Comscore Tracker

7 Karya Seni Pablo Picasso Paling Dikagumi, Tengok yuk!

Kebanyakan adalah lukisan yang fenomenal

Pablo Ruiz Picasso adalah seniman yang lahir di Spanyol namun menghabiskan sebagian besar masa dewasanya di Prancis. Ia mulai melukis sejak usia 7 tahun dan terus berkarya sampai menghembuskan napas terakhirnya di usia 91 tahun.

Picasso adalah salah satu seniman yang sangat produktif dan telah menghasilkan sekitar 50.000 karya seni. Rinciannya, lebih dari 1.800 lukisan, lebih dari 4.000 patung dan keramik, sekitar 12.000 gambar, ribuan cetakan, hingga permadani, dilansir I Travel With Art.

Dari sekian banyak karya seni yang diciptakan oleh Pablo Picasso, berikut ini beberapa yang terbaik. Here we go!

1. The Tragedy

7 Karya Seni Pablo Picasso Paling Dikagumi, Tengok yuk!Lukisan "The Tragedy". (nga.gov)

Di tahun 1903, saat Periode Biru berlangsung, Picasso melukis "The Tragedy". Selama periode ini, sebagian besar lukisannya didominasi warna biru yang menyiratkan kesengsaraan, keputusasaan, dan kemuraman. Ia sendiri mengalami kondisi emosional yang sulit dan menyalurkannya menjadi karya.

Lukisan ini menggambarkan tiga sosok yang meringkuk di tepi pantai. Tidak ada petunjuk apa pun, kecuali raut muka yang terlihat sedih. Lukisan ini bisa disaksikan di National Gallery of Art di Washington DC.

2. Les Demoiselles d'Avignon

7 Karya Seni Pablo Picasso Paling Dikagumi, Tengok yuk!Lukisan "Les Demoiselles d'Avignon". (guyhepner.com)

Kemudian, di tahun 1907, Picasso selesai melukis "Les Demoiselles d'Avignon" atau wanita muda Avignon. Awalnya, Picasso berniat melukis adegan bordil dengan pelacur dan pelanggan prianya. Namun, justru berakhir menjadi lukisan lima wanita yang abstrak, mirip kolase, dengan gaya kubisme.

Ketika dipamerkan, lukisan ini menimbulkan kontroversi dan perdebatan. Walau banyak pihak yang mengkritik dan bahkan membenci, lukisan ini dianggap sebagai pionir dari gerakan seni kubisme revolusioner. Jika ingin melihat lukisan ini, datanglah ke Museum of Modern Art di New York City (NYC).

3. Guernica

7 Karya Seni Pablo Picasso Paling Dikagumi, Tengok yuk!Lukisan "Guernica". (pablopicasso.org)

"Guernica" disebut sebagai salah satu lukisan Picasso yang paling terkenal. Dianggap sebagai karya seni anti-perang, lukisan ini adalah reaksi terhadap pemboman Nazi yang menghancurkan kota Guernica di Basque selama Perang Saudara Spanyol.

Setelah lukisan ini selesai dibuat, Picasso melakukan tur dunia dan membuat Perang Saudara Spanyol mendapat atensi internasional. Kamu bisa menjumpai lukisan ini di Museo Reina Sofía, Madrid.

4. Les Femmes d'Alger

7 Karya Seni Pablo Picasso Paling Dikagumi, Tengok yuk!Lukisan "Les Femmes d'Alger". (itravelwithart.com)

Antara tahun 1954-1955, Picasso menciptakan "Les Femmes d'Alger", yaitu 15 lukisan yang terinspirasi oleh lukisan Eugène Delacroix di tahun 1834. Dalam style khas Picasso, ia mendistorsi tubuh wanita, menjadikannya abstrak, menambahkan elemen kubisme dengan warna-warna cerah.

Picasso membuat 15 versi lukisan, dari A sampai O. Namun, yang paling dikagumi oleh kritikus seni adalah versi O. Dan di tahun 2015, lukisan "Les Femmes d'Alger" versi O laku terjual seharga 160 juta dolar dan memecahkan rekor dunia!

Baca Juga: 7 Lukisan Gua Tertua di Dunia, Menakjubkan!

5. The Old Guitarist

7 Karya Seni Pablo Picasso Paling Dikagumi, Tengok yuk!Lukisan "The Old Guitarist". (cedareducation.org.uk)

Melihat ciri-cirinya, lukisan "The Old Guitarist" masuk ke Periode Biru karena terlihat muram dan sedih. Lukisan ini dibuat pada akhir tahun 1903 dan selesai di awal tahun 1904. Terlihat sosok musisi tua dengan pakaian tipis dan membungkuk di atas gitarnya di jalanan Barcelona, Spanyol.

Menurut analisis, gitar diinterpretasikan sebagai satu-satunya harapan bagi pria tua itu untuk bertahan hidup. Lukisan dengan dimensi 122,9 cm × 82,6 cm ini dipamerkan di Art Institute of Chicago, Illinois, AS. Wanna see?

6. Garçon à la Pipe

7 Karya Seni Pablo Picasso Paling Dikagumi, Tengok yuk!Lukisan "Garçon à la Pipe". (painting-planet.com)

Selanjutnya adalah "Garçon à la Pipe" yang selesai pada tahun 1905. Lukisan ini adalah penanda Periode Mawar yang lebih hidup daripada Periode Biru. Terlihat sosok anak laki-laki berpakaian biru yang memegang pipa dan memakai headpiece bunga.

Meski terlihat simpel, lukisan ini terjual seharga 104,1 juta dolar di tahun 2004. Sayangnya, tidak mudah untuk menyaksikan lukisan ini secara langsung karena merupakan koleksi pribadi. Konon, pembelinya adalah Guido Barilla, salah satu pemilik Barilla Group.

7. The Weeping Woman

7 Karya Seni Pablo Picasso Paling Dikagumi, Tengok yuk!Lukisan "The Weeping Woman". (tate.org.uk)

Yang terakhir adalah "The Weeping Woman" yang dibuat di Prancis pada tahun 1937. Lukisan minyak ini menggambarkan Dora Maar, wanita yang sedang menangis sebagai tanggapan atas pemboman Guernica dalam Perang Saudara Spanyol.

Menariknya, lukisan ini dan 25 lukisan lainnya sempat dicuri dari rumah Penrose di Hornton Street, London, pada 7 April 1969. Beruntungnya, lukisan ini berhasil ditemukan dan menjadi koleksi Tate Modern di London sejak tahun 1987.

Nah, itulah beberapa karya seni Pablo Picasso yang paling dikagumi beserta kisah di baliknya. Mana yang paling kamu sukai?

Baca Juga: 7 Lukisan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah, Coba Tengok!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya