Comscore Tracker

12 Hewan dengan Waktu Kehamilan Paling Lama, Ada yang Sampai 3,5 Tahun

Masa kehamilannya lebih panjang dari manusia!

Kita semua tahu kalau manusia memiliki masa kehamilan normal 9 bulan 10 hari. Ternyata, masa kehamilan manusia bukan yang paling lama, lho! Ada banyak hewan yang memiliki masa kehamilan lebih panjang, mulai dari 1 tahun, 2 tahun bahkan 3,5 tahun! Wah, lama sekali waktunya sampai mereka melahirkan anak, ya?

Hewan-hewan apa yang memiliki masa kehamilan paling lama di muka bumi ini? Temukan jawabannya di bawah ini! Happy reading!

1. Manatee

12 Hewan dengan Waktu Kehamilan Paling Lama, Ada yang Sampai 3,5 Tahunscientificamerican.com

Manatee atau lembu laut memiliki masa kehamilan antara 11-12 bulan. Manatee hindia barat (Trichechus manatus) memiliki masa kehamilan 11 bulan, Amazonian manatee (Trichechus inunguis) memiliki masa kehamilan 12 bulan dan African manatee (Trichechus senegalensis) memiliki masa kehamilan 12 bulan. Biasanya, manatee akan melahirkan satu anak setiap 2-5 tahun sekali.

2. Tapir

12 Hewan dengan Waktu Kehamilan Paling Lama, Ada yang Sampai 3,5 Tahungizmodo.com

Sementara itu, tapir memiliki masa kehamilan 13 bulan. Baik tapir Asia, tapir Brasil dan tapir gunung, ketiganya memiliki periode kehamilan yang sama.

Bayi tapir memiliki corak warna yang berbeda dengan induknya, yakni memiliki bulu hitam atau cokelat dan dihiasi dengan corak garis serta bintik-bintik. Beratnya saat dilahirkan hanya 5 kilogram. Namun, ketika dewasa, tapir memiliki berat badan antara 227 hingga 363 kilogram!

3. Keledai

12 Hewan dengan Waktu Kehamilan Paling Lama, Ada yang Sampai 3,5 Tahunfineartamerica.com

Siapa sangka, keledai memiliki masa kehamilan lebih lama dari kuda? Kuda memiliki periode kehamilan antara 11-12 bulan, sementara keledai memiliki masa kehamilan 11-14 bulan.

Biasanya, keledai akan melahirkan satu anak saja setiap periode kehamilan. Namun, ada pula yang bisa melahirkan hingga 2 anak, meski tergolong langka. Anak keledai umumnya memiliki berat antara 8,6 sampai 13,6 kilogram.

4. Jerapah

12 Hewan dengan Waktu Kehamilan Paling Lama, Ada yang Sampai 3,5 Tahunthecreationclub.com

Coba tebak, berapa lama periode kehamilan jerapah? Ternyata, jerapah memiliki masa kehamilan antara 400-460 hari atau setara dengan 13-15 bulan!

Rata-rata jerapah hanya melahirkan satu anak saja. Tetapi dalam kasus langka, jerapah bisa melahirkan 2 anak sekaligus! Uniknya, jerapah akan melahirkan dalam posisi berdiri dan membuat bayi jerapah terjatuh dari ketinggian 6 kaki (1,8 meter).

Baca Juga: 7 Hewan Unik yang Bisa Ditemui di Korea Selatan

5. Unta

12 Hewan dengan Waktu Kehamilan Paling Lama, Ada yang Sampai 3,5 Tahunpinterest.com

Unta memiliki periode kehamilan yang tak kalah panjang, yakni 13 bulan untuk unta baktria (unta berpunuk dua) dan 15 bulan untuk unta Arab (unta berpunuk satu). Biasanya, unta betina akan melahirkan satu anak setiap periode kehamilan.

Namun ada pula unta yang bisa melahirkan 2 anak sekaligus. 30 menit setelah dilahirkan, bayi unta sudah bisa berdiri dan berjalan di sisi induknya! Wah, cepat sekali ya?

6. Walrus

12 Hewan dengan Waktu Kehamilan Paling Lama, Ada yang Sampai 3,5 Tahundailymail.co.uk

Tak berbeda jauh dengan unta, walrus memiliki periode kehamilan antara 15-16 bulan. Setelah itu, seekor bayi walrus akan dilahirkan. Rata-rata induk walrus akan melahirkan satu anak, tetapi ada pula yang bisa melahirkan dua anak walau sangat jarang.

Saat dilahirkan, bayi walrus memiliki berat antara 100-150 pound atau setara dengan 45-68 kilogram. Saat dewasa, walrus akan mencapai berat maksimal antara 1-2 ton!

7. Badak

12 Hewan dengan Waktu Kehamilan Paling Lama, Ada yang Sampai 3,5 Tahunwkbw.com

Setiap spesies badak memiliki periode kehamilan yang berbeda-beda. Badak India (Rhinoceros unicornis) dan badak hitam (Diceros bicornis) memiliki masa kehamilan antara 15-16 bulan, sementara badak putih (Ceratotherium simum) memiliki periode kehamilan 16-18 bulan. Biasanya, induk badak akan melahirkan satu anak saja, tetapi ada yang bisa melahirkan dua anak sekaligus.

8. Cacing beludru

12 Hewan dengan Waktu Kehamilan Paling Lama, Ada yang Sampai 3,5 Tahunflickr.com

Hewan ini memang kecil, namun periode kehamilannya lebih panjang dari manusia! Mari berkenalan dengan cacing beludru (Udeonychophora). Panjangnya memang hanya 10 cm, tetapi memiliki periode kehamilan hingga 15 bulan!

Beberapa spesies cacing beludru beranak dengan cara melahirkan, tetapi ada juga yang beranak dengan cara bertelur. Meskipun kecil, masa kehamilannya lama juga, ya?

Baca Juga: 10 Hewan Unik yang Mungkin Kamu Tak Tahu Bisa Bicara seperti Manusia

9. Paus

12 Hewan dengan Waktu Kehamilan Paling Lama, Ada yang Sampai 3,5 Tahunbabyanimalfacts.com

Tiap spesies paus memiliki periode kehamilan yang berbeda-beda. Paus biru memiliki masa kehamilan 10-12 bulan, paus bungkuk (Megaptera novaeangliae) mempunyai masa kehamilan 11 bulan, paus beluga (Delphinapterus leucas) dengan masa kehamilan 14-15 bulan, paus pilot sirip panjang (Globicephala melas) dengan periode kehamilan 16 bulan dan paus pembunuh (Orcinus orca) dengan masa kehamilan 15-18 bulan.

10. Gajah

12 Hewan dengan Waktu Kehamilan Paling Lama, Ada yang Sampai 3,5 Tahunpinterest.com

Berapa lama periode kehamilan gajah? Rupanya, gajah memiliki masa kehamilan antara 18-22 bulan! Bahkan, ada yang mencapai 2 tahun, lho! Biasanya, gajah akan melahirkan satu anak.

Dalam keseluruhan periode hidupnya, gajah betina bisa melahirkan hingga 12 ekor anak gajah! Ketika dilahirkan, anak gajah memiliki berat antara 200-268 pound atau setara dengan 90-121 kilogram. Berat banget!

11. Salamander alpin hitam

12 Hewan dengan Waktu Kehamilan Paling Lama, Ada yang Sampai 3,5 Tahunshutterstock.com

Satu lagi binatang kecil yang memiliki periode kehamilan yang lama: salamander alpin hitam! Hewan dengan nama latin Salamandra atra ini memiliki periode kehamilan antara 2-3 tahun! Padahal, panjang tubuhnya hanya 14,4 cm untuk pejantan dan 15,1 cm untuk betina.

Sekali melahirkan, salamander betina rata-rata memiliki 2 anak dengan panjang 5 cm saat dilahirkan. Meski langka, ada salamander betina yang melahirkan 3-4 anak, lho.

12. Hiu

12 Hewan dengan Waktu Kehamilan Paling Lama, Ada yang Sampai 3,5 Tahunwikipedia.org

Terakhir, hiu adalah hewan yang memiliki masa kehamilan yang cukup lama. Periode kehamilannya bervariasi antara 6 bulan hingga 2 tahun, tergantung masing-masing spesies. Bahkan, hiu berjumbai (Chlamydoselachus anguineus) memiliki masa kehamilan hingga 3,5 tahun!

Uniknya lagi, janin hiu akan memangsa saudaranya sendiri sejak di dalam kandungan. Wah, kecil-kecil kanibal, ya?

Nah, itulah 12 hewan dengan periode kehamilan terpanjang di bumi ini. Kalau kamu, paling takjub sama yang mana, nih?

Baca Juga: Bukan Mamalia, 7 Hewan Unik Ini Terbukti Juga Menyusui Anaknya Lho!

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You