Comscore Tracker

7 Hewan yang Disebut Feminis, Ada yang Bereproduksi Tanpa Jantan Pt.1

Bahkan, hewan bisa 'mendobrak' sistem patriarki!

Bukan hanya manusia, hewan pun juga bisa 'mendobrak' sistem patriarki dan peran gender tradisional. Tak percaya? Beberapa spesies hewan dibekali kemampuan untuk bereproduksi secara mandiri tanpa bantuan sperma dari pejantan! Bahkan, ada spesies hewan yang dipimpin oleh sosok betina yang kuat dan tangguh!

Mau tahu, hewan apa saja yang sering disebut sebagai feminis? Intip penjelasannya lewat artikel berikut ini! Baca sampai tuntas, ya!

1. Gajah

7 Hewan yang Disebut Feminis, Ada yang Bereproduksi Tanpa Jantan Pt.1quora.com

Kawanan gajah dipimpin oleh sosok gajah betina yang kuat dan tangguh. Sistem yang dianut oleh gajah adalah matriarki, di mana kepemimpinan tertinggi berada di gajah betina tertua.

Ia akan memimpin kawanan betina serta anak-anak gajah. Selain itu, jika pemimpin dianggap tidak kompeten, akan dipilih gajah betina lain untuk menggantikannya.

2. Kuda laut jantan

7 Hewan yang Disebut Feminis, Ada yang Bereproduksi Tanpa Jantan Pt.1youtube.com

Kuda laut adalah hewan yang cukup unik. Setelah kawin dan terjadi pembuahan, kuda laut betina menaruh telur yang sudah dibuahi di kantung kuda laut jantan.

Lalu, kuda laut jantan akan membawa telur itu sampai tiba waktunya untuk menetas. Karena fenomena ini, kuda laut jantan seolah melawan stereotip gender tradisional!

3. Komodo

7 Hewan yang Disebut Feminis, Ada yang Bereproduksi Tanpa Jantan Pt.1cnn.com

Komodo bisa melakukan virgin birth alias melahirkan dan bereproduksi tanpa sperma dari pejantan. Kemampuan ini disebut sebagai parthenogenesis dan ditemukan pada 70 spesies hewan vertebrata, terang laman Live Science. Komodo betina bisa menghasilkan keturunan, baik dengan cara seksual (kawin) maupun aseksual.

4. Zebra Finch

7 Hewan yang Disebut Feminis, Ada yang Bereproduksi Tanpa Jantan Pt.1ebird.org

Yang kita ketahui selama ini, pejantan memiliki hormon testosteron lebih tinggi dari betina, baik pada hewan atau manusia. Namun, hal ini berbanding terbalik pada burung zebra finch (Taeniopygia guttata). Burung betina akan menambahkan hormon testosteron pada telur yang sudah dibuahi, jelas laman Buzz Feed.

Baca Juga: Unik! 9 Hewan Ini Memiliki Tubuh Cantik Berwarna Merah Muda, lo!

5. Singa betina

7 Hewan yang Disebut Feminis, Ada yang Bereproduksi Tanpa Jantan Pt.1fuzzyundertones.com

Lioness is badass. Singa betina akan berburu dan membunuh mangsa untuk kepuasan dan harga diri mereka. Hasil buruannya itu akan dimakan oleh singa jantan dan anak-anak mereka. Bahkan, singa betina lebih jago berburu dari singa jantan. Namun, justru singa betina sebagai pemburu akan makan paling terakhir.

6. Cumi-cumi

7 Hewan yang Disebut Feminis, Ada yang Bereproduksi Tanpa Jantan Pt.1montereybayaquarium.org

Bukan hanya manusia, hewan juga punya otoritas penuh atas tubuhnya. Ketika cumi-cumi betina (Doryteuthis opalescens) didekati oleh cumi-cumi jantan yang tidak ia inginkan, ia akan menunjukkan testis palsu. Ini dilakukan agar cumi-cumi jantan mengira bahwa yang didekati adalah sesama pejantan dan bisa mengusirnya pergi, ungkap laman Buzz Feed.

7. Lebah

7 Hewan yang Disebut Feminis, Ada yang Bereproduksi Tanpa Jantan Pt.1barnyardbees.com

Peran ratu lebah sangat vital bagi sarangnya. Tanpa sang ratu, tidak ada lebah lain yang bisa menghasilkan telur untuk melanjutkan keturunan.

Telur yang dibuahi bisa lahir menjadi lebah pekerja atau ratu lebah tergantung apa yang mereka makan. Lebah pekerja akan diberi makan royal jelly selama beberapa hari pertama, lalu akan makan serbuk sari. Sementara ratu lebah hanya diberi makan royal jelly saja.

Nah, itulah 7 hewan yang disebut feminis beserta penjelasannya. Nantikan bagian selanjutnya di part 2, ya!

Baca Juga: 7 Hewan Beracun Ini Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan Manusia

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You