Comscore Tracker

7 Ras Anjing yang Paling Cocok Tinggal di Apartemen

Jarang menyalak dan suka berada di dalam ruangan

Di zaman sekarang, banyak anak muda yang memilih tinggal di apartemen daripada rumah tapak. Namun, tinggal di apartemen terkadang menimbulkan perasaan kesepian, apalagi bagi mereka yang hidup seorang diri. Solusinya, sebagian orang memilih untuk memelihara hewan!

Karena takut mengganggu tetangga sebelah, sebagian orang memilih memelihara hewan yang tidak berisik seperti kucing, ikan, kelinci, atau kura-kura. Namun, ternyata ada beberapa ras anjing yang cocok tinggal di apartemen, lho. Berikut ini contohnya!

1. Basset hound

7 Ras Anjing yang Paling Cocok Tinggal di ApartemenAnjing basset hound. (bil-jac.com)

Basset hound dikenal sebagai anjing yang berenergi rendah, suka bermalas-malasan, dan hobi berjemur di bawah sinar matahari. Dilansir Basset Hound Enthusiast, anjing ini memang tidak membutuhkan banyak aktivitas fisik.

Sesekali bawalah ia ke taman kecil di dekat apartemen untuk berjalan santai dan menghindari kebosanan. Namun, persiapkan diri karena basset hound terkadang menggonggong, melolong, dan ngiler. Pastikan apartemenmu kedap suara, ya!

2. Bichon frise

7 Ras Anjing yang Paling Cocok Tinggal di ApartemenAnjing bichon frise. (be.chewy.com)

Sejatinya, bichon frise adalah anjing yang pendiam. Secara alami, mereka memiliki sifat penyayang, lembut, dan sensitif. Selain itu, tubuhnya mungil sehingga cocok tinggal di apartemen tipe studio.

Jika bichon frise tiba-tiba menggonggong tak terkendali, mungkin ada masalah yang perlu ditangani. Seperti bosan, takut, atau cemas ditinggal sendirian (karena mempunyai separation anxiety dengan pemiliknya).

3. Cavalier king charles spaniel

7 Ras Anjing yang Paling Cocok Tinggal di ApartemenAnjing cavalier king charles spaniel. (vetstreet.com/Leesia Teh)

Bisa dibilang, anjing cavalier king charles spaniel cenderung low maintenance, terutama dari segi ukuran dan kebutuhan aktivitas fisik. Selain itu, mereka adalah pembelajar yang cepat (quick learner), sehingga mudah dilatih dan memahami perintah.

Beruntungnya, cavalier king charles spaniel tidak terlalu berisik dan jarang menggonggong. Namun, anjing ini perlu grooming rutin, terutama menyikat bulunya dan membersihkan telinganya, saran helloBARK!

4. Pug

7 Ras Anjing yang Paling Cocok Tinggal di ApartemenAnjing pug. (chewy.com)

Selanjutnya adalah pug, yang memiliki ciri khas berupa kerutan di wajah dan hidung yang pesek. Anjing ini sangat suka tidur, mereka bisa terlelap hingga 14 jam dalam sehari!

Mereka bisa beradaptasi dengan baik di ruangan yang kecil dan tidak memerlukan banyak latihan fisik, mengutip CityDogsLife. Namun, pug dikenal keras kepala, agak pemberontak, dan mudah terdistraksi, yang membuatnya sulit untuk dilatih.

Baca Juga: Mager Suka Rebahan, Ini 7 Ras Anjing Paling Malas Sedunia

5. Boston terrier

7 Ras Anjing yang Paling Cocok Tinggal di ApartemenAnjing boston terrier. (vetstreet.com/Leesia Teh)

Opsi lainnya adalah boston terrier. Ukurannya kecil dengan kepribadian yang ramah dan tidak sering menggonggong. Selain itu, tidak perlu banyak perawatan dan aktivitas fisik, mengingat bulunya pendek dan tidak mudah rontok.

Namun, mereka terkadang menggonggong ketika melihat orang asing. Sedikit mirip dengan pug, boston terrier terkadang agak keras kepala sehingga perlu waktu dan kesabaran untuk melatihnya.

6. French bulldog

7 Ras Anjing yang Paling Cocok Tinggal di ApartemenAnjing french bulldog. (askfrankie.co)

Walau namanya ada embel-embel 'bulldog', anjing ini tidak seram sama sekali. Justru, sangat mungil dan imut! Poin plusnya, mereka bisa tinggal di apartemen, jarang menggonggong, serta tidak membutuhkan banyak latihan fisik.

Bertipe short-coated, kamu tidak perlu cemas akan rontokan bulu dan tidak harus menyisirnya setiap hari. Meski suka tidur hingga 12-14 jam setiap hari, mereka tetap perlu aktivitas ringan seperti jalan santai di taman sesekali.

7. Basenji

7 Ras Anjing yang Paling Cocok Tinggal di ApartemenAnjing basenji. (barxbuddy.com)

Bukan tanpa alasan basenji dijuluki sebagai barkless dog. Sebab, anjing ini tidak menggonggong! Alih-alih menggonggong, mereka justru mengeluarkan gerutuan yang mirip seperti tawa, lolongan, atau nyanyian, mengutip Daily Paws.

Meski cenderung pendiam, bukan berarti basenji anjing yang pemalas. Mereka memiliki energi yang cukup tinggi dan perlu diajak jalan atau lari secara rutin. Jika energinya tidak tersalurkan dengan baik, mereka akan menunjukkan perilaku destruktif seperti mengunyah furnitur atau mengacak-acak tempat sampah!

Nah, itulah beberapa ras anjing yang cocok tinggal di apartemen. Kira-kira, kamu akan pilih yang mana?

Baca Juga: 10 Jenis Anjing dengan Indra Penciuman Terbaik, bisa Diandalkan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya