya, air susu dikeluarkan dari saluran kelenjar susu di perut mereka. Bayi platipus akan meminumnya dengan mengisap lipatan kulit atau bulu induknya, terang laman Mental Floss.

4. Platipus jantan mempunyai taji yang beracun

Berparuh Bebek dan Berbadan Berang-Berang, Ini 10 Fakta Unik Platipustelegraph.co.uk

Sepintas, platipus tidak terlihat berbahaya. Namun, platipus punya senjata tersembunyi! Platipus jantan memiliki taji di kaki belakangnya yang bisa mengeluarkan racun. Taji ini hanya mengeluarkan racun saat musim kawin dan digunakan untuk bertarung dengan sesama pejantan atau saat ia merasa terancam, jelas laman Mental Floss.

5. Lebih lincah bergerak di air

Berparuh Bebek dan Berbadan Berang-Berang, Ini 10 Fakta Unik Platipusreddit.com

Selaput pada kaki platipus memudahkannya untuk berenang dan bergerak dengan lincah di dalam air. Sementara, waktu di darat, platipus bergerak lebih lambat dan harus mengerahkan 30 persen energi lebih banyak untuk bergerak. Selain itu, platipus bisa menahan napas selama 1-2 menit di dalam air.

Baca Juga: Seukuran Kucing Rumah, Intip 8 Fakta Menarik Seputar Panda Merah!

6. Menggunakan kerikil sebagai pengganti gigi

Berparuh Bebek dan Berbadan Berang-Berang, Ini 10 Fakta Unik Platipusanimalstime.com

Kalau kamu perhatikan lebih saksama, platipus tidak punya gigi! Hal ini membuatnya kesulitan mengunyah makanan, apalagi yang memiliki tekstur keras.

Namun, platipus tak kehabisan akal. Ia menggunakan batu kerikil yang diambil dari dasar sungai sebagai gigi darurat untuk memecah makanan yang keras, ungkap laman Mental Floss.

7. Lemak tubuhnya disimpan di bagian ekor

Berparuh Bebek dan Berbadan Berang-Berang, Ini 10 Fakta Unik Platipusbritannica.com

Berang-berang dan platipus memiliki bentuk ekor yang mirip. Lantas, apakah fungsinya? Rupanya, fungsi ekor platipus adalah untuk menyimpan setengah dari lemak tubuh dan digunakan apabila kekurangan sumber makanan. Selain itu, platipus betina memakai ekornya untuk membantu menetaskan telur.

8. Platipus adalah mamalia yang bertelur

Berparuh Bebek dan Berbadan Berang-Berang, Ini 10 Fakta Unik Platipusyoutube.com

Jika mamalia lain memiliki anak dengan cara melahirkan, platipus malah bertelur! Platipus adalah hewan monotremata (mamalia petelur).

Platipus betina akan menggali lubang untuk menjaga telurnya sampai menetas. Namun, platipus bukan satu-satunya mamalia petelur. Mamalia petelur lainnya adalah echidna.

9. Racunnya menyakitkan dan mematikan!

Berparuh Bebek dan Berbadan Berang-Berang, Ini 10 Fakta Unik Platipusamazing.zone

Taji yang ada di kaki belakang platipus jantan ini beracun. Racun ini cukup kuat untuk membunuh mamalia kecil, seperti kucing atau anjing.

Namun, racun ini tidak mematikan bagi manusia. Jika manusia terkena racun platipus, ia akan merasakan rasa sakit yang bertahan selama berminggu-minggu. Berhati-hatilah!

10. Diperkirakan, jumlahnya tinggal 20-100 ribu ekor saja

Berparuh Bebek dan Berbadan Berang-Berang, Ini 10 Fakta Unik Platipusphys.org

Sayangnya, hewan unik ini terancam kehilangan habitat akibat pembukaan lahan atau adanya bendungan yang mengganggu aliran sungai tempat mereka tinggal. Platipus juga terancam oleh predator seperti ular, tikus air, rubah dan anjing. Diprediksi, jumlah platipus saat ini hanya berkisar antara 20-100 ribu ekor, ungkap laman NSW Government.

Nah, itulah 10 fakta unik seputar platipus, mamalia berbadan berang-berang dan berparuh bebek ini. Tertarik untuk menjumpai platipus secara langsung?

Baca Juga: 5 Fakta Menakjubkan Ubur-Ubur, Salah Satu Hewan Paling Beracun di Bumi

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya