Comscore Tracker

10 Hewan yang Bisa Kamu Temukan Saat Mendaki Gunung, Menggemaskan!

Sudah pernah ketemu sama yang mana nih?

Mendaki gunung kini menjadi hobi yang digandrungi oleh sebagian besar anak muda. Gak heran, panorama alam yang indah dari ketinggian selalu berhasil membius siapa saja. Mendaki gunung seolah menjadi cara untuk lari sejenak dari realitas yang ada di kota tempat kita tinggal.

Sebagai negara yang memiliki total 877 gunung, tentu akan menjadi habitat yang nyaman untuk ditinggali hewan. Lantas, hewan apa sajakah yang bisa kamu temui ketika mendaki gunung? Penasaran? 

1. Merak

10 Hewan yang Bisa Kamu Temukan Saat Mendaki Gunung, Menggemaskan!picfair.com

Merak hijau (pavo muticus) merupakan burung endemik khas Pulau Jawa yang mulai jarang ditemui di alam liar. Meski begitu, ketika kamu mendaki Gunung Argopuro di Jawa Timur, kamu bisa saja berkesempatan bertemu merak hijau! 

Burung ini kerap ditemukan di Cikasur, salah satu pos di gunung yang memiliki ketinggian 3.088 mdpl tersebut. Namun, karena tergolong hewan liar, merak ini cukup sensitif dengan keberadaan manusia. Jadi, jangan terlalu dekat dan jangan mengusik mereka, ya!

2. Elang Jawa

10 Hewan yang Bisa Kamu Temukan Saat Mendaki Gunung, Menggemaskan!nevsedoma.com.ua

Hewan dengan nama latin Nisaetus bartelsi ini juga merupakan burung endemik asli Pulau Jawa. Burung dengan ukuran tubuh 60-70 cm dengan rentang sayap 110-130 cm ini kerap ditemukan terbang di sekitar Lereng Gunung Merapi, Jawa Tengah.

Meski tergolong jarang ditemukan, jika kamu beruntung, kamu bisa bertemu dengan burung yang jadi maskot PSS Sleman ini. Keberadaannya semakin langka dan terus dipantau oleh tim Pengendali Ekosistem Hutan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).

3. Macan tutul

10 Hewan yang Bisa Kamu Temukan Saat Mendaki Gunung, Menggemaskan!steemit.com

Siapa bilang kalau macan tutul sudah gak ada di habitat aslinya? Kenyataannya, mereka masih hidup di alam liar, meskipun jumlahnya semakin menurun drastis. Seperti macan tutul Jawa (Panthera pardus melas) yang bisa ditemukan di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Kesempatan untuk bertemu macan tutul ini bisa dibilang sangat langka, karena mereka umumnya berkeliaran ketika malam tiba. Sedihnya, macan tutul ini jumlahnya tersisa 25 ekor saja di TN Gede Pangrango! Hal ini dituturkan oleh Kepala Seksi Perlindungan Perencanaan dan Pengawetan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Aden Mahyar, pada 17 Mei 2018. Miris!

4. Babi hutan

10 Hewan yang Bisa Kamu Temukan Saat Mendaki Gunung, Menggemaskan!grandviewoutdoors.com

Hewan satu ini banyak ditemukan di berbagai gunung di Indonesia. Mulai dari Gunung Sindoro, Gunung Slamet, Gunung Papandayan, dan lain sebagainya. Meski begitu, hewan dengan nama latin Sus scrofa ini kerap dianggap pengganggu, karena sering merusak tenda dan mencuri makanan para pendaki.

Untuk menghindari serangan babi hutan, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Di antaranya, jangan mendirikan tenda dekat dengan sampah, selalu bersihkan peralatan masak dan jaga kebersihan di sekitar tenda. Niscaya, mereka tak akan mengganggumu.

5. Elang bido

10 Hewan yang Bisa Kamu Temukan Saat Mendaki Gunung, Menggemaskan!wikimedia.org/KoshyKoshy

Selain Elang Jawa, peneliti di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Jawa Tengah menemukan spesies elang-elang lainnya. Salah satu di antaranya adalah Elang Bido. Selain di Indonesia, populasi elang ini juga tersebar luas di negara lain, seperti India, Nepal, Srilanka dan Filipina. 

Elang-elang lainnya yang memiliki habitat alami di Gunung Merapi yaitu jenis elang hitam, elang brontok dan elang sikep madu.

Baca Juga: 7 Hewan dengan Pendengaran Terbaik di Dunia, Kelelawar Bukan Juaranya!

6. Monyet ekor panjang

10 Hewan yang Bisa Kamu Temukan Saat Mendaki Gunung, Menggemaskan!junglequeen.com

Pernah ketemu dan diganggu hewan ini gak? Yep, monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) mudah ditemukan di beberapa gunung. Di antaranya adalah Gunung Salak, Gunung Merapi, Gunung Galunggung, Gunung Batur dan lain sebagainya.

Meski terlihat lucu, jangan terlena oleh tatapan matanya. Nyatanya, monyet ini sering ditemui menyerang pendaki, apalagi jika monyet tersebut datang secara bergerombol dengan kelompoknya. Mereka akan semakin agresif jika tahu kita membawa makanan. Hati-hati, ya!

7. Anjing hutan

10 Hewan yang Bisa Kamu Temukan Saat Mendaki Gunung, Menggemaskan!genpi.co

Di hutan, kadang-kadang hidup kawanan anjing liar. Gak cuma anjing yang menyerupai anjing kampung, ada juga lho spesies anjing hutan asli Indonesia. Namanya Ajag (Cuon alpinus) dan bisa ditemui di beberapa gunung, seperti Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Bromo dan Taman Nasional Baluran. Sekilas, tampak mirip rubah, ya?

Ajag tidak menyerang manusia. Mereka hanya sesekali terlihat sembari melolong di tengah malam. Untuk menghindari kontak dengan Ajag, jangan membuang sisa makanan di dekat tenda.

8. Pacet (lintah)

10 Hewan yang Bisa Kamu Temukan Saat Mendaki Gunung, Menggemaskan!idfg.idaho.gov

Gak usah heran jika bertemu pacet ketika mendaki gunung. Hewan ini kerap menghisap darah pendaki, bahkan tanpa kita sadari. Biasanya, pacet bisa kita temukan di gunung yang habitatnya masih asri dengan hutan yang cenderung lebat dan rapat. 

Gunung Bukit Raya, Kalimantan Tengah, sering disebut-sebut sebagai kerajaan pacet. Ngerinya, pacet di Gunung Bukit Raya cenderung agresif dalam menyerbu manusia. Tanpa disadari, pacet itu sudah menempel di tangan, kaki dan punggung kita. Cara mengusirnya adalah dengan memberi garam, taburan tembakau hingga membakarnya dengan api.

9. Anis gunung

10 Hewan yang Bisa Kamu Temukan Saat Mendaki Gunung, Menggemaskan!hbw.com

Burung satu ini menjadi legenda di Gunung Lawu. Mari bertemu Anis gunung (Turdus poliocephalus) atau yang dikenal juga dengan sebutan jalak gading. Mitosnya, anis gunung akan menuntun pendaki yang tersesat ke jalan yang benar.

Populasi anis gunung cukup terjaga di Gunung Lawu, terutama jika mendekati puncak gunung. Burung ini kerap ditemui di jalur pendakian karena sengaja mencari sisa-sisa makanan yang ditinggalkan oleh pendaki.

10. Lutung budeng

10 Hewan yang Bisa Kamu Temukan Saat Mendaki Gunung, Menggemaskan!milanzygmunt.com

Satu lagi hewan primata yang bisa kalian temui di gunung: Lutung budeng (Trachypithecus auratus)! Hewan satu ini bisa kalian temukan di Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Masih di kawasan yang sama, kalian juga bisa menemukan rusa, kijang, musang, hingga kakatua jambul!

Nah, itu tadi 10 hewan yang bisa kalian temukan ketika mendaki gunung. Jangan mengusik dan merusak habitatnya, ya! Mari kita sama-sama menjaga kelestarian flora dan fauna di Indonesia!

Baca Juga: 10 Hewan Lucu Ini Tak Disangka Punya Sifat Kanibal, Mengejutkan Sains!

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You